Motor listrik Musashi terlihat seliweran di pameran PEVS 2023 lalu, padahal selama ini brand tersebut dikenal sebagai produsen komponen OEM, atau pemasok komponen pabrikan motor.
Penggunanya dari pabrikan Jepang, seperti Honda dan Suzuki dan beberapa produk yang dihasilkan Musashi berupa komponen kopling dan jeroan mesin lainnya.
Dan ya, ternyata melalui PT Musashi Auto Parts Indonesia, mereka mulai mengembangkan sistem penggerak motor listrik, jadi bukan motor secara utuh.
Karena produk Musashi ini berupa konverter kit berjuluk Musashi e-Axle Unit for 2W Scooter.
Tipenya juga bukan model hub wheels atau yang tertanam di tromol roda belakang seperti merek Bosch.
Karena Musashi e-Axle Unit for 2W Scooter ini model girboks yang posisinya ada di sisi kiri motor matic.
Di mana letaknya menggantikan blok CVT yang bisa dipasang dengan pelek bawaannya.
Baca Juga: Ada Penerus Honda Spacy Berpenggerak Listrik di PEVS 2023, Bakal Diproduksi?
Yantono Simamora, Sales Marketing Musashi menjelaskan jika Musashi e-Axle Unit for 2W Scooter saat ini masih tahap prototipe.
Tak heran jika motor listrik tersebut dibenamkan pada Honda Lead 125 yang bawaannya bermesin bensin 125 cc eSP+ dan motornya pun tak dijual di Indonesia.
"Pengembangan motor listrik ini langsung dilakukan prinsipal Musashi di Jepang, sehingga model yang dipakai merupakan motor yang tersedia di sana," katanya.
Paket konverter kit tersebut terdiri dari dua peranti utama, diantaranya PCU (Power Control Unit) atau controller.
Lalu EV Motor Assembly bertipe girboks sebagai motor listrik yang sudah tertanam di lengan ayun khususnya.
Konverter kit ini kompatibel untuk skuter matic dengan ban 10, 12 dan 14 inci sehingga bisa dipasang untuk banyak motor.
Penyesuaian cukup dilakukan pada desain lengan ayunnya saja. Tak perlu modifikasi lanjutan pada PCU dan girboksnya.
Baca Juga: Motor Listrik Kymco iONEX Tampil Menggoda, Berapa Harganya?
Meski konversi, namun sistem penggerak listrik ini dirancang dengan performa setara motor bermesin bensin 125 cc.
Tenaganya mencapai 4,2 kW dengan torsi maksimum 154 Nm di 247 rpm!
Torsinya bahkan mengalahkan superbike Kawasaki Ninja ZX-10R yang cuma 114,9 Nm dan motor listrik memang punya ciri di torsi yang galak.
Dari segi performa, top speed Musashi e-Axle Unit for 2W Scooter diklaim mencapai 80 km dengan akselerasi 0-60 km/jam dalam 9,2 detik.
Selain itu, sistem ini mampu menanjak di kemiringan 17 derajat tanpa perlu ancang-ancang.
Sayangnya konverter kit yang punya estimasi harga Rp 7 jutaan ini belum disertai baterai dan masih harus beli terpisah.
Tapi pada unit versi prototipe ini, Musashi mengusung baterai tipe 48 volt dengan kemampuan jarak tempuh 58-60 km, dengan kecepatan 30 km/jam.
Menarik nih!