Para pecinta big bike khususnya sport adventure di Indonesia mendapatkan pilihan baru di pertengahan tahun 2022. Ini karena PT Garda Andalan Selaras (GAS) selaku distributor Triumph di Indonesia baru saja memperkenalkan line up andalannya.
Yaitu Triumph Tiger 1200 Rally Pro dan GT Pro yang merupakan kasta tertinggi dari Tiger series. Keduanya hadir dalam peruntukan yang berbeda, tipe GT Pro untuk penyuka turing dengan dominasi jalur on road.
Sedangkan tipe Rally Pro ditunjukan bagi mereka yang senang mengeksplor jalur baru dengan kondisi on road maupun gravel atau off road. Triumph Tiger 1200 Rally Pro dibanderol Rp 778 juta dan Triumph Tiger 1200 GT Pro Rp 757 juta, kesemua harganya adalah off the road.
Lantas apa yang membuat kedua motor ini menarik untuk dipinang? Mari kulik ragam fitur terbarunya.
Baca juga: Dilepas Rp 750 Jutaan, Triumph Tiger 1200 GT Pro dan Rally Pro Sapa Sultan Indonesia
Kedua tipe ini dibekali dengan suspensi Showa, upside down di depan dan monosok di belakang. Bedanya tipe Rally Pro memiliki travel suspensi 20 mm lebih panjang dibanding GT Pro, 200 mm berbanding 220 mm.
Yang istimewa dari suspensinya adalah sudah dibekali sistem elektronik, karenanya disebut dengan semi-active suspension. Pengendara bisa mengatur karakteristik damping dengan mudah.
Caranya melalui setelan pada spidometer, bisa dibuat lembut, normal, hingga sport yang sedikit stiff untuk memberikan kestabilan lebih saat dipacu cepat.
Baik Triumph Tiger 1200 GT Pro maupun Rally Pro generasi terbaru ini sukses melakukan diet ketat. Bagaimana tidak, bobot keduanya diklaim lebih ringan 25 kg dari generasi sebelumnya dan 17 kg lebih ringan dibanding close competitor.
Baca juga: Lima Motor Baru Triumph Mengaspal, Ada Trident 660 dan Tiger Sport 660!
Totalnya bobot isi dari Tiger 1200 GT Pro menjadi 245 kg dan Tiger 1200 Rally Pro 249 kg saja. Berat yang lebih ringan ini terjadi karena banyak perubahan pada generasi terbaru ini.
Seperti sasis dan subframe baru, komponen dalam mesin yang membuat mesin lebih ringan, dan ada beberapa part yang dihilangkan karena dirasa tidak terlalu terpakai.
Pengendara Triumph Tiger 1200 terbaru akan dimanjakan dengan spidometer baru yang disematkan pada motor ini. Sebab spidometernya menggunakan layar digital TFT display dengan dimensi 7 inci!
Isinya tentu saja sangat lengkap, bahkan dilengkapi dengan 2 tema berbeda yang membuat tampilan spidometernya kian atraktif. Pengendara juga bisa menyambungkan smartphone dengan spidometer melalui aplikasi My Triumph Connectivity System.
Baca juga: Moge Touring Rp 152 Jutaan, Triumph Tiger Sport 660 2022 Mengaspal di Thailand
Nantinya spidometer bisa memunculkan beragam notifikasi, sinyal, hingga kapasitas baterai. Bahkan bisa juga menjadi navigasi, tentunya sangat membantu pengendaranya saat melewati jalur baru.
Triumph Tiger 1200 dibekali mesin berkapasitas 1.160 cc, 3 silinder, 12 katup, DOHC, dan pendingin cairan. Klaim tenaga yang dihasilkan mencapai 150 ps pada 9.000 rpm dan torsi 130 Nm diraih di 7.000 rpm.
Mesinnya ini memiliki firing order 1-3-2 dan disebut T-Plane engine di mana menggabungkan karakter putaran rendah yang agresif dari mesin 2 silinder dan top-end performance dari karakter mesin 3 silinder.
Mesin ini digadang-gadang punya tenaga 9 ps lebih baik dibanding generasi sebelumnya dan 14 ps lebih besar jika dibandingkan dengan kompetitor terdekatnya.
Baca juga: Masuk Indonesia, Triumph Trident 660 2022 Dijual Rp280 Juta
Dalam rangka menyambut kehadiran line up terbarunya ini, Triumph Motor Indonesia memberikan penawaran yang cukup menarik. Di mana pada pembelian bulan Juli dan Agustus 2022 akan ada free accessories.
Beberapa daftar aksesorisnya antara lain top box, panniers, engine guard, headlight protector, dan masih ada beberapa lagi. Jika ditotal, aksesoris tersebut bisa mencapai Rp 50 juta. Menarik bukan?
Triumph Tiger 1200 menggunakan drive shaft atau gardan sebagai penerus tenaga mesin ke roda belakang. Keunggulan dari drive shaft sendiri tentu saja lebih minim perawatan dibandingkan dengan rantai.
Yang membedakan dengan generasi sebelumnya adalah adanya swing arm baru di sisi kanan, karena di versi sebelumnya hanya ada drive shaft di sisi kiri, alias single arm.
Baca juga: Video: Triumph Street Scrambler, Moge Rp 300 Jutaan Yang Laki Banget!
Swing arm terbarunya ini disebut dengan New Tri-Link Swingarm. Konstruksinya tidak fix, akan ikut sedikit mengayun ketika suspensi bekerja. Dengan begitu klaimnya bisa memberikan kestabilan lebih baik.
Kesan modern dan canggih kian terasa di Tiger 1200 terbaru karena disematkannya keyless system. Jika di generasi sebelumnya hanya untuk ignition, di versi sekarang ini sudah full keyless.
Seperti untuk mengisi bahan bakar, cukup cungkil penutup tangki bensin makan akan terbuka selama remot di dekat motor. Begitu juga untuk mengunci setang, cukup tekan tombol di sakelar kanan.
Menarik?