Modenas (Motosikal dan Enjin Nasional) merupakan perusahaan motor nasional dari Malaysia, yang punya beragam line up untuk memenuhi industri sepeda motor roda dua di Malaysia.
Line up yang dihadirkan Modenas pun cukup lengkap. Mulai dari sepeda motor tipe moped atau bebek, tipe matic, tipe sport naked, hingga tipe sport fairing. Di pertengahan tahun 2022, perusahaan ini berkolaborasi dengan Kawasaki.
Ini juga sebagai kembalinya Kawasaki di pasar Malaysia di bawah distributor barunya, yaitu Edaran Modenas Sdn Bhd (EMOS). Tapi kali ini akan ada perubahan nama dari Kawasaki di Malaysia.
Karena seluruh model Kawasaki di bawah 650 cc di Malaysia akan diberi nama Modenas, ini mengacu pada peningkatan saham ekuitas Kawasaki Motors Limited di Modenas.
Baca juga: Ketagihan Kena Racun Modifikasi, Duo Kawasaki Ninja ZX-25R Dijejali Part Branded
Menurut paultan.org, Modenas baru saja memperkenalkan 3 varian terbaru. Ada New Ninja 250 varian ABS dan non ABS, modelnya sama seperti yang sudah lebih dulu dijual di Indonesia.
Model ini dibanderol dengan harga RM 18,900 atau Rp 63 jutaan dan RM 20,500 atau 68,3 jutaan untuk tipe ABS. Harga ini ternyata sudah lebih murah, mengingat di tahun 2018 Kawasaki Motors Malaysia membanderol Ninja 250 seharga RM 23,071 atau Rp 76,9 juta.
Motor ketiga yang diluncurkan adalah Modenas Z250 ABS, basicnya mengambil dari New Ninja 250. Beda dengan Z250 di Indonesia yang masih mengambil basic dari Ninja 250 FI old. Tipe ini dijual seharga RM 19,500 atau Rp 65 jutaan.
Ketiga model ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas murni 249 cc, 2 silinder segaris, DOHC 8 katup, dan fuel injection. Mesin ini punya klaim tenaga maksimal 36,4 ps pada 12.500 rpm dan torsi 23 Nm di 10.000 rpm.
Baca juga: Kawasaki Indonesia Hadirkan Motocross KX112, Mesin 112 Cc Tapi Bukan Berbasis Kaze
Dari segi transmisi ada 6 percepatan dengan dukungan assist & slipper clutch. Ini membuat perpindahan gigi kian halus, kopling lebih ringan, dan deselerasi yang lebih minim saat downshift. Di atas mesinnya terdapat tangki bensin 14 liter.
Suspensi depan masih menggunakan model teleskopik dengan panjang travel 120 mm, untuk belakang pakai monoshock travel 130 mm yang siap meredam beragam jalan tidak rata.
Beralih ke pengereman, yang depan pakai cakram semi-floating diameter 286 mm yang diapit kaliper Nissin 2 piston, yang belakang juga pakai kaliper 2 piston tapi dengan cakram 193 mm.
Kedua cakramnya menggunakan model wavy sehingga membuatnya tidak terlalu membosankan. Sebagai fitur kemanan, di Modenas Ninja 250 ABS dan Modenas Z250 ABS dilengkapi ABS 2 channel untuk mencegah roda terkunci saat pengereman keras.
Baca juga: Kawasaki KLX230 SM 2022 Mulai Diproduksi, Inden Cuma Semingguan dan Ada Diskon!
Desain pelek untuk Modenas Ninja 250 maupun Modenas Z250, pakai pelek palang 5 dengan model palang tipis sehingga memberi kesan racy dan ringan. Pelek depan dibalut dengan ban Dunlop 110/70-17 dan belakang 140/70-17.
Bicara bobot, ternyata berat isi Modenas Z250 ABS dengan Modenas Ninja 250 non ABS serupa, yaitu 165 kg. Namun untuk Modenas Ninja 250 2 kg lebih berat, sehingga menjadi 167 kg.
Jika dibandingkan dengan Kawasaki Z250 yang sudah stop produksi di Indonesia, tentu Modenas Z250 baru yang diperkenalkan ini memiliki desain yang lebih segar. Ini karena sport naked ini mengambil basic dari New Kawasaki Ninja 250.
Bisa terlihat dari penggunaan mesin baru, pelek baru, rangka baru, juga monoshock baru yang menempel pada sisi crankcase bagian belakang. Yang juga terlihat baru tentu desain bodi belakangnya, identik dengan Kawasaki Ninja 250.
Baca juga: Tak Mau Gegabah, Kawasaki Sebut Riset KLX230 Versi Supermoto Butuh 2 Tahun
Lampu utama sudah menggunakan tipe LED dengan desain yang cukup agresif, ada pula visor mungil di atasnya. Yang cukup keren adalah spidometer barunya, kini fully digital dengan negative display.
Sisi atas ada takometer dan di tengah hingga bawah adalah layar digital yang berisi beragam informasi. Spidometer ini sama seperti yang digunakan pada Z650 juga Z900.
Kira-kira akan dijual di Indonesia gak ya?