Genre supermoto bisa menjadi pilihan bagi tunggangan off road berkaki-kaki jenjang, namun lebih sering menghadapi jalur on road.
Karenanya motor-motor dengan konsep supemoto, umumnya menggunakan lingkar pelek ring 17 inci baik depan atau belakang serta dibalut ban on road.
Untuk motor yang sejatinya bukan supermoto pun tak perlu khawatir. Pasalnya, sudah banyak bengkel yang menerima pengerjaan demikian. Misalnya saja mengubah wheelset bawaan motor trail Honda CRF150L (Spesifikasi | Berita) menjadi supermoto.
Kendati begitu, ada pula beberapa pabrikan yang memang menjual model supermoto ke pasaran. Salah satunya adalah Kawasaki dengan tipe Kawasaki KLX 230 (Spesifikasi | Berita) SM.
Baca juga: Layak Jadi Koleksi, Berapa Cicilan Kawasaki Ninja H2 2023 Sekarang?
Meski sudah cukup apik, tapi ternyata ini belum memuaskan Om Lunk. Akhirnya, KLX 230 SM yang baru dipinangnya langsung kena rombak modifikasi,
“Saya mah gak pakai konsep, yang penting bisa dual purpose, bisa terjang banjir, gak takut jalan rusak dan bisa naik gunung turun ke sungai, hahaa…” candanya.
Karena tujuannya digunakan di jalur on road maupun off road, maka ubahan utama dilakukan pada area kaki-kaki. Awalnya menggunakan sepasang ring 17 inci, tapi kini digantinya dengan pelek Scarlet Racing ring 19 inci di depan.
Kemudian pelek depannya dibalut dengan ban Shinko Adventure Trail 110/80-19, sedang untuk bagian belakang memakai Shinko Adventure Trail 140/80-17. Untuk melengkapi tampilan sekaligus akselerasi lebih responsif, ditambahkan gir belakang ROZ 44 mata.
“Karena motor jadi tinggi, otomatis posisi motor saat standar samping jadi miring banget. Makanya standar samping disambung pipa kurang lebih 5 cm, habis itu dicat ulang jadi tetap rapi,” sebut Lerry Rahmat Rizky dari Caos Custom Bike (CCB) yang ditunjuk untuk menggarap modifikasi ini.
Baca juga: Viral Kawasaki Ninja 150RR Pink Dijual Rp 250 Juta, Nyaris Setara Z900!
Kaki-kaki baru tersebut lantas dilabur kelir kontras. Seperti pelek menggunakan kombinasi warna hitam dan hijau, tromol warna hijau, gir belakang ROZ hijau anodize serta chain guard Scarlet Racing yang juga hijau anodize.
Untuk menjaga cipratan kotoran dari ban belakang tidak berlebihan, Kawasaki KLX 230 SM ini dipasangkan sebuah mud guard yang menempel pada swing arm. Bentuknya pun disesuaikan dengan sepatbor bawaan motor.
Untuk memaksimalkan momen pengereman, terpasang master rem RCB S1 beserta selang rem RCB. Menurut sang modifikator, proses deselerasi terasa lebih presisi dan padat.
Agar pengalaman berkendara jauh menyenangkan, perlu ada penambahan beberapa aksesori pendukung. Sebagaimana terlihat pada KLX 230 SM milik Om Lunk, teraplikasi windshield, empat buah fog lamp, engine guard juga hand guard.
Baca juga: Kawasaki KLX230 2023 Diganjar Diskon Sampai Rp 8 Juta di Jakarta Fair!
“Windshield ini custom ya, jadi dibentuk lagi biar pas dipasang di KLX 230 SM. Habis itu dibuat bracketnya pakai besi hollow seamless dan finishing powder coating hitam,” tunjuk pria yang bengkelnya di bilangan Pancoran, Jakarta Selatan.
Lalu di belakang, terlihat sebuah top box berbahan aluminium yang punya kapasitas cukup besar. Dengan begitu, membawa barang bawaan selama perjalanan akan lebih mudah.
Pengalaman berkendara dibuat semakin menyenangkan dan nyaman, karena jok KLX 230 SM dibuat ulang oleh CCB agar lebih nyaman saat dikendarai dibandingkan jok orisinal.
“Jok dibentuk ulang dan busanya diganti. Dimensi jok jadi lebih lebar sehingga nyaman buat perjalanan jauh. Pengerjaan jok kurang lebih 2 hari, biayanya Rp 900 ribuan,” sambungnya.
Baca juga: Beli Kawasaki KLX 150 Series Bonus Obat Ganteng Nih!
Lerry menyebut pengerjaan modifikasi Kawasaki KLX 230 SM ini rampung dalam 2 minggu. Lantas mendapatkan sentuhan akhir berupa knalpot full system dari Pro Speed agar performa mesin meningkat. Tak lupa pula pengaplikasian decal baru pada bodi dengan dominasi warna hijau juga hitam serta motif tengkorak.
Siap libas segala medan ini sih!
Caos Custom Bike: 0817-0089-400
Data Modifikasi Kawasaki KLX230SM | ||
---|---|---|
Pelek depan | Scarlet Racing 2.50 x 19 inci | |
Ban depan | Shinko Adventure Trail 110/80-19 | |
Ban belakang | Shinko Adventure Trail 140/80-17 | |
Gir belakang | ROZ 44 520 | |
Rantai | DID Japan 520 | |
As slider | Aluminium custom by CAOS | |
Handguard | Acerbis | |
Master rem | RCB S1 | |
Handle kopling | RCB | |
Slang rem | RCB | |
Handgrip | Expedition | |
Volt meter | Koso | |
Setang | Pro Taper Fuzion | |
Fog lamp | Duromoto | |
Engine guard | Coriaz | |
Pedal rem | Expedition | |
Footstep | Expedition | |
Mud guard | Aftermarket | |
Boks | Aftermarket | |
Jok | Custom by CAOS | |
Knalpot | Pro Speed TX Spider | |
Windshield | Custom |