PCX Electric Minder, Motor Listrik Ini Sekali Cas Bisa Jalan 172 Km

SEAT MO50 diciptakan untuk perkotaan.
  • SEAT juga dikenal sebagai pabrikan mobil asal Spanyol.
  • Jarak tempuh bisa sampai 172 km.
  • Hadir untuk anak muda.

SEAT, mungkin tak banyak yang tahu merek ini, tapi penggemar mobil mungkin tak asing, karena ini adalah merek mobil asal Spanyol.

Tapi SEAT kini menghadirkan motor listrik yang diberi nama SEAT MO50 yang ternyata bisa bikin minder Honda PCX Electric (Spesifikasi | Berita).

Yup, ini adalah produk ketiga motor listrik SEAT setelah sebelumnya sudah ada SEAT MO125 dan MO125 Performance.

Kerennya, model terbaru ini justru bisa melaju sejauh 172 km untuk sekali pengisian daya.

Baca juga : Lebih Mahal dari Yamaha Nmax, Charged Indonesia Resmi Jual Motor Listriknya

Dikutip Autoevolution, SEAT MO50 ini punya kinerja setara motor bermesin 50 cc dengan daya tenaga sekitar 4 sampai 7,3 kW atau sekitar 5,4 hingga 9,9 PS.

Torsinya sendiri menyentuh 100 Nm, wow!

Jarak tempuh yang jauh ternyata berkat kecepatan maksimal yang tak begitu tinggi, hanya 45 km/jam saja dalam mode Eco.

Selain Eco, motor ini punya mode berkendara City dan Sport.

Dua helm bisa masuk bagasi.

Jangan lupakan pula reverse mode, untuk berjalan mundur yang memudahkan ketika hendak keluar area parkir.

Baterai yang dipakai model portable lithium-ion 5,6 kWh yang bisa diisi penuh dalam 6-8 jam saja.

Baca juga : Siap Produksi Motor Listrik Lokal, VKTR dan Selis Gandeng Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

SEAT menyebut jika target pembeli motor ini adalah anak muda, yang beraktivitas di perkotaan.

Dikendarai sebagai kendaraan personal yang bahkan oleh anak usia 14 tahun dengan mudah mengendarainya.

"SEAT MO50 menawarkan mobilitas elektrik untuk pengendara baru yang ingin kebebasan memutari kota tanpa emisi dan suara," ujar Lucas Casasnovas, Direktur SEAT.

Cocok untuk perkotaan.

Dari segi tampilan, SEAT MO50 ini nampak gagah dan padat, terutama pada bagian bawah jok dengan kotak besar sebagai tempat baterainya.

Lekuk bodinya pun memiliki garis yang tegas yang membeirkan kesan gagah, sebagai motor harian.

Secara keseluruhan motor ini seperti motor matic kovensional, dengan dek rata.

Fascia depannya unik berkat lampu depan bulat serta LED DRL menyiku pada sudut depan dari bodinya.

Baca juga : TVS iQube Bakal Ramaikan Persaingan Motor Listrik Indonesia

Tawarkan desain menarik.

Kelengkapan lainnya terhitung lumayan, misalnya bagasi yang muat untuk dua helm sekaligus. Kemudian panel digital yang bisa terhubung smartphone, kunci keyless hingga USB charger.

Melihat spesifikasinya, Honda PCX (Spesifikasi | Berita) Electric yang sudah lebih dulu muncul dan dipakai di Indonesia untuk transportasi online jadi minder.

Pasalnya jarak tempuh maksimal hanya 69 km dengan kecepatan konstan 40 km/jam.

Baterai Honda atau Honda Mobile Power Pack dapat terisi penuh selama 4 jam saat menggunakan pengisi daya opsional dengan metode off-board.

Sedangkan pengisian menggunakan sistem on-board atau terkoneksi langsung dengan listrik bisa mencapai 6 jam.

Honda PCX electric terlalu mahal untuk dijual bebas.

Baca juga : Begini Spesifikasi Honda PCX Electric yang Dipakai di KTT Presidensi G20

Hingga kini pun motor Honda itu belum dijual bebas, dan digunakan untuk B to B sebagai armada ojek online.

Salah satu alasan lainnya adalah karena Honda PCX Electric jika dijual bebas, harganya akan sangat mahal.

Perkiraan bisa menyentuh nominal Rp 100 juta, praktis secara hitung-hitungan belum pas untuk pasar Tanah Air.

Hadirkan Honda EM1 e:

Namun sebagai bentuk komitmen untuk mencapai netralitas karbon, Honda telah merilis EM1 e: sebagai motor listrik pertamanya di Indonesia.

Hadir dalam 2 pilihan tipe, pertama ada Honda EM1 e: yang sebelumnya dijual Rp 40 juta, kini dipatok Rp 33 juta saja.

Motor listrik pertama Honda di Indonesia.

Tipe ini hadir dalam pilihan warna Innovative White, Intelligent Matte Black dan Smart Red.

Berikutnya ada Honda EM1 e: PLUS dengan pilihan warna Excellent Matte Silver.

Harga normalnya Rp 40,5 juta, namun setelah mendapatkan subsidi menjadi Rp 33,5 juta.

Baca juga : Kredit Motor Listrik Honda EM1 e:, Uang Muka Mulai Rp 5 Jutaan

Bedanya, varian Plus sudah dilengkapi pada tipe rear carrier atau bracket top box. Dengan begitu, pembeli hanya perlu menambahkan top box untuk bagasi tambahan.

Dimensinya memang terhitung kecil, hanya punya panjang 1.795 mm dengan tinggi 680 mm dan lebar 1.080 mm.

Namun untuk tipe Plus sedikit lebih panjang yaitu 1.860 mm karena adanya tambahan rear rack tadi.

Honda EM1 e: Plus.

Menurut data spesifikasinya motor listrik ini punya berat kosong 94 kg dan 96 kg pada tipe Plus. 

Jika sudah terisi baterai maka cukup ditambahkan 10,2 kg sebagai bobot 1 baterai. Itu berarti berat isinya ada di angka 104,2 kg dan 106,2 kg.

Honda EM1 e: menggunakan mesin listrik model hub atau yang menyatu dengan pelek.

Pihak AHM sendiri menyebutnya in-wheel 3 phase brushless dengan klaim tenaga maksimal 2,31 PS pada 540 rpm dan tenaga rata-rata di angka 0,78 PS.

Sedangkan untuk klaim torsi maksimalnya mencapai 90 Nm. Sangat besar, tapi hanya ada di 25 rpm yang mana itu sangat sebentar.

Bisa dikatakan torsi maksimalnya hanya terasa saat pertama kali motor jalan saja.

Baca juga : Sensasi Mengendarai Honda EM1 e:, Motor Listrik Proper yang Ramping dan Ringan

Honda EM1 e: dijual Rp 30 jutaan dengan subsidi.

Untuk menyesuaikan kondisi atau karakter pengendaranya Honda EM1 e: dilengkapi 2 mode berkendara.

Pertama ada mode ECON atau efisien untuk memperpanjang jarak tempuh.

Lalu berikutnya mode STD atau standar dengan karakter bukaan gas lebih responsif.

Kecepatan maksimalnya sendiri ialah 45 km/jam namun faktanya saat dicoba bisa menyentuh 48 km/jam.

Lumayan untuk andalan jarak dekat.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Scorpio Electric merupakan start up asal Singapura Selain memasok baterai, Scorpio juga akan memanfaatkan jaringan BYD di Asia Tenggara BYD yang tengah masif menjajaki pasar Indonesia lewat mobil-mobil listriknya, ternyata juga punya strategi lain untuk andil dalam industri sepeda motor listrik. Jenama kendaraan elektrik asal Cina tersebut baru saja menjalin kesepakatan dengan Scorpio Electric, merek motor listrik dari Singapura. Setelah memperkenalkan diri pada 2020, start up ini pun sudah memb
Menyambangi beragam destinasi sejarah di Cirebon. Jadi ajang silahturahmi dan menjalin pertemanan baru. Para anak muda di Kota Cirebon berkumpul dan melakukan kegiatan touring bersama Yamaha pada hari Minggu (21/01/2024). Touring ini dilakukan menggunakan dua produk andalan Classy Yamaha, yaitu Yamaha Fazzio dan Yamaha Grand Filano. Touring kali ini terasa berbeda karena selain menikmati city touring, peserta juga diajak mengunjungi destinasi bersejarah di Kota Cirebon. Jaya Utama, Chief Area DD
Cek berkala ketebalan kampas rem. Kampas rem jadi part penting pada motor. Selain ban, suspensi dan setang, salah satu instrumen yang berpengaruh pada handling motor adalah rem. Kemudahan manuver, stabilitas dan traksi akan percuma tanpa rem yang mumpuni. Fungsinya bagian ini, membuat pengendara wajib melakukan pemeriksaan secara berkala pada sistem pengereman, utamanya kampas rem. Kampas rem berfungsi sebagai media gesek dengan piringan atau cakram, yang akan mengurangi laju roda. Ini karena pa
Menggunakan kamera dash cam di depan dan belakang. Pakai ABS dual channel dan TCS. Motor matic jadi salah satu sepeda motor yang sangat digandrungi hingga saat ini, dengan kepraktisannya saat melewati kemacetan. Tidak heran pula kalau tiap pabrikan sepeda motor terus menghadirkan motor tipe matic terbaru. Di Indonesia sendiri terdapat Yamaha NMax dan Honda PCX yang mendominasi matic 155-160 cc. Namun tampaknya kedua motor tersebut perlu waspada karena kedatangan penantang baru, yaitu WMoto RT1 2
Tampilannya masih terlihat sporty hingga kini. Harga jualnya makin tinggi. Di dekade 2000-an, segmen motor bebek bermesin 2-tak cukup diminati oleh berbagai kalangan, salah satunya Yamaha Tiara S. Mesin yang bertenaga ditunjang desain ramping membuat motor tersebut mumpuni buat diajak ngebut atau sekadar penggunaan harian. Tak heran jika beberapa pabrikan motor yang hadir mengisi segmen tersebut. Baik dengan tampilan sederhana, hingga sporty khas anak muda. Yamaha Indonesia (saat itu Yamaha Moto

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor