Salah satu line up Vespa yang khas akan karakter yang elegan juga klasik ada pada Vespa Primavera. Pertama bisa dilihat dari pilihan warna yang dihadirkan, sebagian besar menggunakan warna-warna yang soft, cocok dengan tampang kalemnya.
Seperti warna Green Relax, Orange Tramonto, dan Grey Materia yang hadir pada varian Primavera 150 i-Get ABS dan warna Beige Avvolgente, Blue Estroverso, Grey Delicato, dan White Innocenza pada varian Primavera S 150 i-Get ABS.
Selain ciri warna yang soft, Primavera juga punya ciri desain lampu utama yang membulat sehingga memberikan kesan yang lebih elegan. Desain pelek yang digunakan juga lebih feminim, mirip seperti bunga yang sedang merekah.
Elegan banget kan? Meski begitu Primavera disematkan dengan mesin 150 cc i-Get, sama seperti yang digunakan pada Sprint 150 cc i-Get. Tipe mesinnya 4 tak, satu silinder, SOHC 3 katup, dan berpendingin udara.
Baca juga: Foto: Yang Berubah di Vespa Primavera S 2022, Lebih Kalem Sekaligus Mentereng
Piston yang digunakan berdiameter 58 mm dengan kombinasi langkah 58,6 mm membuat kapasitas mesin murninya 154,7 cc. Klaim tenaga maksimalnya 11,8 ps di 7.500 rpm dengan torsi 12 Nm pada 5.000 rpm.
Memang jika dibandingkan dengan mesin matic merek Jepang, klaim tenaga maksimal yang dihasilkan Primavera ini bisa dibilang tidak terlalu besar. Terlebih harus menopang berat dari bodi besi yang juga menjadi bagian dari rangka monokoknya.
Jadi wajar kalau karakter mesinnya terbilang lembut, tidak terlalu responsif tapi terus mengisi hingga kecepatan penuh. Vibrasi dari mesin juga minim meskipun berkendara di kecepatan tinggi.
Begitu pula dengan suara yang dihasilkan oleh mesin dan knalpot terasa begitu senyap. Salah satunya karena teknologi i-Get yang diusung yang merupakan kepanjangan dari Italian Green Experience Technology.
Baca juga: Kapan Fitur Konektivitas Vespa MIA Bakal Hadir Di Vespa Sprint Dan Primavera 2022?
Sistem suplai bahan bakar karburator sudah lama digantikan dengan sistem injeksi elektronik tipe close loop lengkap dengan barometric sensor. Ini membuat suplai bensin dan pembakaran jadi lebih baik.
Dengan segala teknologi tersebut, menurut data spesifikasi Vespa Primavera 150 i-Get ABS punya standar emisi gas buang Euro 3.
Untuk memberi kesan modern, banyak perangkat kekinian yang ditanamkan pada matic ini. Seperti lampu utama yang sudah pakai teknologi LED baik lampu dekat maupun lampu jauh.
Spidometer kombinasi analog sebagai penujuk kecepatan dan digital untuk odometer, trip, juga jam. Di dalam laci depannya, terdapat glove box yang juga tersedia USB port untuk mengisi daya smartphone.
Baca juga: Bikin Sendiri Vespa Primavera Touring Yang Rilis di Thailand, Lebih Hemat Cukup Modal Rp 5 Jutaan
Membuka jok lebih mudah tanpa perlu memutar atau mencabut kunci kontak, pengendara hanya perlu menekan tombol pembuka jok elektrik yang ada tepat di sebelah kunci kontak.
Untuk fitur keamanan, matic ini sudah dibekali immobilizer pada kunci kontak dan Anti-lock Braking System (ABS) 1 channel yang menjaga roda depan tidak terkunci saat melakukan pengereman keras.
Perkara harga, Vespa Primavera 2022 kini dibanderol dari Rp 47,7 juta sampai Rp 50,2 juta on the road Jakarta. Tinggal pilih deh sesuai budget mau yang mana.
Spesifikasi Vespa Primavera 150 i-Get ABS | ||
---|---|---|
Mesin | i-Get 4 langkah, satu silinder, SOHC, 3 katup, pendingin udara | |
Kapasitas mesin | 154,8 cc | |
Tenaga maksimal | 11,8 ps @7.500 rpm | |
Torsi maksimal | 12 Nm @5.000 rpm | |
Sistem pembakaran | Injeksi elektronik | |
Sistem transmisi | CVT | |
Suspensi depan | Lengan tunggal dengan pegas helikal dan peredam kejut hidrolik tunggal dengan aksi ganda | |
Suspensi belakang | Peredam kejut hidrolik tunggal dengan 4 tingkat setelan kekerasan | |
Cakram depan | 220 mm + ABS | |
Rem belakang | Tromol 140 mm | |
Ban depan | 110/70-12 tubeless | |
Ban belakang | 120/70-12 tubeless | |
P x L | 1.863 x 695 mm | |
Jarak sumbu roda | 1.334 mm | |
Tinggi jok | 790 mm | |
Kapasitas tangki | 7 liter | |
Emisi | Euro 3 |