Mengenal Yamaha Tiara S, Si Ayam Jago Pesaing Suzuki Satria 120R

Brosur Yamaha Tiara S.
  • Tampilannya masih terlihat sporty hingga kini.
  • Harga jualnya makin tinggi.

Di dekade 2000-an, segmen motor bebek bermesin 2-tak cukup diminati oleh berbagai kalangan, salah satunya Yamaha Tiara S.

Mesin yang bertenaga ditunjang desain ramping membuat motor tersebut mumpuni buat diajak ngebut atau sekadar penggunaan harian.

Tak heran jika beberapa pabrikan motor yang hadir mengisi segmen tersebut.

Baik dengan tampilan sederhana, hingga sporty khas anak muda.

Yamaha Indonesia (saat itu Yamaha Motor Kencana Indonesia) pun tak ketinggalan dengan menghadirkan motor tersebut pada tahun 2000.

Statusnya diimpor utuh atau CBU dari Malaysia, untuk kemudian didatangkan dari Thailand sebagai negara produsennya. 

Pada masa tersebut, Yamaha Indonesia memang tengah gencar menghadirkan motor-motor impor berdesain sporty.

Sebut saja Yamaha TZM 150, Touch 125 hingga Y125Z yang legendaris bahkan sampai digoreng harganya. 

Baca Juga: Mengenal Yamaha Touch 125, Motor Sport Ringan yang Jarang Dipinang Orang

Tampilan Bergaya Ayam Jago

Banderol Yamaha Tiara S di angka Rp 16 jutaan ketika meluncur saat itu membuat segmennya berada di antara Yamaha F1ZR dan Yamaha Y125Z.

Namun secara desain, motor underbone ini paling berbeda karena tampilannya yang bergaya 'ayam jago'.

Desainnya sporty (Foto: Instagram Yamaha Tiara id)

Genre motor underbone ayam jago ini populer di Thailand dengan ciri suspensi depan model teleskopik panjang dan setang jepit, layaknya motor sport.

Ciri lainnya adalah bodi yang ramping dan bersudut tajam untuk menunjang kesan sporty, agar disukai anak muda.

Dimensi panjang x lebar x tinggi dari Yamaha Tiara S hanya 1.864 x 630 x 968 mm, cukup ringkas bukan?

Lalu sumbu roda 1.230 mm dan ground clearance 139 mm. Selain itu, tinggi jok cuma 765 mm yang memudahkan pengendara bertubuh mungil untuk mengendarainya.

Hal ini juga didukung bobot kosongnya yang cuma 100 kg, jadinya lincah untuk selap selip dikemacetan.

Baca Juga: Update Harga Bensin Februari 2023, Vivo Revvo 90 Naik Signifikan!

Hal ini juga berlaku pada Yamaha Tiara S yang mengandalkan tampilan agresif dengan bodi belakang bersudut tajam hingga ke desain stoplampnya.

Panel leg shield dan engine guard di bagian bawahnya juga ramping. Hanya saja, lekuk bodinya tak terlalu kaku seperti Honda Sonic.

Desain ramping plus suspensi panjang di depan jadi ciri ayam jago

Bagian kaki-kaki Yamaha Tiara S dikawal pelek 17 inci berpalang 3 berbalut ban Dunlop TT900 yang masih tube type berukuran jadul.

Yakni 2.25-17 di depan dan 2.50-17 di belakang. Mirip kombinas ban Yamaha F1ZR saat itu.

Tapi motor ini sudah dibekali dengan peranti rem cakram berkaliper 2 piston di roda depan dan belakang.

Serta ada monosok di belakang yang kala itu masih jadi barang mewah, untuk mengimbangi suspensi teleskopik panjang di depan.

Mesin Yamaha Tiara S

Beralih ke sektor mesin, Yamaha Tiara S punya kubikasi yang sama dengan Suzuki Satria 120R, yakni 120 cc 2-tak berpendingin udara.

Basisnya berbeda dari saudaranya, Yamaha F1ZR, Touch dan Y125Z.

Punya mesin bertenaga

Mesin itu berkonfigurasi tegak dengan ukuran bore x stroke, 54.0 X 52.0 mm.

Kompresinya dipatok 6.8:1 dengan sokongan karburator Mikuni VM22 SS dan transmisi manual 6-speed.

Istimewanya, tenaga Yamaha Tiara S diklaim mencapai 17 PS di 7.500 rpm dan torsi 15,5 Nm per 7.000 rpm.

Tenaga tersebut lebih besar ketimbang mesin Yamaha MX King 150 yang cuma 15 PS meski bervolume 150 cc.

Baca Juga: Viral, Honda Supra X 125 Helm-in Jadi Sangar Pakai Mesin 500 Cc!

Bisa Jadi Investasi

Meski sudah berusia sekitar 20 tahunan, tapi sama seperti motor-motor CBU di era 2000-an, harga Yamaha Tiara S kini semakin tinggi.

Bahkan lebih mahal dari saat barunya, sehingga bisa menjadi motor investasi dan koleksi.

Jadi incaran kolektor.

Unitnya yang langka membuat harga motor gelap di rentang 20-40 jutaan.

Banderol tersebut melonjak jauh dari kondisi sekennya di tahun 2014 silam yang masih beredar di angka Rp 8-10 juta saja.

Harga bekasnya yang semakin mahal terjadi diperkirakan karena unit yang terbatas dan juga harga Yamaha 125Z yang semakin tinggi.

Lho apa hubungannya? Begini, sebelumnya peminat motor 2-tak banyak yang mengincar Yamaha 125Z.

Namun karena harganya yang tembus Rp 60-80 jutaan saat ini, banyak yang beralih untuk memiliki Yamaha Tiara S.

Yamaha Tiara S, harganya semakin melambung.

Dengan populasi terbatas juga sulit mendapatkan unit dalam kondisi mulus, harga motor ini pun melambung.

Kini termahal sudah ada yang tembus Rp 40 juta, model yang menarik, mesin 2-tak jadul menjadikannya menarik untuk dikoleksi.

Maka tak heran motor tersebut menjadi unit incaran untuk dipakai saat akhir pekan atau sebagai investasi.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Galeri foto Yamaha Lexi LX 155. Warna baru Suzuki Satria F150 FI. Pilihan motor matic murah 2024. Sepanjang pekan lalu, pemberitaan terkait Yamaha Lexi LX 155 masih mendominasi. Motor ini memang mengundang atensi masyarakat karena ada peningkatan kapasitas mesin. Tapi menariknya, pemberitaan soal Suzuki Satria F150 FI model 2024 juga dicari pembaca Autofun.co.id. Apakah ini pertanda masyarakat mulai rindu motor non matic seperti model underbone Suzuki itu? 1. Beda Antar Tipe Yamaha Lexi LX 155 2
Valentino Rossi andil pada tes pramusim WSBK 2024 di Portugal Sederet pembalap MotoGP ikut serta, termasuk Marc Marquez Diantara pembalap World Superbike (WSBK) yang mengikuti tes di Portugal, hadir pula sederet pembalap MotoGP bahkan sang legenda yaitu Valentino Rossi. Entah apa tujuan Rossi andil dalam tes pramusim pertama WSBK kali ini. Yang jelas, ia tampak serius melakoni giat yang berlangsung di Algerve International Circuit ini (29/1/2024). Sebagaimana pula pembalap WSBK lain, si pensiuna
Yamaha Lexi LX 155 unggul akselerasi. Honda Vario 160 punya nafas mesin panjang. Banyak hal positif saat Yamaha Lexi LX 155 diluncurkan pada Januari 2024 ini di Jakarta. Salah satunya adalah soal performa, yang mana motor tersebut kini kapasitas mesinnya membesar. Dari yang sebelumnya hanya 125 cc, kini menjadi 155 cc. Sudah setara Yamaha NMax juga Aerox. Hal ini tentu juga membuat penasaran banyak orang seperti apa akselerasi yang mampu dihasilkan. Terlebih motor ini mengusung mesin Blue Core 1
Dihadiri oleh para pendiri JMO. Diselingi dengan sosialisasi bahaya narkotika. Ada yang spesial di Musyawarah Besar (Mubes) ke 5 Jakarta Max Owners (JMO) tahun 2024 ini. Pasalnya sebagai salah satu Club Max Series pertama di Indonesia, kegiatan tersebut sampai didatangi BNN (Badan Narkotika Nasional) Kota Jakarta Utara! Tenang, kehadiran BNN di Yamaha Flagship Shop DDS, Jalan Cempaka Putih, Jakpus (28/1/2024) yang jadi lokasi acara bukan karena ada yang tertangkap ya. Tapi BNN Kota Jakarta Utara
PT DAM menjual Honda EM1 e: satu paket dengan charger Uang muka kredit Honda EM1 e: mulai Rp4 jutaan PT Daya Adicipta Motora (DAM) meresmikan kehadiran Honda EM1:e di wilayah Jawa Barat (Jabar). Namun, harga yang dipatok lebih mahal ketimbang banderol pemegang merek yaitu PT Astra Honda Motor (AHM). Sebagaimana diumumkan pihak main dealer, harga motor listrik Honda EM1:e di Jabar ditetapkan sebesar Rp45,975 juta untuk EM1 e: dan Rp46,475 juta untuk EM1 e: Plus (on the road Jawa Barat). Padahal o

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor