Kawasaki D-Tracker (Spesifikasi | Berita) 150 lahir sebagai motor supermoto, cirinya tentu memiliki desain ala motor trail namun menggunakan lingkar roda dengan ban on road serta cakram depan besar.
Meski sudah memiliki tampilan kece dari lahir, tapi ternyata ini kurang memuaskan untuk Yahya Hadianto. Untuk itu dirinya memodifikasi D-Tracker kesayangannya agar sesuai dengan keinginannya.
“Cuma pengen terlihat lebih simple dan padat aja looksnya,” sebut Yagil panggilan akrabnya. Modifikasi pun dimulai dengan mengganti swing arm dengan yang lebih panjang 5 cm dan bisa memuat ban yang lebih lebar.
Untuk itu lebar pelek dan ban turut ditingkatkan. Menggunakan pelek depan lebar 3 inci dengan ban Maxxis 120/70-17 dan belakang lebar pelek 4,5 inci berbalut ban Maxxis Extramaxx 160/60-17.
Baca juga: Berasa Nyicil Mobil, Kredit Kawasaki Ninja ZX-4RR Perbulan Harus Setor Rp 8 Jutaan!
Agar bisa terpasang dengan benar tanpa mentok sedikit pun, ternyata perlu ada penyesuaian saat perakitan roda ini. “Harus ada penyesuaian di jari-jari, harus tahu di mana titik center yang tepat.”
“Jadinya ban gak ada bergesekan dengan swing arm atau rantai. Habis itu gir belakang dipasang spacer, karena tromol orisinal D-Tracker itu gak lebar. Terakhir gir depan pakai model gendong atau cekung,” sebut Lerry Rahmat Rizky dari Caos Custom Bike yang menggarap kaki-kakinya.
Untuk mengimbangi kaki-kaki yang sudah lebar dan besar, suspensi depan sedikit di-custom agar tidak terlihat bantat. Caranya dengan mengubah komponen pada suspensi depan orisinal.
“Ditinggiin kurang lebih 4 cm, ini sudah maksimal dan paling aman. Sisa as shock di dalem tabung shock ini masih banyak, jadi tetap aman dan kuat. Kalau lebih tinggi dari ini pasti gak benar, banyak kasus bagian bawah tabung shock pada rusak sampe patah,” wanti Lerry yang bengkelnya ada di bilangan Pancoran, Jaksel ini.
Setelah itu ada modifikasi di beberapa bagian. Seperti penggantian setang fatbar menggunakan ProTaper Fuzion yang lebih tebal juga lebar, footstep Expedition, dan perseneling Scarlet Racing
Baca juga: Diundi Untuk 15 Orang, Kemana Sisa Kawasaki Ninja ZX-4RR?
Terakhir sebagai finishing ada permainan warna yang dilakukan. Seperti menggunakan 2 warna pada pelek dan decal baru dengan dominasi warna putih dan hitam.
“Selama modifikasi gak ada kesulitan, karena kebanyakan cari yang PNP aja. Kalau warna putih hitam emang ikutin warna di STNK. Pilih warna hijau karena lebih pengen keliatan aja, akhirnya pilih hijau Stabillo,” tutup Yagil yang kerap kumpul bersama komunitas Kracker BKT alias Brother Kracker Timur ini.
Keren bro!
Caos Custom Bike: 0817-0089-400
Data Modifikasi Kawasaki D-Tracker 150 | ||
---|---|---|
Swing arm | Scarlet Racing | |
Pelek depan | 3.00 x 17 inci | |
Pelek belakang | 4.50 x 17 inci | |
Ban depan | Maxxis Extramaxx 120/70-17 | |
Ban belakang | Maxxis Extramaxx 160/60-17 | |
Setang | ProTaper Fuzion | |
Gir belakang | Expedition | |
Footstep | Expedition | |
Perseneling | Scarlet Racing | |
Knalpot | CMS1 |