Sebagai motor matic bergaya adventure satu-satunya sejauh ini, PT Astra Honda Motor (AHM) telah menghadirkan model terbaru Honda ADV 160 2022, yang merupakan versi update dari Honda ADV 150 yang telah rilis sejak 2019 lalu.
AHM melepas motor ini dengan banderol Rp 36 juta untuk tipe Combi Brake System (CBS) dan Rp 39,250 juta untuk tipe Anti-lock Braking System (ABS). Tertarik meminangnya? Simak dulu 10 fakta menarik dari Honda ADV 160 2022 berikut ini.
Seakan sadar harganya saat ini sudah jadi yang paling tinggi diantara matic premium kelas 150-160 cc, kenaikan harga Honda ADV 160 2022 tak begitu tinggi. Masih diangka ratusan ribu saja dibandingkan versi 150 cc.
Untuk Honda ADV 160 tipe CBS hanya naik Rp 300 ribuan, sedangkan Honda ADV 160 tipe ABS naik Rp 400 ribuan. Dengan demikian harganya masih belum menyentuh Rp 40 juta untuk wilayah jakarta.
Baca juga : Merasakan Mesin Baru Honda ADV 160 2022, Beneran Lebih Ngejambak?
Memang tak banyak opsi yang ditawarkan AHM, karena hanya ada merah, putih dan hitam. Bedanya untuk tipe ABS tampil dengan warna matte alias doff, sedangkan tipe CBS dilabur warna glossy yang mengkilap.
Kemudian juga ada beda warna pada setang dan pelek, di mana tipe ABS dilabur kelir burn titanium. Sedangkan tipe CBS kelir hitamm biasa. Lainnya warna emblem ADV 160 di bodi belakang, antara emas untuk tipe ABS dan silver untuk tipe CBS.
Meski cover bodinya ikut dibentuk ulang, ternyata lampu depan dan belakang tetap dibiarkan pakai model lama. Tentunya sudah LED termasuk juga untuk lampu seinnya.
Lampu depan model terpisah dengan LED DRL yang memanjang ke atas, yang memberikan kesan gahar. Sementara lampu belakang masih bertahan dengan siluet huruf X dengan lampu rem disetiap ujungnya.
Baca juga : First Ride Honda ADV 160 2022, Asli Beda Banget Dari Versi 150 Cc!
Touring pakai Honda ADV 160 2022 bakal lebih nyaman karena ada windshield yang bisa diatur tinggi rendahnya. Jarak mainnya sampai 75 mm, dan punya lekuk baru dengan lubang udara agar masih ada angin masuk saat dipasang posisi tinggi.
Spidometer Honda ADV 160 sudah bergaya ala Honda ADV 350 lho, dengan bentuk kotak, digital negatif display dan informasinya lengkap. Khusus tipe ABS, ada tambahan indikator HSTC (Honda Selectable Torque Control).
Isinya pun lengkap, spidometer, takometer, suhu air radiator, trip A-B, waktu perjalanan A-B, konsumsi BBM rata-rata dan aktual, jam digital. Tapi kalender atau informasi tanggal, bulan dan tahun hilang ya!
Jika sebelumnya untuk mengganti-ganti informasi spidometer haru menekan tombol di samping layar spidometer, kini bisa pakai kontrol khusus yang letaknya dekat dengan setang. Ada switch atas-bawah dan kiri-kanan.
Baca juga : Kaki-Kaki Honda ADV 160 2022 Berubah Banyak dari ADV 150, Diset Ulang Sesuaikan Bobot dan Mesin?
Akibat menggunakan rangka yang mirip dengan Honda PCX 160, kapasitas bagasinya ikut bertambah menjadi 30 liter dari sebelumnya 28 liter. Masih bisa menampung sebuah helm, tapi untuk membawa barang lainnya bisa lebih banyak.
Rangka yang digunakan baru karena mirip dengan Honda PCX 160 2022. Perbedaan utama yakni pada dudukan bodi, dan juga engine mounting karena sebelumnya pakai mesin 150 cc eSP dengan posisi engine mounting di bawah.
Penggunaan rangka baru ini selain berpengaruh pada bobot, juga pada handling karena lebih kaku. Makanya saat melakukan test ride, motor ini terasa nurut dan mudah untuk bermanuver.
Dengan kapasitas mesin yang bertambah menjadi 157 cc, 4 katup, pendingin cairan dan berteknologi eSP+, tentu saja performanya beda jauh dari saat masih menggunakan mesin 150 cc. Hal ini mengobati salah satu kelemahan model sebelumnya.
Baca juga : Kompresi Mesin Honda ADV 160 2022 Terhitung Tinggi, Cocok Minum Pertalite atau Pertamax?
Mesin baru tersebut mampu hasilkan tenaga maksimal hingga 16 PS di 8.500 rpm serta torsi maksimal mencapai 14,7 Nm di 6.500 rpm. Ada peningkatan tenaga 1,5 PS dan torsi 0,9 Nm pada putaran mesin yang sama dari versi 150 cc.
Kesan tinggi saat duduk di atas Honda ADV 150 sirna sudah, sekarang Honda ADV 160 sudah lebih nyaman, berkat tinggi jok yang terpangkas menjadi 780 mm saja. Kemudian diikuti perubahan setang yang juga lebih rendah.
Alhasil posisi duduk terasa lebih mendem. Untuk kaki menapak pun lebih mudah karena jok lebih tirus pada bagian ujungnya. Area kaki pun lebih leluasa karena pijakan lebih lebar dan panjang, serta bagian untuk selonjoran yang lebih landai.
Melihat dari banyaknya perubahan yang dilakukan, rasanya Honda ADV 160 2022 ini layak dijadikan pilihan. Terlebih kenaikan harganya tak begitu jauh, sehingga memberikan nilai lebih untuk calon pembelinya.
Baca juga : Masih Inden Honda ADV 150? Bisa Langsung Ganti ke ADV 160 Lho!
Sejumlah kekurangan yang banyak dikeluhkan pada versi 150 cc pun coba diperbaiki pada model terbaru ini. Yang jelas, motor ini akan sama nyamannya untuk dipakai harian atau pun perjalanan touring keluar kota.
Spesifikasi Honda ADV 160 2022 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.950 x 763 x 1.196 mm | |
Sumbu Roda | 1.324 mm | |
Jarak Terendah | 165 mm | |
Tinggi Jok | 780 mm | |
Kapasitas Tangki | 8,1 liter | |
Berat Isi | 133 kg (CBS & ABS) | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+ | |
Kapasitas | 156,9 cc | |
Diameter x Langkah | 60 x 55,5 mm | |
Rasio Kompresi | 12 : 1 | |
Suplai Bahan Bakar | Injeksi, PGM-FI | |
Transmisi | Otomatis, V-matic | |
Tenaga Maksimal | 16 PS @ 8.500 rpm | |
Torsi Maksimal | 14,7 Nm @ 6.500 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe | Double Cradle | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Ganda | |
Ban Depan | 110/80-14 | |
Ban Belakang | 130/70-13 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram | |
Harga | ||
CBS | Rp 36 juta | |
ABS | Rp 39,250 juta |