Big bike Honda XL750 Transalp 2023 jadi model moge terbaru bergenre adventure yang dikenalkan PT Astra Honda Motor (AHM) untuk pasar Indonesia.
kehadirannya mengisi celah antara Honda CB500X dan Honda CRF1100L Africa Twin, yang juga sama-sama bergenre adventure.
Ya demam motor adventure memang tengah menjangkit Indonesia, peminatnya pun terus tumbuh subur, begitu pula dengan komunitasnya.
Dilepas dengan banderol Rp 330,5 juta on the road Jakarta, Honda XL750 Translap terlihat menarik dan menggoda untuk dimiliki.
Tapi sebelumnya, ketahui dulu fakta menarik dari motor ini, supaya lebih paham. Apa saja faktanya?
Mungkin konsumen di Indonesia baru mendengar nama Honda XL750 Translap, padahal nama Transalp sendiri sudah dipakai, sejak tahun 1986.
Pada tahun tersebut muncul motor adventure yang bernama Honda XL600V, yang mengusung mesin v-twin.
Nama Transalp sendiri memiliki arti melintasi pegunungan yang tinggi seperti pegunungan Alpen di Eropa.
Dengan mengusung konsep All-Rounder Adventure Touring Bike, model ini memberikan kenyamanan saat dikendarai di berbagai kondisi.
Baca juga : Honda XL750 Transalp 2023, Moge Adventure Terbaru yang Menggiurkan
Bukan hanya saat melintasi jalan raya namun dalam menghadapi jalur pegunungan hingga jalanan tidak beraspal.
Transalp menjadi motor dual purpose pertama Honda yang dikembangkan dengan daya jelajah berskala besar, serta miliki bodi fairing dengan gaya desain bodi tangguh.
Tentu banyak yang penasaran, basis mesin apa yang dipakai untuk Honda XL750 Transalp ini, karena bukan pakai basis Honda CB500 Series.
Menurut Sarwono Edhi, Tehcnical Service AHM, basis mesin yang dipakai dari Honda CB750 Hornet, yang juga belum lama rilis untuk pasar global.
Tapi tentunya ada perubahan setingan mesin pada ECM dan perangkat elektronik lain, menyesuaikan dengan peruntukan motor.
Mesinnya sendiri berkapasitas 750 cc, 2 silinder inline dengan keluaran tenaga 91,7 PS di 9.500 rpm dan torsi puncak mencapai 75 Nm per 7.250 rpm.
Apa itu firing order? Firing order adalah urutan pembakaran pada mesin yang memiliki lebih dari satu piston.
Ini artinya, gerak pistonnya tidak bersamaan, begitu pula waktu pembakaran pada tiap pistonnya berbeda.
Nah, Honda XL750 Translap sendiri menggunakan firing order 270 derajat yang memang sedang banyak dipakai oleh pabrikan motor belakangan ini.
Dengan firing order 270 derajat, maka pergerakan satu piston sudah mencapai TMA (titik mati atas) sementara satu pistonnya sedang menuju TMA.
Berbeda dengan mesin 2 silinder firing order 180 derajat seperti Honda CBR250RR (Spesifikasi | Berita) misalnya, yang posisi pistonnya berlawanan, satu di TMA satu di TMB (titik mati bawah).
Itulah kenapa mesin 2 silinder dengan firing order 270 derajat punya suara yang khas dan merdu.
Fitur penunjang berkendara di Honda XL750 Transalp pun beragam, seperti 5 pilihan riding mode yakni mode Gravel, mode Sport, mode Rain, mode Standard dan mode User yang bisa dicustom sesuai kebutuhan.
Dari setiap riding mode yang dipakai, akan mengubah beberapa parameter seperti power level, engine brake level, HSTC level dan abs level.
Untuk mode gravel, ABS belakang jadi lebih tak sensitif, tapi pada mode user yang semua pengaturan dari pengguna, bisa dimatikan.
Baca juga : Honda XL750 Transalp 2023 Dijual Rp 330 Jutaan, Isi Celah Africa Twin dan CB500X
Dari beberapa pemain motor adventure kelas menengah yang sama-sama pakai mesin 2 silinder inline 270 derajat, maka motor ini punya harga paling kompetitif.
Dengan status produksi Jepang, banderolnya yang Rp 330,5 juta lebih murah dari Aprilia Tuareg 660 (Spesifikasi | Berita) yang dilepas Rp 656 juta.
Termasuk dengan Yamaha Tenere 700 yang didatangkan importir umum, yang kabarnya bermain diangka Rp 400 jutaan.
Tuh, gimana gak menarik coba?
Demam motor adventure coba direspon AHM dengan memboyong motor yang baru debut global akhir tahun lalu ini.
Gerak cepat ini lantas mendapat sambutan positif, terutama dari fans moge adventure Honda, terlebih selepas peluncuran dan pengumuman harganya.
Kuota pertama sendiri disebut sekitar 30-40 unit dan akan mulai pengiriman dalam waktu 3-4 bulan mendatang.
Menarik?
Honda XL750 Transalp 2023 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
PxLxT | 2.325 x 838 x 1.450 mm | |
Sumbu Roda | 1.560 mm | |
Jarak Terendah | 210 mm | |
Tinggi Jok | 850 mm | |
Berat Isi | 208 kg | |
Kapasitas Tangki | 16,9 liter | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC, 8 katup, pendingin cairan | |
Diameter x Langkah | 87 x 63,5 mm | |
Isi Silinder | 755 cc | |
Rasio Kompresi | 11:1 | |
Tenaga Maksimal | 91,7 PS @ 9.500 rpm | |
Torsi Maksimal | 75 Nm @ 7.250 rpm | |
Transmisi | Manual, 6 speed | |
Kaki-Kaki | ||
Suspensi Depan | Upside down | |
Suspensi Belakang | Monosok | |
Rem Depan | Cakram ganda, ABS | |
Rem Belakang | Cakram, ABS | |
Ban Depan | 90/90-21 | |
Ban Belakang | 150/70-18 |