New Honda ADV 160 2022 ternyata tidak mengalami banyak kenaikan harga dari varian sebelumnya. Seperti varian CBS dari yang harganya Rp 35,693 juta menjadi Rp 36 juta, OTR Jakarta.
Sedangkan varian ABS dari harga Rp 38,832 juta menjadi Rp 39,250 juta OTR Jakarta. Itu berarti kenaikan harga hanya Rp 307 ribu untuk tipe CBS dan beda harga Rp 418 ribu di tipe ABS.
Meski kenaikan harganya tidak sampai Rp 500 ribu, tapi Honda ADV 160 lumayan mendapatkan fitur baru. Apa saja ragam fitur baru pada matic adventure ini? Mari kita bahas…
Kalau melihat Honda ADV 160, pasti sekilas akan terlihat sama dengan Honda ADV 150. Ini karena baik lampu utama, lampu rem, hingga lampu sein masih menggunakan produk yang sama.
Baca juga: Cek Detail Perubahan Honda ADV 160 2022, Ternyata Lumayan Banyak
Apalagi di area kaki-kaki juga punya spesifikasi yang sama. Seperti lingkar pelek 14 inci dan 13 inci dibalut ban dual purpose, cakram bergelombang diameter 240 mm depan dan 220 mm belakang, hingga suspensi depan teleskopik dan model sub-tank suspension di belakang.
Meski begitu, nyatanya desain bodi Honda ADV 160 memiliki perbedaan. Salah satunya adalah lekuknya yang kini lebih kaku seolah memberikan kesan yang lebih tegas dan kuat.
Sisi bodi samping juga tidak terlalu membulat, kali ini lebih flat. Jika dilihat, garis bodinya kini lebih menyerupai dengan ADV 350 yang sudah lebih dulu beredar di Thailand.
Bagian ini jadi yang paling banyak mengalami perubahan, paling terlihat ada pada takometer yang membentuk setengah lingkaran di sisi kiri. Lalu informasi kecepatan di tengah, jam digital, juga fuel meter.
Baca juga: Honda ADV160 Meluncur Hampir Rp 40 Juta, Mesin Dan Fiturnya Banyak yang Baru
Tampilan informasi ada pada sisi kanan, terdiri dari 3 baris dengan isi informasi berbeda. Paling atas ada suhu udara sekitar dan voltase aki. Yang tengah ada elapsed time A & B, average fuel consumption A & B, juga real time fuel consumption.
Paling bawah ada informasi odometer, trip A & B, dan terakhir HSTC. Desain serta layout spidometer Honda ADV 160 ini bisa dibilang persis dengan Honda ADV 350, bedanya tidak ada fitur Honda Smartphone Voice Control system (HSVCs).
Meski memiliki desain windshield yang sama, namun konstruksi adjustable windshield pada Honda ADV 160 mengalami perubahan. Karena kali ini jarak main windshield lebih jauh, totalnya hingga 75 mm.
Dengan begitu badan pengendara bisa lebih aman dari terpaan angin, karena windshield bisa menghadang angin dengan lebih sempurna. Pengoperasian windshield masih serupa, dengan menarik kedua knobnya.
Baca juga: Alasan Honda ADV 150 Bekas Tetap Layak Dilirik, Meski Model Barunya Segera Meluncur
Untuk menyesuaikan lekuk bodi barunya, tentu perlu ada ubahan pada sektor rangka, paling utama adalah menyesuaikan dudukan bodi. Kemudian juga menyesuaikan engine mounting yang kini pindah pakai model gantung.
Ubahan rangka ini membuat beberapa bagian turut berubah, seperti tinggi jok yang kini lebih rendah 15 mm. Dari sebelumnya 795 mm menjadi 780 mm, begitu juga kapasitas ruang bagasi yang menjadi 30 liter atau lebih besar 2 liter dari Honda ADV 150.
Demi menyesuaikan jok yang lebih rendah, posisi setang ikut berubah. Namun perbedaan bukan pada setang, melainkan raiser setang yang sedikit lebih pendek. Dengan begitu posisi setang jadi sedikit lebih rendah.
AHM memanjakan konsumen setianya dengan memberikan power outlet baru pada Honda ADV 160. Model colokan yang dihadirkan adalah USB type A, jadi tidak perlu membutuhkan adaptor tambahan seperti model lighter.
Baca juga: Paten Desain Honda ADV250 Terdaftar di Indonesia, Hadir Pakai Mesin eSP+ Forza 250?
Letaknya ada di kompartemen depan, isinya cukup luas sehingga bisa menelan smartphone dengan mudah. Adanya penutup juga membuat momen pengisian daya menjadi lebih aman.
Yang juga baru dari matic adventure ini tentu saja penggunaan mesin 156,9 cc eSP+, SOHC 4 katup, berpendingin cairan. Mesin yang digunakan memiliki basic yang sama dengan yang digunakan pada Honda PCX 160.
Klaim tenaga maksimalnya 16 ps pada 8.500 rpm dengan torsi 14,7 Nm di 6.500 rpm. Walau pakai perbandingan kompresi 12:1, tapi mesin ini disebut mampu menenggak bahan bakar RON 90.
Untuk menjaga roda belakang dari selip di jalur gravel, Honda ADV 160 dilengkapi HSTC alias Honda Selectable Torque Control yang siap memutus tenaga ketika roda belakang terdeteksi selip.
Baca juga: Motor Adventure Ini Bisa Tenggak Dua Jenis BBM, Harga Tembus Rp 51 Jutaan
Fitur ini sudah lebih dulu hadir pada Honda PCX 160. Untuk saat ini, fitur HSTC hanya tersedia pada varian ABS.
Dengan kenaikan harga yang terhitung tipis, tapi kelengkapan baru yang diberikan sangat value for money. Jadi yang masih inden Honda ADV 150, baiknya langsung alihkan saja untuk model terbaru ini ya!
Spesifikasi Honda ADV 160 2022 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.950 x 763 x 1.196 mm | |
Sumbu Roda | 1.324 mm | |
Jarak Terendah | 165 mm | |
Tinggi Jok | 780 mm | |
Kapasitas Tangki | 8,1 liter | |
Berat Isi | 133 kg (CBS & ABS) | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+ | |
Kapasitas | 156,9 cc | |
Diameter x Langkah | 60 x 55,5 mm | |
Rasio Kompresi | 12 : 1 | |
Suplai Bahan Bakar | Injeksi, PGM-FI | |
Transmisi | Otomatis, V-matic | |
Tenaga Maksimal | 16 PS @ 8.500 rpm | |
Torsi Maksimal | 14,7 Nm @ 6.500 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe | Double Cradle | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Ganda | |
Ban Depan | 110/80-14 | |
Ban Belakang | 130/70-13 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram | |
Harga | ||
CBS | Rp 36 juta | |
ABS | Rp 39,250 juta |