Cek Empat Perbedaan Kawasaki KLX150 MY 2024 dan Versi Lamanya

Perbandingan Kawasaki KLX150 standar lama (kiri) dan MY 2024 (kanan)
  • Desain bodi ikut berubah.
  • Nama di line up ada yang berbeda.

Lewat ajang Kawasaki Bike Week (KBW) 2023 di Ancol akhir pekan lalu, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) resmi merilis varian trail baru mereka, Kawasaki KLX150 Series Model Year (MY) 2024. Ada sejumlah perbedaan yang terlihat di model baru ini.

Mulai dari area bodi yang langsung bisa terlihat mata, lalu fitur-fitur anyar yang tersemat. Hingga pemilihan nama yang ikut berubah. Autofun coba merangkum empat perbedaannya. Apa saja?

Baca Juga: Kawasaki KLX 150 Terbaru Dikenalkan, Mesin Berubah Jadi Injeksi?

1. Penamaan Tipe Berubah

Sebelum membahas perbedaan yang 'berat-berat' salah satu ubahan ringan di Kawasaki KLX150 MY 2024 adalah di penamaan tipenya. Sebelumnya ada empat model yang ditawarkan, diantaranya tipe standar, lalu KLX150L, KLX150 BF dan KLX150 BF SE.

Nama varian baru berbeda

Perbedaan keempatnya ada di detail kaki-kaki dan warna bodinya saja. Misalnya Kawasaki KLX150 standar jadi varian paling dasar dengan kombinasi ban 19 inci di depan dan 16 inci di belakang. Suspensi depannya masih bertipe teleskopik.

Lalu ada Kawasaki KLX150L dengan kombinasi ban 21 inci di depan dan 18 inci di belakang. Tapi suspensinya masih bertipe teleskopik.

Sedangkan varian tertinggi adalah KLX150 BF dan KLX150 BF SE. Keduanya punya ban berukuran 21 inci di depan dan 18 inci di belakang. Tapi suspensi depannya sudah up side down. 

Khusus pada model KLX150 BF SE ditambahkan tabung up side down berkelir emas. Serta enam pilihan warna bodi dengan grafis yang menyolok mata.

Sementara pada Kawasaki KLX150 MY 2024, hanya tersisa tiga tipe. Itu pun menyisakan nama KLX150 standar saja yang bertahan dari model lamanya. Jenama KLX150 L dan KLX150 BF sudah tak lagi tersedia. Kini variannya digantikan KLX150 S dan KLX150 SE.

Menariknya, KLX150 standar tidak lagi jadi varian terendah. Karena tipe termurah di KLX150 MY 2024 kini disematkan pada KLX150 S. Model ini masih mengusung suspensi depan teleskopik.

Sementara KLX150 standar dan KLX150 SE sudah menghadirkan suspensi depan up side down 35 mm dan kombinasi ban 21 inci di depan dan 18 inci di belakang. Sementara KLX150 SE ditambahkan tabung up side down emas dan grafis kontras.

Baca Juga: Kawasaki Bike Week 2023 Sukses Suguhkan Beragam Hiburan dan Kejutan

2. Perbedaan Bodi

Meski tak terlihat frontal, namun Kawasaki KLX150 MY 2024 punya perbedaan dari segi bodi dibanding tipe lamanya. Hal ini bisa langsung terlihat pada bagian batok lampunya yang kini mirip KLX230 Series.

Selain itu, desain sepakbor depan dan belakang pun tampak berbeda dengan lekuk khas motocross. Kemudian di side panel yang berada di bodi belakangnya pun berubah menjadi lebih lebar.

3. Fitur Lebih Modern

Beralih ke sisi fitur, Kawasaki KLX150 MY 2024 sudah dilengkapi dengan panel spidometer digital. Selain itu, di bagian headlamp bukan hanya berubah di bentuk batoknya saja, tapi kini mengusung LED seperti varian KLX230.

Headlamp LED

Fitur lain di sisi detail yang cukup fungsional adalah bagian footstep pengendara yang tak lagi memakai tipe karet seperti dulu. Sebagai gantinya ada footstep bergerigi seperti motocross di bagian tersebut.

4. Harga Berbeda

Di edisi sebelumnya, harga Kawasaki KLX150 paling murah didapuk oleh tipe standar dengan Rp 32,3 juta. Lalu Kawasaki KLX150L sebagai tipe menengah dengan Rp 33 juta.

Lalu ada Kawasaki KLX150BF Rp 36,1 juta dan Kawasaki KLX150BF SE Rp 38,7 juta. Keduanya punya perbedaan di warna bodi saja.

Sedangkan saat ini, Kawasaki KLX150 S jadi yang paling murah dengan harga Rp 32,9 juta. Lalu untuk KLX150 dibanderol dengan harga Rp 36,5 juta. Serta KLX150 SE yang dilepass Rp 39,5 juta.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Kawasaki KLX 150
Lihat