Harganya Cuma Naik Rp 400 Ribuan Doang , Ini Yang Baru dari Honda ADV 160 2022

New Honda ADV 160 2022
  • Kenaikan harga tidak sampai Rp 500 ribu.
  • Pakai spidometer yang serupa dengan ADV 350.
  • Mesin 160 cc diambil dari basic PCX 160.

New Honda ADV 160 2022 ternyata tidak mengalami banyak kenaikan harga dari varian sebelumnya. Seperti varian CBS dari yang harganya Rp 35,693 juta menjadi Rp 36 juta, OTR Jakarta.

Sedangkan varian ABS dari harga Rp 38,832 juta menjadi Rp 39,250 juta OTR Jakarta. Itu berarti kenaikan harga hanya Rp 307 ribu untuk tipe CBS dan beda harga Rp 418 ribu di tipe ABS.

Meski kenaikan harganya tidak sampai Rp 500 ribu, tapi Honda ADV 160 lumayan mendapatkan fitur baru. Apa saja ragam fitur baru pada matic adventure ini? Mari kita bahas…

Desain Bodi Lebih Gahar

Kalau melihat Honda ADV 160, pasti sekilas akan terlihat sama dengan Honda ADV 150. Ini karena baik lampu utama, lampu rem, hingga lampu sein masih menggunakan produk yang sama.

Baca juga: Cek Detail Perubahan Honda ADV 160 2022, Ternyata Lumayan Banyak

Desain bodi ADV 160 lebih tegas dan kekar

Apalagi di area kaki-kaki juga punya spesifikasi yang sama. Seperti lingkar pelek 14 inci dan 13 inci dibalut ban dual purpose, cakram bergelombang diameter 240 mm depan dan 220 mm belakang, hingga suspensi depan teleskopik dan model sub-tank suspension di belakang.

Meski begitu, nyatanya desain bodi Honda ADV 160 memiliki perbedaan. Salah satunya adalah lekuknya yang kini lebih kaku seolah memberikan kesan yang lebih tegas dan kuat.

Sisi bodi samping juga tidak terlalu membulat, kali ini lebih flat. Jika dilihat, garis bodinya kini lebih menyerupai dengan ADV 350 yang sudah lebih dulu beredar di Thailand.

Spidometer Ala Honda ADV 350

Spidometer baru Honda ADV 160 mirip dengan ADV 350

Bagian ini jadi yang paling banyak mengalami perubahan, paling terlihat ada pada takometer yang membentuk setengah lingkaran di sisi kiri. Lalu informasi kecepatan di tengah, jam digital, juga fuel meter.

Baca juga: Honda ADV160 Meluncur Hampir Rp 40 Juta, Mesin Dan Fiturnya Banyak yang Baru

Tampilan informasi ada pada sisi kanan, terdiri dari 3 baris dengan isi informasi berbeda. Paling atas ada suhu udara sekitar dan voltase aki. Yang tengah ada elapsed time A & B, average fuel consumption A & B, juga real time fuel consumption.

Paling bawah ada informasi odometer, trip A & B, dan terakhir HSTC. Desain serta layout spidometer Honda ADV 160 ini bisa dibilang persis dengan Honda ADV 350, bedanya tidak ada fitur Honda Smartphone Voice Control system (HSVCs).

Windshield Lebih Tinggi

Posisi windshield bisa diatur lebih tinggi dibanding sebelumnya

Meski memiliki desain windshield yang sama, namun konstruksi adjustable windshield pada Honda ADV 160 mengalami perubahan. Karena kali ini jarak main windshield lebih jauh, totalnya hingga 75 mm.

Dengan begitu badan pengendara bisa lebih aman dari terpaan angin, karena windshield bisa menghadang angin dengan lebih sempurna. Pengoperasian windshield masih serupa, dengan menarik kedua knobnya.

Baca juga: Alasan Honda ADV 150 Bekas Tetap Layak Dilirik, Meski Model Barunya Segera Meluncur

Rangka Beda Sedikit

Rangka baru membuat kapasitas bagasi lebih besar, menjadi 30 liter

Untuk menyesuaikan lekuk bodi barunya, tentu perlu ada ubahan pada sektor rangka, paling utama adalah menyesuaikan dudukan bodi. Kemudian juga menyesuaikan engine mounting yang kini pindah pakai model gantung.

Ubahan rangka ini membuat beberapa bagian turut berubah, seperti tinggi jok yang kini lebih rendah 15 mm. Dari sebelumnya 795 mm menjadi 780 mm, begitu juga kapasitas ruang bagasi yang menjadi 30 liter atau lebih besar 2 liter dari Honda ADV 150.

Demi menyesuaikan jok yang lebih rendah, posisi setang ikut berubah. Namun perbedaan bukan pada setang, melainkan raiser setang yang sedikit lebih pendek. Dengan begitu posisi setang jadi sedikit lebih rendah.

Power Outlet

Tersedia power outlet dengan colokan USB type A pada laci depan

AHM memanjakan konsumen setianya dengan memberikan power outlet baru pada Honda ADV 160. Model colokan yang dihadirkan adalah USB type A, jadi tidak perlu membutuhkan adaptor tambahan seperti model lighter.

Baca juga: Paten Desain Honda ADV250 Terdaftar di Indonesia, Hadir Pakai Mesin eSP+ Forza 250?

Letaknya ada di kompartemen depan, isinya cukup luas sehingga bisa menelan smartphone dengan mudah. Adanya penutup juga membuat momen pengisian daya menjadi lebih aman.

Mesin 160 Cc + HSTC

Mesin barunya lebih bertenaga, mirip dengan yang digunakan PCX 160

Yang juga baru dari matic adventure ini tentu saja penggunaan mesin 156,9 cc eSP+, SOHC 4 katup, berpendingin cairan. Mesin yang digunakan memiliki basic yang sama dengan yang digunakan pada Honda PCX 160.

Klaim tenaga maksimalnya 16 ps pada 8.500 rpm dengan torsi 14,7 Nm di 6.500 rpm. Walau pakai perbandingan kompresi 12:1, tapi mesin ini disebut mampu menenggak bahan bakar RON 90.

Untuk menjaga roda belakang dari selip di jalur gravel, Honda ADV 160 dilengkapi HSTC alias Honda Selectable Torque Control yang siap memutus tenaga ketika roda belakang terdeteksi selip.

Baca juga: Motor Adventure Ini Bisa Tenggak Dua Jenis BBM, Harga Tembus Rp 51 Jutaan

HSTC bertugas menjaga roda belakang dari selip

Fitur ini sudah lebih dulu hadir pada Honda PCX 160. Untuk saat ini, fitur HSTC hanya tersedia pada varian ABS.

Kesimpulan

Dengan kenaikan harga yang terhitung tipis, tapi kelengkapan baru yang diberikan sangat value for money. Jadi yang masih inden Honda ADV 150, baiknya langsung alihkan saja untuk model terbaru ini ya!

Spesifikasi Honda ADV 160 2022
Dimensi
P x L x T 1.950 x 763 x 1.196 mm
Sumbu Roda 1.324 mm
Jarak Terendah 165 mm
Tinggi Jok 780 mm
Kapasitas Tangki 8,1 liter
Berat Isi 133 kg (CBS & ABS)
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 156,9 cc
Diameter x Langkah 60 x 55,5 mm
Rasio Kompresi 12 : 1
Suplai Bahan Bakar Injeksi, PGM-FI
Transmisi Otomatis, V-matic
Tenaga Maksimal 16 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 14,7 Nm @ 6.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Double Cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 110/80-14
Ban Belakang 130/70-13
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
Harga
CBS Rp 36 juta
ABS Rp 39,250 juta
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda ADV 160
Lihat