Selain persaingan matic entry level yang ramai, segmen matic lain yang tak kalah sengit adalah segmen matic premium kelas 150-160 cc. Pemain utamanya jelas, yakni Yamaha Nmax 155 2022 dan juga Honda PCX 160 2022.
Keduanya memang berkompetisi ketat memenangkan persaingan kelas matic 150-160 cc. Saling adu fitur, teknologi, diskon dan harga sudah lumrah terjadi, bahkan perang sales dan penggemar pun kerap terlihat di media sosial.
Tapi pemain disegmen matic 150-160 cc bukan hanya dua produk itu saja, ada pula merek asal Taiwan bahkan Italia yang ikut meramaikan pasar. Rentang harganya pun bervariasi, paling mahal sampai Rp 65 jutaan!
Yang jelas untuk harga matic 150-160 cc saat ini belum ada perubahan. Lalu apa saja pilihan produknya?
Baca juga : Suzuki Burgman 200 Bekas Cuma Rp 30 Jutaan, Matic Gambot Anti Mainstream Seharga PCX 160!
Motor matic yang pertama kali rilis tahun 2015 ini sukses mencuri perhatian publik karena dilepas dengan harga Rp 20 jutaan kala itu. Harga tersebut jauh lebih murah dari Honda PCX 150 yang berstatus CBU Thailand.
Spesifikasi mesin 155 cc dengan sokongan VVA (Variable Valve Actuation) membuat performanya menyenangkan. Bagasi luas dengan fitur yang mumpuni menjadikannya primadona baru hingga saat ini.
Pada versi terbarunya bahkan sudah disematkan fitur konektivitas, kunci keyless dan juga rem ABS. Ditawarkan dengan tiga tipe berbeda dan berikut daftar harganya.
Yamaha Nmax 155 Standard : Rp 30,2 juta
Yamaha Nmax 155 Connected : Rp 31,450 juta
Yamaha Nmax 155 Connected/ABS : Rp 34,3 juta
Hadir tahun ini sebagai update generasi PCX lokal yang pertama rilis tahun 2018 lalu. Pada model baru ini, Honda PCX 160 2022 mengusung mesin teknologi eSP+ yang lebih kuat dan minim gesekan.
Baca juga : Hasil Tes Topspeed dan Akselerasi Honda PCX 160 2022, Cuma Segini Doang?
Tampilannya pun berubah total, termasuk rangkanya. Ya model barunya ini memang benar-benar baru dan dirancang ulang. Paling unik konfigurasi lingkar pelek yang dipakai belang, depan 14 inci belakang 13 inci untuk mendapatkan jarak main suspensi lebih panjang.
Dan seperti halnya matic premium Honda, fiturnya pun lengkap, seperti lampu yang full LED dan kunci keyless yang jadi standar. Kemudian rem ABS serta HSTC (Honda Selectable Torque Control) pada tipe teratasnya. Dan berikut harga lengkapnya.
Honda PCX 160 CBS : Rp 30,845 juta
Honda PCX 160 ABS : Rp 34,445 juta
Honda PCX 160 e:HEV : Rp 43,650 juta
Inilah sebuah sporty scooter dengan dimensi yang terlihat gambot, dan disukai anak muda. Bentuknya asyik untuk dimodifikasi. Kehadirannya sukses diterima pasar setelah sempat gagal lewat Yamaha Aerox 125LC.
Pada generasi terbarunya, masih mempertahankan konsep sporty dengan X shape pada tengah motor, yang menandakan ini perpaduan antara motor sport dan skuter. Lekuk bodi depannya tajam, dengan bodi samping yang dibuat layaknya fairing motor sport.
Baca juga : Ini 8 Hal Yang Sering Ditanyakan Soal Yamaha Nmax 155 2021, Dari Mesin Sampai Kenyamanan
Fitur konektivitas sudah jadi standar untuk semua tipenya. Menariknya Yamaha mengemas motor ini dengan beragam pilihan warna dan livery beraroma balap, yang memikat. Berikut harganya.
Yamaha Aerox 155 Connected : Rp 25,9 juta
Yamaha Aerox 155 Connected/ABS : Rp 29,4 juta
Yamaha Aerox 155 Connected/ABS MotoGP Edition : Rp 29,5 juta
Yamaha Aerox 155 Connected/ABS WorldGP 60th Anniversary : Rp 29,9 juta
Pesaing Yamaha Aerox 155 Connected dari pabrikan sayap mengepak ada Honda Vario 150 2022. Desainnya sporty, namun lebih ramping dan fungsional dengan dek rata. Bisa demikian karena berbagi basis dengan versi 125 cc, hanya beda fitur dan kapasitas mesin.
Kunci keyless, panel meter digital, lampu full LED sudah jadi standar. Daya tarik utamanya adalah dimensinya yang ringkas dan mudah digunakan siapa saja, namun punya output mesin yang lebih kuat dan tetap hemat bahan bakar.
Motor ini hanya tersedia satu tipe saja, namun memiliki dua varian warna dan tampilan yakni Exclusive dan Sporty. Dan berikut adalah daftar harga selengkapnya.
Honda Vario 150 Exclusive : Rp 24,565 juta
Honda Vario 150 Exclusive Matte Black : Rp 24,715 juta
Honda Vario 150 Sporty : Rp 24,715 juta
Tanpa pesaing, namun bisa dikatakan inilah motor matic 150-160 cc termahal setelah Honda PCX 160 e:HEV. Inilah Honda ADV 150 2022, yang tampil dengan gaya penjelajah layaknya Honda X-ADV.
Posturnya tinggi, dengan jarak main suspensi panjang, nyaman untuk dipakai melibas beragam kondisi jalan. Penerapan ban dual purpose mendukungnya untuk tetap mendapatkan traksi di jalan jelek dengan lebih baik.
Baca juga : Kymco Like 150 S 2022 Dirilis, Lebih Sporty dari Model Sebelumnya
Fiturnya pun modern, lampu full LED seluruhnya, panel meter digital, windscreen adjustable, kunci keyless, power outlet, bagasi luas serta tersedia opsi rem CBS atau ABS. Hanya saja mesinnya masih 150 cc, belum 160 cc seperti Honda PCX 160 2022.
Honda ADV 150 CBS : Rp 35,186 juta
Honda ADV 150 ABS : Rp 38,251 juta
Berdesain retro modern dengan aroma khas Eropa, Kymco Like 150i merupakan skuter asal Taiwan yang stylish. Cocok untuk berkendara santai diakhir pekan atau digunakan oleh bikers wanita untuk transportasi sehari-hari.
Salah satu fitur andalannya adalah Noodoe, sebuah fitur konektivitas yang bisa menampilkan navigasi GPS turn by turn, penunjuk waktu, cuaca, kompas, spidometer dan ragam notifikasi. Termasuk bisa menampilkan foto pada layar panel meternya.
Kymco Like 150i : Rp 35,5 juta
Salah satu produk terbaru dari pabrikan Taiwan, yang mengusung desain sporty dan serba tajam. Namun penggunaan lingkar pelek 12 inci membuatnya lebih gempal dan padat.
Biar begitu kelengkapannya mumpuni untuk harian berkat bagasi luas, mulut tangki di bawah setang hingga panel meter paduan digital-analog yang keren. Jangan lupakan suspensi belakang ganda dengan ulir per yang unik.
Kymco Racing King 150i : Rp 33,8 juta
Desain retro modern namun dibuat lebih sporty, tak heran jika Vespa Sprint 150 2022 laku dan banyak disukai anak-anak muda. Banyak yang menjadikan motor yang aslinya untuk riding santai ini, menjadi lebih gahar dengan upgrade mesin bawaan.
Fitur standarnya sendiri bisa dibilang biasa tapi fungsional, mulai dari panel meter digital-analog, lampu depan LED, LED DRL, kunci immobilizer, USB port sampai bagasi depan dengan tombol elektris untuk membukanya. Ada varian biasa dan S, yang membedakan dari segi ornamen tampilan.
Vespa Sprint S 150 : Rp 51,5 juta
Vespa Sprint 150 : Rp 49 juta
Secara basis sama dengan Vespa Sprint 150 mulai dari mesin, fitur hingga sebagian desain bodinya. Bedanya, Vespa Primavera 150 ini tampil lebih retro dengan menggunakan lampu depan mode bulat serta bibir pelek model polish.
Vespa Primavera S 150 : Rp 48,5 juta
Vespa Primavera 150 : Rp 46 juta
Kalau Vespa Sprint dan Primavera terlalu kecil dan kurang canggih, pilihannya bisa Vespa GTS Super dan GTS Super Sport yang juga pakai mesin 150 cc. Bedanya teknologi mesin yang diusung lebih canggih, karena sudah pakai pendingin cairan.
Gak cuma itu, mesin ini juga sudah pakai empat katup dengan teknologi Stop & Start System. Fungsinya sudah jelas, untuk mematikan mesin saat berhenti di lampu merah, agar efisiensi bahan bakar lebih hemat.
O iya, Vespa GTS Super dan GTS Super Sport ini hanya beda ornamen bodi saja dan merupakan Vespa berbodi besar, jadi cocok untuk kalian yang punya badan besar, jadi saat dikendarai terlihat proporsional. Gak kegedean juga gak kekecilan.
Vespa GTS Super : Rp 63 juta
Vespa GTS Super Sport : 65,5 juta