Skuter roda tiga ikonik Piaggio MP3 Sport 300 2023 resmi dikenalkan untuk pasar Indonesia. Motor tersebut didatangkan oleh PT Piaggio Indonesia (PID) dengan harga Rp 330 juta OTR Jakarta.
Piaggio MP3 300 HPE Sport baru ini adalah kendaraan berdesain compact, sporty dan dinamis dengan tetap mengutamakan kenyamanan dan performa tingkat tinggi ala skuter Gran Turismo.
Dirancang menggunakan teknologi roda tiga Piaggio yang eksklusif, di mana sistem suspensi di depan menjadi elemen unik dan khas yang menjadikan pengalaman mengendarai Piaggio MP3 sangat unik.
Didukung stabilitas menikung yang lebih dibanding skuter lain, serta kemampuan optimal di kondisi aspal basah atau dalam kondisi pengereman yang buruk.
Baca juga : Pakai Mesin Seperti NMax, Seberapa Cepat Akselerasi Piaggio Medley S 150 2023?
"Motor ini secara konsisten membuktikan komitmen berkelanjutan PT Piaggio Indonesia dalam menghadirkan berbagai kendaraan canggih untuk solusi mobilitas perkotaan yang cerdas," ujar Marco Noto La Diega, Managing Director & Country CEO PID.
Desain modern dan sporty nampak pada skuter tersebut, dengan tampilan agresif di depan namun nampak ringan dan ramping. Tentunya lebih ringkas secara dimensi dibandingkan Piaggio MP3 500 HPE yang sudah lebih dulu hadir.
Sama seperti generasi sebelumnya, model ini tawarkan kenyamanan. Jok, dengan tempat duduk bertingkat dua terpisah, menjamin dukungan posisi duduk yang memadai bagi pengendara. Posisi duduk pembonceng pun dirancang nyaman dan landai.
Yang paling menarik tentu sistem gerak sepasang roda depan, yang punya mekanisme gerak dua roda depan yang disebut parallelogram. Sepasang roda di depan disokong dengan 4 lengan aluminium yang terhubung dengan berbagai link.
Baca juga : Piaggio Ajukan Paten Sistem Suspensi Matic Anyar, Lebih Presisi dari Tipe Teleskopik?
Berkat teknologi ini, setiap roda depan bisa bergerak secara independen. Terdapat pula mekanisme pengunci elektronik, dan setiap roda depan dikawal rem cakram dengan ABS.
Dapur pacu yang digunakan berkapasitas 300 cc, dengan spesifikasi 4-tak, SOHC 4 katup pendingin cairan dengan suplai bahan bakar injeksi. Tenaga maksimalnya mencapai 25,8 PS di 7.750 rpm dengan torsi 26,1 Nm pada 6.250 rpm.
Bagian cylinder head merupakan penyempurnaan dari generasi mesin sebelumnya, yang ukuran inlet dan outlet jalur bahan bakar telah diperbesar. Desain piston pun disempurnakan terutama pada bagian atasnta.
Noken as memiliki profil yang dirancang untuk mencapai angle over stroke yang lebih kuat, tetapi pada saat yang sama mampu mengurangi kebisingan yang dihasilkan oleh distribusi pembakaran.
Yang menyenangkan dari mesin ini selain performanya, soal perawatan pun terhitung hemat, pasalnya servis rutin dijadwalkan setiap 10.000 km. Mesin ini sendiri dikontrol oleh ECU Magneti Marelli MIUG4 generasi baru.
Kelengkapan lainnya adalah sistem ABS 3 channel yang artinya ada ditiap roda, dan kawalan ASR pada roda belakang. Kemudian sistem pengunci suspensi depan yang bisa membuat motr tetap berdiri tegak.
Dengan segala teknologi, keunggulan dan brand image premium, rasanya harga yang ditawarkan jadi terasa wajar bukan?