Banyak hal positif saat Yamaha Lexi LX 155 diluncurkan pada Januari 2024 ini di Jakarta.
Salah satunya adalah soal performa, yang mana motor tersebut kini kapasitas mesinnya membesar.
Dari yang sebelumnya hanya 125 cc, kini menjadi 155 cc. Sudah setara Yamaha NMax juga Aerox.
Hal ini tentu juga membuat penasaran banyak orang seperti apa akselerasi yang mampu dihasilkan.
Terlebih motor ini mengusung mesin Blue Core 155 generasi ketiga, yang punya sejumlah ubahan internal mesin.
Baca juga : Perbandingan Tipe Yamaha Lexi LX 155 dan Honda Vario 160, Selisih Harga dan Fiturnya Tipis!
Kapasitas yang membesar juga ternyata menjadikannya lawan baru untuk Honda Vario 160.
Keduanya sama-sama punya dek rata, sehingga lebih pas untuk penggunaan harian.
Dan tentu saja performa jadi topik hangat warganet soal siapa yang akan unggul, apakah Honda Vario 160 atau justru Yamaha Lexi LX 155.
Kami pun membuktikan keduanya langsung di Sirkuit Sentul dengan jarak 500 meter. Seperti apa?
Unit yang kami coba adalah tipe Standard dengan bobot motor 116 kg, dan status motor milik pribadi.
Sedangkan Honda Vario 160 juga masih gress dengan status milik pribadi, namun tipe ABS yang punya berat 117 kg.
Kemudian rider 1 punya bobot 73 kg dan rider dua punya bobot 71 kg, usai ditambah dumble 6 kg.
Dan pada dua percobaan pertama saat start bersamaan, Yamaha Lexi LX 155 lebih cepat melesat ketimbang lawannya itu.
Baca juga : Foto : Detail Yamaha Lexi LX 155 2024, Cukup Menggoda?
Motor ini punya akselerasi yang kuat karena torsi maksimal 14,2 Nm dicapai pada putaran mesin 6.500 rpm.
Namun memasuki kecepatan menengah, Honda Vario 160 mulai menyusul hingga finish dengan jarak yang tipis.
Rider bertukar posisi dan kembali melakukan start bersamaan, pada start ketiga rider Lexi LX 155 telat membuka gas jadi tak dihitung.
Start keempat, kembali gacoan baru Yamaha melesat lebih dulu sebelum akhirnya tersusul dan ditinggalkan.
Meski demikian, berdasarkan pengukuran Racebox, beda akselerasinya tak terpaut jauh karena secara data keduanya punya performa mesin mirip-mirip.
Data Akselerasi | ||
---|---|---|
Yamaha Lexi LX 155 | Honda Vario 160 | |
0-60 km/jam | 5,17 detik | 4,59 detik |
0-80 km/jam | 9,89 detik | 9,22 detik |
0-100 km/jam | 18,75 detik | 17,37 detik |
0-100 meter | 7,69 detik @72,5km/jam | 7,61 detik @73,8 km/jam |
0-201 meter | 12,24 detik @86 km/jam | 12,05 detik @88 km/jam |
0-402 meter | 19,89 detik @101,4 km/jam | 19,53 detik @103,3 km/jam |
Pada uji akselerasi ini, kami lebih ingin menyampaikan karakter mesin kedua motor ketimbang siapa menang juga kalah.
Yamaha Lexi LX 155 dengan peak tenaga dan torsi pada putaran lebih rendah, mampu melesat lebih cepat.
Respon mesinnya sigap tapi penyalurannya halus, karakter seperti ini cocok untuk jalanan stop & go.
Konsumsi bahan bakar juga akan irit karena tak butuh waktu lama untuk mencapai kecepatan harian yang 60 km/jam.
Baca juga : Honda Vario 160 Punya Jubah Baru, Ini Harganya
Sementara itu Honda Vario 160 dengan mesin over bore, jelas punya nafas yang lebih panjang.
Tak heran pada putaran bawahnya sempat tertinggal, sebelum akhirnya menyusul.
Karakter mesin seperti ini akan menyenangkan dipakai jarak jauh, touring dengan kondisi jalan yang lengang.
Tenaga mesin terus mengisi, enak untuk mendahului kendaraan lain.
Tentunya kembali pada kebutuhan untuk penggunaan, lebih sering dalam kota atau sesekali touring luar kota?
Spesifikasi | ||
---|---|---|
Yamaha Lexi LX 155 | Honda Vario 160 | |
Tipe Mesin | 4 tak, SOHC 4 Katup + VVA, Blue Core | 4 tak, SOHC 4 Katup, eSP+ |
Bore x stroke | 58 x 58,7 mm | 60 x 55,5 mm |
Volume silinder | 155,09 cc | 156,9 cc |
Rasio kompresi | 11,6:1 | 12 : 1 |
Tenaga maksimal | 15,3 ps @8.000 rpm | 15,4 ps @8.500 rpm |
Torsi maksimal | 14,2 Nm @6.500 rpm | 13,8 Nm @7.000 rpm |
Sistem starter | Electric starter | Electric starter |
Tipe rangka | Underbone | Underbone - eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) |
Suspensi depan | Teleskopik | Teleskopik |
Suspensi belakang | Suspensi tunggal | Suspensi tunggal |
Ban depan | 90/90-14M/C 46P | 100/80 - 14M/C Tubeless |
Ban belakang | 100/90-14M/C 57P | 120/70 - 14M/C Tubeless |
Rem depan | Cakram hidrolik, piston tunggal | Cakram hidrolik, piston tunggal |
Rem belakang | Tromol | Tromol (CBS) |
- | Cakram Hidrolik (ABS) | |
P x L x T | 1.970 x 720 x 1.135 mm | 1.929 x 679 x 1.088 mm |
Jarak sumbu roda | 1.350 mm | 1.277 mm |
Jarak terendah ke tanah | 135 mm | 140 mm |
Tinggi tempat duduk | 770 mm | 778 mm |
Berat isi | Standard 116 kg | CBS 115 kg |
S Version 117 kg | ABS 117 kg | |
Connected/ABS: 118 kg | - | |
Kapasitas Tangki Bensin | 4,2 liter | 5,5 liter |