Salah satu kebiasaan PT Astra Honda Motor saat memperkenalkan produk terbarunya adalah selalu menghadirkan versi modifikasinya. Ini jadi salah satu cara AHM untuk menggaet calon pembeli.
Para calon pembelinya juga bisa mendapatkan inspirasi dalam memodifikasi motornya kelak, dan sebagai gambaran modifikasi ala pabrikan ini bisa ditiru. Di Honda ADV 160, AHM memperkenalkan 2 buah modifikasi dengan aliran yang berbeda.
Modifikasi pertama mengusung konsep Xplorer dan modifikasi kedua menggunakan konsep Street Sporty. Kedua modifikasinya ini hasil kolaborasi dengan rumah modifikasi Katros Garage.
Pertama kita lihat modifikasi bertema Xplorer yang tentunya mengusung konsep touring, cocok untuk pemilik Honda ADV 160 yang senang eksplor atau menjelajah medan baru.
Baca juga: Merasakan Mesin Baru Honda ADV 160 2022, Beneran Lebih Ngejambak?
Paling berubah tentu saja warna bodinya yang pakai warna baru, seperti warna gurun sahara dengan finishing doff. Kemudian ada sedikit grafis ala camouflage pada bodi depan sisi samping.
Pelek tetap orisinal, namun agar sesuai dengan warna barunya, kedua pelek dibalut warna oranye doff. Ban yang digunakan masih bawaan dengan pattern dual purpose, alasannya karena memang masih cocok dengan konsep modifikasi.
Suspensi depan diganti dengan produk aftermarket, dari suspensi teleskopik diganti dengan model upside down berlabel Scarlet Racing. Ini cukup membuat tampilannya bak moge dan sporty dengan tabung berwarna emas.
Di atasnya ada moncong bebek yang menjadi salah satu ciri dari motor adventure, tugasnya untuk menahan cipratan dari roda depan. Lalu ada crash bar custom berbahan pipa besi bulat.
Baca juga: First Ride Honda ADV 160 2022, Asli Beda Banget Dari Versi 150 Cc!
Crash bar ini menjalar dari sisi bawah lampu utama, hingga ke samping pijakan kaki. Selain berfungsi untuk melindungi bodi ketika terjatuh, crash bar ini juga berfungsi sebagai dudukan fog lamp.
Kaki-kaki belakang lebih minim perubahan, terlihat hanya ada penggantian suspensi belakang. Pakai YSS G-Series yang juga dilengkapi tabung, kombinasi per hitam dengan tabung warna emas yang kinclong.
Melihat ke sisi atas, windshield orisinal masih dipertahankan. Hanya saja ada penambahan extender di sisi atas, ini membuat windshield lebih tinggi dan tentunya lebih ampuh menahan terpaan angin ke badan pengendaranya.
Sebagai pelengkap konsep touring, terdapat GPS yang menempel pada setang. Begitu juga dengan sepasang hand guard yang siap melindungi tangan pengendara selama perjalanan.
Baca juga: Antrean Honda ADV 160 2022 Sampai 2 Bulan, Nih Cara Biar Dapat Lebih Cepat
Di perangkat pengereman, ada upgrade dengan penggunaan master rem RCB baik pada master rem depan maupun belakang. Kaliper depannya turut diganti menggunakan RCB warna hitam.
Terakhir ada penggunaan top box dari Givi dengan tipe Trekker Dolomiti. Box berbahan aluminium ini memiliki kapasitas 30 liter. Terpasang pada bracket boks custom, karena beda lebar antara Honda ADV 150 dengan Honda ADV 160.
Modifikasi kedua ini cocok bagi pemilik Honda ADV 160 yang ingin tampil beda, karena tampilan serta konsepnya cukup berubah dari konsep awal matic satu ini. Dari yang bergaya adventure, menjadi sporty.
Paling mencolok terlihat dari penggunaan warna, bukan lagi warna solid melainkan warna Chameleon Green alias bunglon. Terdapat warna biru dan hijau yang selalu berubah tergantung sisi penglihatannya.
Baca juga: Simak 5 Fakta Menarik Honda ADV 160 2022, Harga Naik Tipis Layak Dibeli?
Yang juga bikin konsep modifikasi ini berbeda adalah kedua suspensinya yang dibuat lebih rendah sekitar 2-3 cm. Ubahan tersebut langsung membuat lebih rendah, bahkan posisi sepakbor depan terlihat lebih rapat dengan bodi.
Untuk membuat Honda ADV 160 menjadi lebih dekat dengan aspal, suspensi depan upside down Scarlet Racing sedikit dicustom. Lalu suspensi belakang pakai RCB Black Series punya panjang 350 mm.
Karena memang konsep modifikasinya ditujukan untuk penggunaan on road, maka ban orisinal digantikan dengan produk Bridgestone Battlax SC. Yang depan ukuran 110/80-14 dan belakang 140/70-13.
Aura sporty terasa dengan balutan forged carbon fiber di beberapa bagian bodi. Seperti pada tutup tangki bensin, side panel, dan bodi belakang. Konstruksi adjustable windshield diganti dengan windshield tipe fix yang dibalut warna hitam.
Baca juga: Duh, Gara-Gara Ini AHM Sebut Honda ADV 160 2022 Lebih Boros!
Setang pipa diganti dengan setang aftermarket, modelnya ala-ala setang jepit seperti pada motor sport. Kemudian ada master rem RCB, hand grip RCB, dan spion aftermarket yang terpasang di ujung setang.
Jok orisinal yang punya desain simpel, dicustom menggunakan kulit jok baru. Selain kulit jok baru, jok juga didesain ulang dengan model single seat. Rendah di sisi depan namun tinggi dan membulat ala buntut tawon di bagian pembonceng.
Sepakbor belakang ditanggalkan dan digantikan dengan tail tidy mungil. Terakhir ada penggunaan silencer Arrow dengan leher knalpot custom menyesuaikan lekuk mesin baru Honda ADV 160.
Gimana? Cukup menginspirasi?