Setelah ditunggu-tunggu lama, akhirnya Yamaha Lexi mendapatkan pembaharuan dan membuat namanya berubah menjadi Yamaha Lexi LX 155.
Motor ini langsung digadang-gadang menjadi lawan berat dari Honda Vario 160.
Cukup setuju karena selain kapasitas mesin yang menjadi 155 cc set up harga yang dilakukan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga cukup mepet.
Jika melansir dari kedua website resminya, Honda Vario 160 dibanderol mulai dari Rp 26.639-29.513 juta OTR Jakarta dalam 3 pilih tipe.
Untuk Yamaha Lexi LX 155 mulai dari Rp 25.350-29.900 juta OTR Jakarta yang juga hadir dalam 3 tipe.
Kalau begitu langsung saja kita bandingkan kedua matic ini menurut data spesifikasinya ya!
Pertama kita bandingkan dulu dari spesifikasi mesin yang ternyata keduanya terpaut tipis.
Yamaha Lexi LX 155 pakai mesin turunan dari Aerox 155 tapi dengan sedikit improvement biar lebih halus, minim getaran, juga menaikan torsi maksimal.
Baca juga: Top 5 : Yamaha Lexi LX 155 2024; Motor Listrik Murah dari Polytron
Beberapa ubahannya seperti profil camshaft baru, tensioner adjuster model hidrolik sehingga butuh jalur oli baru pada crankcase dan blok silinder, serta ada perubahan rasio gearbox.
Lalu tipe mesinnya pakai SOHC, 4 katup dengan VVA, Blue Core, dan tentu saja berpendingin cairan menggunakan radiator di sisi kanan mesin.
Diameter piston pakai 58 mm dengan panjang langkah 58,7 mm membuat kapasitas murninya 155,09 cc.
Klaim tenaga maksimal mesin yang punya rasio kompresi 11,6:1 ini mencapai 15,3 ps pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 14,2 Nm di 6.500 rpm.
Kalau Honda Vario 160 pakai tipe mesin SOHC 4 katup, eSP+, dan juga pendingin cairan menggunakan radiator yang berada di sisi kanan mesin.
Mesin ini punya bore 60 mm dengan panjang langkah 55,5 mm dan perbandingan kompresi 12:1, itu berarti kapasitas murni mesin ini berada di angka 156,9 cc.
Baca juga: Foto : Detail Yamaha Lexi LX 155 2024, Cukup Menggoda?
Untuk klaim tenaga maksimalnya matic ini mencapai 15,4 ps di 8.500 rpm dan torsi maksimal 13,8 Nm pada 7.000 rpm.
Dari data tersebut bisa dikatakan kalau Vario 160 dengan konfigurasi overstroke bisa mencapai tenaga maksimal dan torsi maksimal di rpm yang lebih tinggi, klaim tenaga maksimalnya juga 0,1 hp lebih besar.
Tapi kalau melihat torsi maksimalnya, Lexi LX 155 yang rasio kompresinya lebih kecil ternyata punya klaim torsi lebih besar 0,4 Nm saat dibandingkan dengan Vario 160.
Berikutnya kita melihat spesifikasi dimensi dari kedua matic ini, sekilas mata melihat pun bisa menyimpulkan kalau Lexi LX 155 terkesan sedikit lebih panjang.
Bahkan juga lebih lebar dibanding Vario 160 walaupun tidak terlalu banyak selisihnya.
Baca juga: Tekiro Adakan Lagi Kompetisi SMK Otomotif Terbesar, Pendaftaran Gratis!
Tentu saja itu karena turunan aura dari Maxi Yamaha lainnya, matic ini memiliki panjang 1.970 mm dengan lebar 720 mm dan tinggi 1.135 mm.
Jarak sumbu rodanya mencapai 1.350 mm dengan jarak terendah ke tanah 135 mm.
Sedangkan Vario 160 punya panjang 1.970 mm, lebar 679 mm, dan tinggi 1.088 mm, jarak sumbu rodanya 1.277 mm dengan jarak terendah ke tanah 140 mm.
Dari segi dimensi benar saja kalau Lexi LX 155 sedikit lebih gambot, sedangkan jarak sumbu roda lebih pendek dan ground clearance lebih tinggi untuk Vario 160.
Meski begitu ternyata Lexi LX 155 punya improve di joknya yang kini lebih rendah yaitu 770 mm, bahkan ini lebih rendah 8 mm dibanding Vario 160 yang punya tinggi jok 778 mm.
Baca juga: Beda Tiga Tipe Yamaha Lexi LX 155 2024, Mana yang Pas Buat Kalian?
Untuk urusan kapasitas di bawah jok rasanya Lexi LX 155 masih kalah dengan Vario 160 yang punya kapasitas bagasi 18 liter dengan tangki bensin 5,5 liter.
Pasalnya tidak banyak peningkatan pada Lexi LX 155 di sektor ini, terlihat ada sedikit tonjolan di lantai bagasi.
Yang berarti bagasinya menjadi sedikit lebih dalam tapi tetap dirasa kurang, apalagi kapasitas tangki bensin tetap 4,2 liter.
Membahas soal dimensi tentu ujung-ujungnya adalah bobot, Lexi terbaru ini mengalami kenaikan bobot jika dibandingkan versi lawasnya.
Untuk tipe Standard kini berat isinya 116 kg, lalu S Version 117 kg, dan tipe Connected/ABS 118 kg.
Naiknya bobot Lexi LX 155 ternyata membuatnya makin mendekati berat isi dari Vario 160 bahkan sedikit lebih berat.
Yang mana berat pada tipe CBS hanya 115 kg dan pada tipe ABS 117 kg.
Meski secara dimensi dan bobot Lexi LX 155 ini mengalami kenaikan, tapi ternyata dari sektor kaki-kaki tidak ada perubahan.
Bahkan dari spesifikasi lebar pelek dan bannya masih lebih gambot milik Vario 160 nih.
Baca juga: Ragam Matic 110 Cc Honda, Ada yang Tembus Rp 20 Jutaan!
Yamaha Lexi LX 155 pakai lebar pelek 1,85 inci dengan ban 90/90-14 di depan dan lebar pelek 2.15 inci menggunakan ban 100/90-14 untuk belakang.
Sedangkan Honda Vario 160 punya lebar pelek depan 2,15 inci dengan ban 100/80-14 dan belakang lebar 3,5 inci beserta ban 120/70-14.
Di sektor pengereman gacoan Yamaha juga tidak ada ubahan, baik tipe ABS dan non ABS.
Dilengkapi cakram dengan kaliper 1 piston di depan dan rem tipe tromol di belakang dengan fitur parking brake lock.
Kalau Honda Vario 160 pada tipe CBS dilengkapi parking brake lock tapi dengan tipe rem belakang tromol, di tipe ABS matic ini sudah menggunakan cakram di kedua pengeremannya.
Jadi lebih suka yang mana nih?
Spesifikasi | ||
---|---|---|
Yamaha Lexi LX 155 | Honda Vario 160 | |
Tipe Mesin | 4 tak, SOHC 4 Katup + VVA, Blue Core | 4 tak, SOHC 4 Katup, eSP+ |
Bore x stroke | 58 x 58,7 mm | 60 x 55,5 mm |
Volume silinder | 155,09 cc | 156,9 cc |
Rasio kompresi | 11,6:1 | 12 : 1 |
Tenaga maksimal | 15,3 ps @8.000 rpm | 15,4 ps @8.500 rpm |
Torsi maksimal | 14,2 Nm @6.500 rpm | 13,8 Nm @7.000 rpm |
Sistem starter | Electric starter | Electric starter |
Tipe rangka | Underbone | Underbone - eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) |
Suspensi depan | Teleskopik | Teleskopik |
Suspensi belakang | Suspensi tunggal | Suspensi tunggal |
Ban depan | 90/90-14M/C 46P | 100/80 - 14M/C Tubeless |
Ban belakang | 100/90-14M/C 57P | 120/70 - 14M/C Tubeless |
Rem depan | Cakram hidrolik, piston tunggal | Cakram hidrolik, piston tunggal |
Rem belakang | Tromol | Tromol (CBS) |
- | Cakram Hidrolik (ABS) | |
P x L x T | 1.970 x 720 x 1.135 mm | 1.929 x 679 x 1.088 mm |
Jarak sumbu roda | 1.350 mm | 1.277 mm |
Jarak terendah ke tanah | 135 mm | 140 mm |
Tinggi tempat duduk | 770 mm | 778 mm |
Berat isi | Standard 116 kg | CBS 115 kg |
S Version 117 kg | ABS 117 kg | |
Connected/ABS: 118 kg | - | |
Kapasitas Tangki Bensin | 4,2 liter | 5,5 liter |