Indonesia menjadi negara pertama yang menjual Honda ADV 160 2022 di dunia. Sementara negara-negara lain, masih menikmati versi lamanya yakni Honda ADV 150 yang masih mengandalkan mesin eSP.
Dikenalkan awal Juli 2022 lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) melepas motor ini dengan banderol Rp 36 juta untuk tipe CBS (Combi Brake System) dan Rp 39,250 juta untuk tipe ABS (Anti-lock Braking System), on the road Jakarta.
Baca juga : Segini Konsumsi BBM Honda ADV 160 2022 Dipakai Touring Lewat Jalur Pegunungan, Irit?
Sejatinya model motor matic bergaya adventure ini merupakan produk global, yang juga dipasarkan di banyak negara, termasuk negara tetangga, Vietnam. Dan ternyata, Honda ADV 160 sudah dipasarkan di sana.
Sejatinya memang produk ini belum tersedia untuk pasar ekspor karena AHM masih fokus untuk penjualan domestik terlebih dulu. Maka unit yang ada di Vietnam, didatangkan sendiri oleh importir umum setempat yakni Minh Long Motor.
Dituliskan Motosaigon, unit tersebut jelas berasal dari Indonesia. Dan harga jualnya pun bikin kaget karena nyaris Rp 60 juta! Tepatnya Rp 59 juta, karena harganya di sana dipatok 93 juta Vietnam dong.
Dari foto-fotonya, unit yang didatangkan merupakan tipe ABS, ini terlihat dari warna pelek, setang dan juga emblem kelir emas yang berbeda dari tipe CBS. Kemudian warna matte red juga hanya tersedia untuk tipe ABS saja.
Honda ADV 160 2022 sendiri mengusung mesin baru dengan teknologi eSP+. Dengan kapasitas mesin yang bertambah menjadi 157 cc, 4 katup, pendingin cairan, tentu saja performanya beda jauh dari saat masih menggunakan mesin 150 cc.
Baca juga : 10 Fakta Menarik Honda ADV 160 2022, Beneran Layak Dibeli?
Mesin baru tersebut mampu hasilkan tenaga maksimal hingga 16 PS di 8.500 rpm serta torsi maksimal mencapai 14,7 Nm di 6.500 rpm. Ada peningkatan tenaga 1,5 PS dan torsi 0,9 Nm pada putaran mesin yang sama dari versi 150 cc.
Kesan tinggi saat duduk di atas Honda ADV 150 sirna sudah, sekarang Honda ADV 160 sudah lebih nyaman, berkat tinggi jok yang terpangkas menjadi 780 mm saja. Kemudian diikuti perubahan setang yang juga lebih rendah.
Alhasil posisi duduk terasa lebih mendem. Untuk kaki menapak pun lebih mudah karena jok lebih tirus pada bagian ujungnya. Area kaki pun lebih leluasa karena pijakan lebih lebar dan panjang, serta bagian untuk selonjoran yang lebih landai.
Baca juga : Pakai Filter Udara Ini, Bikin Honda ADV 160 Lebih Bertenaga dan Hemat Buat Menjelajah
Spesifikasi Honda ADV 160 2022 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.950 x 763 x 1.196 mm | |
Sumbu Roda | 1.324 mm | |
Jarak Terendah | 165 mm | |
Tinggi Jok | 780 mm | |
Kapasitas Tangki | 8,1 liter | |
Berat Isi | 133 kg (CBS & ABS) | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+ | |
Kapasitas | 156,9 cc | |
Diameter x Langkah | 60 x 55,5 mm | |
Rasio Kompresi | 12 : 1 | |
Suplai Bahan Bakar | Injeksi, PGM-FI | |
Transmisi | Otomatis, V-matic | |
Tenaga Maksimal | 16 PS @ 8.500 rpm | |
Torsi Maksimal | 14,7 Nm @ 6.500 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe | Double Cradle | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Ganda | |
Ban Depan | 110/80-14 | |
Ban Belakang | 130/70-13 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram | |
Harga | ||
CBS | Rp 36 juta | |
ABS | Rp 39,250 juta |