Sejak awal kehadirannya di pertengahan dekade 90-an, motor bebek Kawasaki memang punya volume mesin 4-tak yang beda dari kompetitornya. Mesin Kawasaki kapasitasnya paling besar, yakni 112 cc.
Alih-alih memakai mesin 100 cc seperti Honda C-Series dan 105 cc di Yamaha Crypton, atau 110 cc di Suzuki Shogun. Mesin Kawasaki 112 cc tersebut dipakai di Kaze Series dan Blitz Series, lalu penggunaannya berakhir di tipe Edge.
Setelah sekian lama, ternyata volume mesin 112 cc kembali dipakai oleh Kawasaki. Tapi bukan lagi bertipe 4-tak sebagai mesin motor bebek, tapi kini tipenya 2-tak dan dipakai oleh motocross Kawasaki KX112 2022.
Baca Juga: Minat Tebus Honda ADV 160 2022? Cicilan Mulai Rp 1,3 Jutaan Siapkan Uang Muka Segini
Melalui situs resmi Kawasaki Motor Indonesia diketahui jika KX112 sudah masuk di Indonesia sebagai bagian line up mereka di 2022. Motor tersebut dirilis untuk bagian perjenjangan pembalap motocross yang ingin naik kelas dari motor 85 cc (KX85).
"Jembatani kesenjangan dengan motor berukuran penuh dengan sepeda motorcross KX112. Kami mendorong batas dengan mesin dua langkah 112 cc yang lebih besar pada super-mini ini. Persiapkan calon pengendara Anda untuk bertransisi ke sepeda motor besar dengan kombinasi kekuatan proporsional yang unggul, peningkatan keandalan, dan sasis yang dioptimalkan," tulis keterangan resminya.
Sayangnya tak ada harga resmi yang tercantum pada Kawasaki KX112. Sebagai perbandingan, harga Kawasaki KX85 yang satu kelas di bawahnya ada di harga Rp 55,9 juta. Sementara di pasar global, harganya mencapai Rp 65 juta. Sehingga estimasi banderolnya bisa di angka Rp 70 jutaan ke atas.
Sebelumnya segmen ini diisi oleh Kawasaki KX100 yang bermesin 2-tak 100 cc. Namun di pasar global, mulai Juni 2021 perannya sudah digantikan dengan KX112 yang juga akhirnya masuk ke Indonesia.
Motor ini dibekali mesin 2-tak berkapasitas 112cc silinder tunggal, berpendingin cair. Mesin yang disokong sistem bahan bakar karburator Keihin PWK28 ini punya tenaga hingga 25 PS dengan transmisi 6-percepatan.
Untuk fiturnya, Kawasaki KX 112 memiliki ERGO-FIT yang dapat disesuaikan dengan dudukan setang 6 posisi. Sedangkan area kaki-kaki dibekali suspensi depan up side down berukuran 36 mm yang kompresinya dapat disesuaikan.
Sementara sokbreker belakangnya memakai tipe Uni-Trak yang dapat disesuaikan preload dan kompresi 24 settingan. Kemudian rodanya dibalut ban Dunlop MX33 berukuran 70/100-19 di bagian depan dan 90/100-16 di bagian belakang.
Keren nih!