Lewat ajang Kawasaki Bike Week (KBW) 2023 di Ancol akhir pekan lalu, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) resmi merilis varian trail baru mereka, Kawasaki KLX150 Series Model Year (MY) 2024. Ada sejumlah perbedaan yang terlihat di model baru ini.
Mulai dari area bodi yang langsung bisa terlihat mata, lalu fitur-fitur anyar yang tersemat. Hingga pemilihan nama yang ikut berubah. Autofun coba merangkum empat perbedaannya. Apa saja?
Baca Juga: Kawasaki KLX 150 Terbaru Dikenalkan, Mesin Berubah Jadi Injeksi?
Sebelum membahas perbedaan yang 'berat-berat' salah satu ubahan ringan di Kawasaki KLX150 MY 2024 adalah di penamaan tipenya. Sebelumnya ada empat model yang ditawarkan, diantaranya tipe standar, lalu KLX150L, KLX150 BF dan KLX150 BF SE.
Perbedaan keempatnya ada di detail kaki-kaki dan warna bodinya saja. Misalnya Kawasaki KLX150 standar jadi varian paling dasar dengan kombinasi ban 19 inci di depan dan 16 inci di belakang. Suspensi depannya masih bertipe teleskopik.
Lalu ada Kawasaki KLX150L dengan kombinasi ban 21 inci di depan dan 18 inci di belakang. Tapi suspensinya masih bertipe teleskopik.
Sedangkan varian tertinggi adalah KLX150 BF dan KLX150 BF SE. Keduanya punya ban berukuran 21 inci di depan dan 18 inci di belakang. Tapi suspensi depannya sudah up side down.
Khusus pada model KLX150 BF SE ditambahkan tabung up side down berkelir emas. Serta enam pilihan warna bodi dengan grafis yang menyolok mata.
Sementara pada Kawasaki KLX150 MY 2024, hanya tersisa tiga tipe. Itu pun menyisakan nama KLX150 standar saja yang bertahan dari model lamanya. Jenama KLX150 L dan KLX150 BF sudah tak lagi tersedia. Kini variannya digantikan KLX150 S dan KLX150 SE.
Menariknya, KLX150 standar tidak lagi jadi varian terendah. Karena tipe termurah di KLX150 MY 2024 kini disematkan pada KLX150 S. Model ini masih mengusung suspensi depan teleskopik.
Sementara KLX150 standar dan KLX150 SE sudah menghadirkan suspensi depan up side down 35 mm dan kombinasi ban 21 inci di depan dan 18 inci di belakang. Sementara KLX150 SE ditambahkan tabung up side down emas dan grafis kontras.
Baca Juga: Kawasaki Bike Week 2023 Sukses Suguhkan Beragam Hiburan dan Kejutan
Meski tak terlihat frontal, namun Kawasaki KLX150 MY 2024 punya perbedaan dari segi bodi dibanding tipe lamanya. Hal ini bisa langsung terlihat pada bagian batok lampunya yang kini mirip KLX230 Series.
Selain itu, desain sepakbor depan dan belakang pun tampak berbeda dengan lekuk khas motocross. Kemudian di side panel yang berada di bodi belakangnya pun berubah menjadi lebih lebar.
Beralih ke sisi fitur, Kawasaki KLX150 MY 2024 sudah dilengkapi dengan panel spidometer digital. Selain itu, di bagian headlamp bukan hanya berubah di bentuk batoknya saja, tapi kini mengusung LED seperti varian KLX230.
Fitur lain di sisi detail yang cukup fungsional adalah bagian footstep pengendara yang tak lagi memakai tipe karet seperti dulu. Sebagai gantinya ada footstep bergerigi seperti motocross di bagian tersebut.
Di edisi sebelumnya, harga Kawasaki KLX150 paling murah didapuk oleh tipe standar dengan Rp 32,3 juta. Lalu Kawasaki KLX150L sebagai tipe menengah dengan Rp 33 juta.
Lalu ada Kawasaki KLX150BF Rp 36,1 juta dan Kawasaki KLX150BF SE Rp 38,7 juta. Keduanya punya perbedaan di warna bodi saja.
Sedangkan saat ini, Kawasaki KLX150 S jadi yang paling murah dengan harga Rp 32,9 juta. Lalu untuk KLX150 dibanderol dengan harga Rp 36,5 juta. Serta KLX150 SE yang dilepass Rp 39,5 juta.