Motor tipe matic banyak dipilih sebagai kendaraan sehari-hari karena dirasa cukup praktis, paling utama tentu saja pengendaranya hanya cukup mengontrol gas dan rem tanpa memikirkan perpindahan gigi.
Karena posisi mesin yang ada di belakang, membuat sisi tengah punya ruang lebih lega. Sehingga kaki pengendara lebih leluasa saat berpindah posisi dan bisa membawa barang lebih banyak.
Di sektor kaki-kaki, motor matic yang beredar di Indonesia pada awalnya didominasi lingkar pelek 14 inci. Lingkar roda yang lebih kecil dibanding motor bebek dan sport membuat motor matic lebih ramah terhadap pengendara yang tidak terlalu tinggi, terutama bagi pengendara wanita.
Memang beberapa matic di Indonesia pernah menghadirkan matic dengan lingkar roda 16 inci yang lebih tinggi, sehingga tampak lebih kekar dan cocok dengan postur pengendara pria.
Baca juga: Yamaha Kenalkan XMax 250 Terbaru di Jepang, Simak Daftar Perubahannya!
Namun seiring berjalannya waktu trend matic di Indonesia mulai berpindah, kali ini pabrikan mulai banyak memproduksi motor matic dengan lingkar roda 12 inci tapi dengan profil ban tebal.
Bisa tengok Yamaha Freego, Fazzio, Honda Scoopy, dan Honda Genio. Belum lagi produsen pelek aftermarket yang menyediakan pelek ring 12 inci untuk Yamaha NMAX, Honda BeAT, hingga Honda Vario.
Bahkan beberapa saat lalu terlihat spy shoot matic baru Yamaha yang digadang-gadang Grand Filano, matic tersebut juga menggunakan pelek ring 12 inci. tuh, makin rame!
“Akhirnya ini membuat hampir semua pabrikan ban lokal bikin untuk ring 12 inci. Terakhir yang terbaru ada Swallow tipe Swallow SB 148 Razor XP dan FDR tipe Velogrip. Jadi pilihan ban ring 12 inci semakin menarik dan bisa menjangkau semua konsumen,” sebut Ario Dharma Setiawan dari Rumah Ban Motor (RBM).
Baca juga: Kopling Motor Gampang Selip? Bisa Jadi Karena Hal Berikut Ini!
Selain pabrikan Jepang yang memproduksi matic ring 12 inci, Vespa memang sudah lebih dulu menggunakan lingkar pelek mungil. Untuk ring 12 inci ada Vespa Primavera, Sprint, GTS 150, hingga GTS 300 Super Tech.
Tapi secara spesifikasi ada pembeda diantara ban ring 12 inci untuk pabrikan Jepang dan Italia satu ini. Dinding ban matic Jepang lebih tinggi karena pakai profil /90, sedangkan Vespa punya dinding lebih rendah yaitu profil /70.
Lantas jika matic Jepangan pakai ban dinding rendah untuk Vespa akan membuat ground clearance lebih rendah, ruang antara ban dengan sepakbor juga akan lebih luas sehingga terlihat kopong.
Untuk itu berikut update harga ban ring 12 inci untuk matic Jepang yang bisa menjadi referensi kalian saat ingin mengganti ban. Sebagian besar diproduksi di Indonesia, kecuali Michelin City Grip yang diproduksi di Thailand.
Baca juga: Baru Beli Motor? Langsung Kasih Ini Supaya Gak Gampang Lecet!
Oiya compound yang tersedia juga beragam. Mulai dari compound harian, intermediate, hingga soft compound seperti yang dihadirkan oleh Pirelli Diablo Rosso Scooter SC.
Selamat memilih!
Rumah Ban Motor: 0877-9777-9797
*Harga di bulan Agustus 2022
*Harga tiap toko bisa berbeda
*Harga sewaktu-waktu bisa berubah
100/90-12 Rp 230 ribu
110/90-12 Rp275 ribu
100/90-12 59J Rp 235 ribu
110/90-12 64J Rp 285 ribu
100/90-12 Rp 260 ribu
110/90-12 Rp 280 ribu
100/90-12 Rp 260 ribu
110/90-12 Rp 320 ribu
100/90-12 Rp 300 ribu
110/90-12 Rp 350 ribu
100/90-12 Rp 490 ribu
110/90-12 Rp 500 ribu
100/90-12 Rp 495 ribu
120/80-12 Rp 630 ribu