Pegunungan memang menjadi lokasi favorit untuk sekedar melepas penat dari aktivitas sehari-hari. Mendapatkan udara sejuk nan segar, dengan keindahan alam pegunungan, bisa menghilangkan stres sejenak.
Menuju kawasan pegunungan bisa dengan banyak cara, salah satunya adalah mengendarai sepeda motor. Honda ADV 160 2022 sebagai motor matic bergaya petualang, jelas jadi salah satu motor yang pas untuk dikendarai.
Terlebih melintasi jalan pegunungan yang naik-turun dan berliku, rasanya asyik. Apalagi motor ini sudah mengusung dapur pacu teknologi terbaru eSP+ yang lebih bertenaga.
Spesifikasinya 157 cc, 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan dan injeksi bahan bakar. Output yang mampu dihasilkan mencapai 16 PS di 8.500 rpm dengan torsi sebesar14,7 Nm di 6.500 rpm.
Baca juga : Merasakan Touring ke Pegunungan Pakai Honda ADV 160 2022, Beneran Gampang Mentok?
Ada peningkatan tenaga 1,5 PS dan torsi 0,9 Nm pada putaran mesin yang sama dari data Honda ADV 150. Alhasil power to weight ratio pun menjadi lebih baik, yang tentu saja berimbas pada akselerasi keseluruhan.
Sebagai pembuktian, Honda ADV 160 2022 ini dipakai touring melintasi jalur Puncak 2 via Cipamingkis beberapa waktu lalu. Touring ini gak sendirian, melainkan bersama jurnalis lainnya dengan mengendarai motor yang sama.
Berbeda dengan jalus biasanya, jalur Puncak 2 ini lebih sempit, kondisi jalan bervariasi dan banyak tanjakan terjal. Hasilnya ternyata mesin eSP+ ini memang enteng banget kok, tapi harus paham dulu karakter mesinnya ya.
Baca juga : Simak 5 Fakta Menarik Honda ADV 160 2022, Harga Naik Tipis Layak Dibeli?
Dengan karakter mesin yang linear, torsi dan tenaganya gak begitu menghentak-hentak. Melibas tanjakan dengan menggendong rider berbobot 75 kg dan barang bawaan lain terasa mudah.
Mesin mampu merespon setiap bukaan gas dengan baik, dan aliran tenaga terus mengisi. Tapi ketika ada handicap saat posisi menanjak dan harus tutup gas, akan ada sedikit jeda ketika tuas gas diputar kembali.
Tenang, jedanya ini memang tak begitu lama sebelum akhirnya mesin kembali menyalurkan tenaganya. Kemudian saat dipanteng dalam kondisi menanjak, motor masih bisa bergerak walau rasanya memang seperti minta ditambah bukaan gasnya.
Tapi ada baiknya ketika melintasi jalan menanjak seperti ini, lakukan ancang-ancang terlebih dulu. Tentunya agar beban kerja mesin lebih ringan dan tanjakan bisa dilibas dengan mudah dan cepat.
Baca juga : Segini Konsumsi BBM Honda ADV 160 2022 Dipakai Touring Lewat Jalur Pegunungan, Irit?
Spesifikasi Honda ADV 160 2022 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.950 x 763 x 1.196 mm | |
Sumbu Roda | 1.324 mm | |
Jarak Terendah | 165 mm | |
Tinggi Jok | 780 mm | |
Kapasitas Tangki | 8,1 liter | |
Berat Isi | 133 kg (CBS & ABS) | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+ | |
Kapasitas | 156,9 cc | |
Diameter x Langkah | 60 x 55,5 mm | |
Rasio Kompresi | 12 : 1 | |
Suplai Bahan Bakar | Injeksi, PGM-FI | |
Transmisi | Otomatis, V-matic | |
Tenaga Maksimal | 16 PS @ 8.500 rpm | |
Torsi Maksimal | 14,7 Nm @ 6.500 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe | Double Cradle | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Ganda | |
Ban Depan | 110/80-14 | |
Ban Belakang | 130/70-13 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram | |
Harga | ||
CBS | Rp 36 juta | |
ABS | Rp 39,250 juta |