Melongok peta persaingan skuter premium 155-160 cc di Indonesia saat ini memang hanya disesaki oleh Honda PCX 160 dan Yamaha NMax saja. Padahal jika menilik ke pasar global, ada juga produk yang layak turun, yakni Kymco RKS 150.
Melalui bekal mesin bervolume 150 cc dengan desain gambot, motor asal Taiwan ini cukup membuat ketar-ketir Honda PCX 160 maupun Yamaha NMax. Bahkan tampang skutik baru Kymco lebih bengis dari dua rival berbendera Jepang itu.
Modal sangar ini bisa ditengok mulai bagian wajah. Jelas-jelas menyuguhkan pembeda ketimbang lawannya tadi. Desain serba tajam dengan pahatan nan tegas menghiasi area eksterior Kymco RSK 150.
Belum lagi pola penerangan tak biasa lantaran penempatan daytime running light (DRL) yang justru berada di bawah lampu utama. Sementara desain headlamp ganda jenis LED-nya, cenderung mirip dengan Yamaha XMax.
Kymco RKS 150 pun sepertinya siap diajak melakoni perjalanan jauh. Bagaimana tidak. Windshield miliknya punya ukuran besar serta menjulang. Lebih dari cukup untuk menghalau terpaan angin ke area tubuh pengendara.
Gurat tegas pada bagian muka pun lantas mengalir ke ranah bodi samping hingga belakang. Secara keseluruhan, desain Kymco RKS 150 sangat agresif.
Baca Juga: Moto Guzzi V85 TT Travel Dibanderol Rp 690 Jutaan, Apa Yang Bikin Motor Ini Menarik?
Kesan sangar di tampang merembet pula mengenai wujud pelek Kymco RKS 150. Model demikian jelas lebih keren ketimbang para kompetitor.
Bagian roda ini kemudian disandingkan dengan peredam kejut teleskopik di depan dan suspensi ganda pada area belakang. Menyoal penghenti laju, sudah dilengkapi cakram dan sensor ABS (antilock braking system) dari Bosch pada kedua roda.
Boleh jadi Kymco RKS 150 2021 memberi warna yang cukup menggoda, soal perawakannya. Namun, persaingan di segmen skutik medium tentu saja tak lepas dari mesin. Menurut kami, modal ini sangat penting sebagai 'magnet' konsumen.
Toh, bukti tersebut sudah diperlihatkan Honda ketika meningkatkan kapasitas mesin Honda PCX-nya menjadi 160 cc. Langkah ini diambil sebagai cara untuk menjawab dominasi Yamaha NMax bersama mesin 155 cc-nya kala itu.
Tak ada gading yang tak retak. Hal ini berlaku di sektor performa Kymco RKS 150. Pasalnya motor matic ini hanya dibekali mesin satu silinder dengan kubikasi total 149 cc.
Tenaga yang dihasilkannya adalah 14,9 PS @8.000 rpm. Sementara untuk torsi maksimal, tercatat sebesar 13,2 Nm pada putaran 6.500 rpm.
Angka yang lebih kecil ketimbang para lawan. Honda PCX 160 memliki output 16,2 PS @8500 rpm dan 14,7 Nm @6500 rpm. Sedangkan Yamaha NMax membuat masing-masing torehan 15,3 PS @8.000 rpm dan 13,9 Nm @6.500 rpm.
Walau begitu, Kymco RKS 150 punya akselerasi yang tak kalah impresif. Untuk menggapai 0-50 kpj, dia bisa menjangkaunya dalam waktu 4,2 detik. Bersama mesin dengan standar emisi gas buang Euro 5 tersebut pula, Kymco RKS 150 diklaim mampu mencatat top speed 120 kpj.
Selain mesin, fitur Kymco KRS 150 pun agak sedikit kalah ketimbang pesaingnya. Karena belum ada fitur semacam pengontrol traksi otomatis (Traction Control). Sementara kita tahu, traction control tersebut tersedia pada Honda PCX 160 dan Yamaha NMax.
Sehingga fitur yang ditawarkan Kymco KRS 150 cukup standar. Sebut saja terapan sistem penerangan serba LED, panel meter digital, pengereman ABS sebagai standar dan power outlet.
Gimana, bejaban lawan Honda PCX 160 atau Yamaha NMax gak nih?