First Ride Honda ADV 160 2022, Asli Beda Banget Dari Versi 150 Cc!

Honda ADV 160 2022 lebih menyenangkan dikendarai.
  • Posisi duduk jadi lebih nyaman.
  • Mesin lebih kuat dan torsi sangat terasa.
  • Suspensi disesuaikan karakternya.

Setelah sesi peluncuran pada awal Juli 2022 lalu, kini PT Astra Honda Motor (AHM) mengundang redaksi Autofun.co.id untuk merasakan langsung Honda ADV 160 2022. Lokasinya di Honda Safety Riding Park di Cikarang, Jawa Barat.

Tentunya ini jadi kesempatan untuk bisa merasakan sensasi berkendara yang jauh berbeda dari model sebelumnya. Pasalnya perubahan yang tak terlihat ini lumayan banyak, seperti rangka dan juga posisi berkendara.

Posisi Duduk Honda ADV 160 2022 Lebih Nyaman

Nah, ini sensasi pertama yang kami rasakan karena feel-nya beda jauh dari versi 150 cc. Posisi duduk lebih nyaman dan lebih 'masuk' ke dalam, tidak lagi terasa tinggi seperti layaknya naik motor trail.

Ini imbas tinggi jok yang berkurang 15 mm menjadi hanya 780 mm. "Ini karena bentuk tulangan jok baru, sehingga ketinggian posisi duduk bisa berkurang," kata Endro Sutarno, Technical Service Division AHM (6/6/2022).

Posisi duduk jadi lebih rendah.

Hanya saja yang jadi catatan, busa jok terasa tipis dan agak kaku. O iya, bentuk jok juga dibuat lebih tirus pada bagian ujungnya sehingga tak mengganjal paha ketika kaki harus menapak aspal.

Tak cuma jok, tapi juga setang ikut menyesuaikan dengan penggunaan raiser yang lebih tipis. Setangnya sendiri masih tetap pakai tappered handle bar yang lebar, sehingga membuat posisi tangan rileks tapi sigap.

Kemudian area pijakan kaki rasanya lebih lebar dan juga panjang, cukup lega menampung sepatu ukuran 44. Kemudian area pijakan kaki yang untuk selonjoran, kini sudutnya tak lagi terlalu tegak, jadi lebih nyaman.

Baca juga : Kompresi Mesin Honda ADV 160 2022 Terhitung Tinggi, Cocok Minum Pertalite atau Pertamax?

Ubahan Karakter Suspensi Honda ADV 160 2022

Suspensi depan lebih empuk.

Sebagai matic bergaya petualang yang kadang kala dipakai penggunannya melibas kondisi jalan buruk, Honda membekali motor ini dengan suspensi yang punya jarak main panjang. Jarak main suspensi depan 130 mm dan belakang 120 mm.

Kok sama? Iya, travel suspensi memang tak berubah dari model sebelumnya, tapi karakternya dibuat berbeda. Bagian depan volume oli dikurangi 2 ml dan lubang suling diperbesar.

Suspensi pakai ganjelan agar lebih keras.

Sementara suspensi belakang dibuat sedikit lebih keras dengan penambahan 'ganjelan' di bagian bawah per. "Ini untuk menyesuaikan bobot yang nambah 2 kg," ujar Endro lagi.

Baca juga : Modal Rp 1,5 Jutaan Honda ADV 160 2022 Jadi Lebih Manis, Nih Daftar Aksesoris Resminya

Hal ini sejatinya agak membingungkan, lantaran pada data spesifikasi tertulis semua tipe punya berat kosong 133 kg. Nanti kami akan coba konformasi lagi soal bobot ini ya!

Balik lagi pada suspensi, dengan perubahan tersebut membuat karakter redaman suspensi depan menjadi sangat empuk. Tenang, karena jarak main panjang, kami tak merasakan ada gejala bottoming ketika melewati polisi tidur dan dipakai melompat di table top hehehe...

Jarak main suspensi panjang bikin gak gampang bottoming.

Nah, yang beda justru suspensi belakang lebih kaku terasa kaku. Rasanya akan lebih nyaman jika dipakai untuk berboncengan atau touring dengan full muatan di bagasi dan juga tambahan top box.

Untungnya dalam keadaan standar, motor ini terasa lincah mudah bermanuver. Bantingan-bantingan berubah arah tikungan juga mudah saja. Kami akan gali lebih jauh saat mendapatkan unit test ride ya!

Mesin Baru Bikin Honda ADV 160 2022 Lebih Nampol!

Perubahan yang paling banyak ditunggu tentu saja mesinnya. Impresi awal torsinya langsung menghentak, tarikan pun lebih nampol dari generasi sebelumnya imbas output yang lebih besar.

Baca juga : Cek Detail Perubahan Honda ADV 160 2022, Ternyata Lumayan Banyak

Mesin eSP+ berasa lebih bertenaga.

Mesin eSP+ jika mengacu data spesifikasi dari Honda PCX 160, mampu mengail tenaga hingga 16 PS di 8.500 rpm dan torsi hingga 14,7 Nm di 6.500 rpm. Karakternya cenderung linear tapi terus mengisi tiap putaran.

Di trek lurus yang terbatas, kami bisa memacu motor lebih dari 80 km/jam. Untuk ulasan selengkapnya bisa langsung simak video first ride Honda ADV 160 2022 di bawah ini, jangan lupa subscribe juga ya!

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda ADV 160
Lihat