Salah satu motor yang dikenal nyaman untuk perjalanan jarak jauh adalah Honda ADV 160 2023. Apalagi motor ini sudah dibekali mesin eSP+ generasi terbaru yang membuatnya lebih bertenaga.
Beberapa kali tim Autofun.co.id sudah melakukan perjalanan touring menggunakan motor tersebut. Misalnya melintasi jalur Puncak 2 dan terakhir menuju Purwokerto, melintasi gunung Lio.
Kondisi jalan yang dilintasi tentu beragam, dari tanjakan, turunan, aspal mulus, lubang hingga gravel dan bebatuan. Namun disetiap video touring menggunakan motor ini selalu ada yang bertanya.
"Honda ADV 160 ini buat touring gampang Mentok gak ya?" Nah, supaya gak penasaran, simak dulu deh fakta-faktanya berikut ini.
Baca juga : Mendarat di Thailand, Harga Honda ADV 160 2023 Tembus Rp 43 Jutaan!
Yang harus dipahami dulu yakni dimensi dari motor, dengan ukuran 1.950 x 763 x 1.196 mm (PxLxT), motor ini jelas terasa agak besar. Salah satu kelebihannya yaitu punya ruang bagasi yang luas di balik joknya.
Kemudian jarak sumbu rodanya 1.324 mm dan jarak terendah ke tanah yakni 165 mm. Nah, jarak terendah inilah yang menjadi patokan seberapa jauh Honda ADV 160 bisa melintasi beragam kondisi jalan tanpa mentok bagian bawahnya.
Kemungkinan karena ada beberapa kasus crankcase mesin pecah pada Honda PCX 160, yang punya basis mesin serupa. Tapi perlu diingat, Honda PCX 160 jarak terendahnya 135 mm.
Ada selisih 30 mm atau 3 cm yang lumayan signifikan. Perbedan itu tentu karena Honda PCX 160 lebih diperuntukan untuk jalan-jalan perkotaan, yang cenderung rata dan mulus.
Baca juga : Karakter Suspensi Honda ADV 160 2022 Berubah, Makin Nyaman Buat Touring?
Peralihan mesin dari 150 cc eSP menjadi 160 cc eSP+ faktanya memiliki konstruksi yang berbeda. Pada mesin generasi terbaru itu, dudukan mesin alias engine mounting berada di atas.
Alhasil bagian bawah mesin yang disebut rawan mentok, tak terlindungi oleh engine mounting tadi. Harus diakui, hal ini pula yang jadi kekhawatiran orang terhadap mesin yang digunakan oleh Honda ADV 160.
Tapi sebagai antisipasi, bisa kok kalian menambahkan pelindung kolong mesin supaya merasa lebih aman. Pelindung berbahan pelat ini sudah banyak dijual di toko online.
Pada saat touring menggunakan motor ini, kami sengaja melewati lubang jalan yang cukup dalam, dengan cepat. Alhasil beberapa kali terdengar suara benturan bagian motor dengan aspal.
Baca juga : Merasakan Touring ke Pegunungan Pakai Honda ADV 160 2022, Beneran Gampang Mentok?
Mesin mentok? Ternyata tidak, mesin Honda ADV 160 masih aman. Tak ada bekas benturan pada area kolong mesin atau crankcase, yang bisa menyebabkan pecah jika terbentur keras.
Dan setelah dicari tahu, penyebab suara benturan tadi adalah ujung standar tengah, yang posisinya memang sangat rendah. Jadi kesimpulannya tak perlu khawatir touring pakai Honda ADV 160 ya!