Jangan Langsung Ngegas, Sebelum Pergi Mudik Cek Dulu Komponen Ini!

Ilustrasi mudik dengan sepeda motor
  • Perhatikan komponen mesin hingga kaki-kaki.
  • Ada baiknya oli mesin dalam kondisi baru.
  • Jangan biarkan kampas rem tipis.

Bersiap mudik pakai motor? Eits, jangan langsung ngegas, sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya mempersiapkan segala hal terlebih dulu agar tidak ada masalah selama perjalanan menuju kampung halaman.

Persiapan bisa dimulai dengan menjaga kondisi tubuh juga memastikan kondisi sepeda motor yang akan digunakan dalam kondisi prima. Karena itu ada beberapa hal yang perlu dicek sebelum mudik menggunakan sepeda motor.

Mesin

Hal pertama yang perlu dicek tentu saja kondisi mesin sebagai jantung penggerak dari sepeda motor. Pengecekan ini bisa dimulai dari kondisi filter udara, jika sudah dirasa kotor dan berumur di atas 10.000 km ada baiknya melakukan penggantian.

Baca juga: Pilihan Matic Kompak Bekas Dengan Bagasi Luas, Mulai Rp 4 Jutaan Nih!

Filter udara yang sudah terlampau kotor ada baiknya diganti

Berikutnya melihat kondisi busi sebagai pematik api di ruang bakar, umurnya ada di kisaran 8.000-15.000 km. Jika di atas itu maka busi tidak bisa menghasilkan pembakaran yang sempurna, akibatnya membuat performa mesin menurun dan konsumsi bahan bakar kurang efisien.

Selanjutnya tentu saja memeriksa kondisi oli yang tugasnya cukup krusial. Namun rasanya tidak cukup hanya diperiksa, ada baiknya oli mesin dalam keadaan baru saat motor ingin digunakan dalam perjalanan jauh.

CVT

Untuk motor tipe matic ada pengecekan ekstra, yaitu di area CVT sebagai transmisi dan penerus tenaga mesin ke roda belakang. Di sini banyak sekali komponen penting yang bisa diperiksa.

Baca juga: Begini Tampang Baru Suzuki Gixxer SF 250 2023, Apa yang Beda?

Pastikan kondisi roller tidak peang

Pertama bisa memeriksa kondisi V-belt yang punya umur pakai 20.000-25.000 km. Secara fisik bisa dilihat apa ada keretakan di celah geriginya, kemudian bisa memeriksa lebar V-belt sudah seberapa tipis menggunakan alat ukur.

Kemudian periksa area pulley depan. Meliputi kondisi pulley, jalur rumah roller, hingga roller itu sendiri. Pastikan roller tidak ada peyang, jalur rumah roller tidak tergerus, dan kondisi dinding pulley tidak ada perubahan derajat.

Di sisi belakang pengecekan bisa melihat kondisi ketebalan kampas kopling tersebut, jangan sampai terlalu banyak tenaga selip akibat kampas kopling tipis. Periksa juga mangkok kampas kopling, oli gearbox, dan terakhir beli grease pada as pulley.

Gir dan Rantai

Motor tipe manual bisa melihat kondisi gir depan, gir belakang, dan rantai sebagai penerus tenaga ke roda belakang. Paling mudah melihat kondisi gir, sudah terlalu lancip atau belum.

Baca juga: Green Tech Bikin Motor Listrik Bareng Institut Teknologi PLN

Gir yang lancip bikin rantai cepat putus

Kemudian bisa dengan memutar roda, jika rantai terlihat kendur dan kencang berarti gir sudah mulai terkikis dengan tidak rata. Rantai yang kering perlu dilumasi, namun jika sudah terlalu banyak celah hingga oblak maka perlu ada penggantian.

Ban

Pengecekan ban bisa dimulai dengan melihat ketebalannya. Tiap ban pasti dilengkapi dengan indikator ketebalan ban, pastikan masih memiliki ketebalan yang cukup agar ban memiliki daya cengkeraman baik terutama di kondisi hujan.

Bisa juga memeriksa tahun produksi ban tersebut. Jika sudah di atas 5 tahun ada baiknya melakukan pergantian, ini karena umumnya kondisi karet pada ban di umur tersebut sudah mulai keras sehingga cengkeraman rendah dan terasa licin.

Periksa indikator ketebalan ban

Rem

Sektor pengereman juga tidak kalah penting, karena sangat berperan dalam keselamatan pengendaranya. Pengecekannya bisa dimulai dengan melihat volume minyak rem, lalu melihat ada kebocoran pada slang rem atau tidak.

Kemudian tentu saja melihat ketebalan kampas rem, pastikan kampas rem tebal untuk menghindari rem blong. Rem tipe cakram bisa melihat ketebalan kampas rem dengan cara diintip. 

Beberapa tipe kaliper juga sudah dilengkapi dengan plat indikator kampas rem yang akan bergesekan dengan cakram ketika kampas tipis, dengan begitu akan menimbulkan suara bergesekan sebagai tanda waktunya penggantian kampas rem.

Baca juga: Pasar Tumpah, Diprediksi Jadi Titik Macet Jalur Mudik Utara Jawa

Setel jarak main dan lihat indikator ketebalan kampas rem

Untuk rem tipe tromol akan lebih mudah, karena ada panah sebagai indikator ketebalan kampas rem pada dinding tromol. Jika setelan jarak main rem makin dalam, maka menandakan kalau kampas rem semakin tipis.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor