Murahnya Biaya Servis Honda BeAT Street, Ketahui Hal Tersebut Disini

Honda BeAT Street merupakan skuter matik anak muda, yang dibuat oleh PT Astra Honda Motor dengan menggunakan basis yang sama dari Honda BeAT, motor terlaris di Indonesia.

Perbedaan paling signifikan antara keduanya adalah pada bagian setang. Honda BeAT Street yang disiapkan untuk menyasar segmen anak muda yang aktif, mengusung setang model telanjang.

Kemudian panel instrumen juga berbeda signifikan, dimana milik Honda BeAT Street menggunakan model terbuka dan terpasang pada pangkal setang.

Lalu corak striping bodi Honda BeAT Street dibuat lebih atraktif dan terlihat menyenangkan. Tapi selain bagian-bagian tersebut, lainnya masih sama dengan Honda BeAT.

Model terbarunya yang dikenalkan pada awal 2020 lalu, mendapatkan penyegaran total. Bisa dibilang All New BeAT Street karena seluruh sektor terkena ubahan.

Desainnya sporty dengan lekuk bodi yang tegas, juga sudah menggunakan sistem penerangan LED untuk lampu depan. Panel instrumen model baru, serta kunci kontak sudah terintegrasi untuk membuka jok.

Rangka sebagai penopang menggunakan teknologi eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame), yang diturunkan dari Honda Genio. Rangka ini membuat motor lebih ringan dan lincah, tapi juga kuat.

Desain pelek juga baru yang sudah menjadi kesatuan dengan rangka eSAF, menggunakan model palang delapan dan pakai ban tubeless.

Honda BeAT Street menggendong mesin berkubikasi 109,5 cc, berkat paduan langkah piston 63,1 mm dan diameter piston yang hanya 47 mm.

Tenaganya mencapai 8,8 Hp pada putaran 7.500 rpm, dengan torsi tertinggi diangka 9,3 Nm yang bisa dicapai diputaran 5.500 rpm.

Honda BeAT Street dipasarkan hanya dalam satu varian saja dengan harga Rp 17,150 juta OTR Jakarta. Honda BeAT Street punya tiga pilihan warna yakni Street Black, Street Silver dan Street Silver Black.

Melihat harga jualnya, banderol Honda BeAT Street punya harga yang kompetitif, jika dibandingkan dengan pesaing terdekat dari Yamaha yakni X-Ride yang mencapai Rp 18,69 juta OTR Jakarta.

Biaya Perawatan

Seperti penjelasan di atas, mesin Honda BeAT Street kembar dengan Honda BeAT. Mesinnya berkubikasi 109,5 cc, 4-tak, SOHC, 2 katup dengan pendingin udara.

Mesin ini mengusung teknologi khas Honda yakni eSP (Enhanced Smart Power), dengan rasio kompresi 10 : 1 dan mengandalkan suplai bahan bakar injeksi PGM-FI.

Tercatat tenaganya 8,8 Hp pada 7.500 rpm, dengan torsi 9,3 Nm diputaran 5.500 rpm. Lebi dari cukup untuk penggunaan sehari-hari.

Lalu bagaimana dengan biaya perawatannya Honda BeAT Street? Untuk tahun pertama pengguna cukup merogok kantong sebesar Rp 176 ribu saja. Biaya itu untuk membeli oli mesin tiga kali, oli transmisi (garda) satu kali dan busi satu kali.

Rinciannya, pada tahun pertama Honda BeAT Street melakukan servis ke bengkel resmi sebanyak empat kali. Pihak pabrikan merekomendasikan perawatan setiap empat bulan sekali atau 4.000 km.

Untuk servis pertama dilakukan saat usia pakai 1 bulan atau 1.000 km.
Pada servis pertama ini semua biaya masih gratis karena ditanggung pabrikan. Selain servis juga dilakukan penggantian oli mesin, untuk menghilangkan gram-gram besi sisa gesekan mesin.

Servis kedua dilakukan saat pemakaian sudah mencapai empat bulan atau 4.000 km. Pada servis kedua ini biaya jasa servis masih gratis, tapi konsumen dikenakan biaya untuk penggantian oli mesin AHM MPX2 0,8 liter sebesar Rp 45 ribu.

Honda BeAT Street memasuki servis ketiga saat jarak tempuh sudah mencapai 8.000 km atau delapan bulan sejak pembelian unit. Pada servis ketiga ini pengguna harus keluar uang Rp 86 ribu.

Biaya tersebut untuk menebus oli mesin, oli transmisi (gardan) dan juga busi. Biaya jasa servis lagi-lagi masih ditanggung oleh pabrikan alias gratis.

Genap satu tahun masa pakai atau saat jarak tempuh telah mencapai 12.000 km. Pada interval servis ini, perawatan yang dilakukan kembali lagi seperti pada servis 4.000 km.

Konsumen dibebankan biaya penggantian oli mesin AHM MPX2 0,8 liter senilai Rp 45 ribu. Untuk servis kali ini biaya jasa juga masih gratis.

Untuk masa pakai satu tahun, pemilik Honda BeAT Street cukup mengeluarkan biaya servis Rp 176 ribu saja. Biaya ini terbilang murah, namun yang patut dicatat Honda menerapkan harga suku cadang dan biaya servis berbeda-beda untuk jaringan bengkel resminya.

Hal ini memungkinkan bengkel A menerapkan biaya servis lebih mahal dari bengkel B. Lalu bengkel B menjual suku cadang lebih mahal dari bengkel A. Tidak ada harga baku untuk biaya servis dan suku cadang dari pihak pabrikan.

Konsumsi Bahan Bakar

Pada model terbaru ini, Honda BeAT Street menggunakan mesin baru dengan konfigurasi yang berubah total. Diameter pistonnya mengecil jadi 47 mm tapi langkah piston mencapai 63,1 mm, lebih panjang dari model sebelumnya.

Hal ini dimaksudkan untuk bisa mendapatkan torsi dan akselerasi yang lebih kuat pada putaran rendah sampai menengah. Dengan dukungan suplai injeksi bahan bakar PGM-FI, Honda BeAT Street terbaru ini bisa melaju sampai 60,6 km/liter dengan metode ECE R40.

Harga Bekas Honda BeAT Street

Meski motor ini baru meluncur pada awal tahun 2020 ini, unit bekasnya sudah bisa dengan mudah ditemukan, meski tak sebanyak unit bekas Honda BeAT.

Melirik laman jual beli motor bekas, harga bekas Honda BeAT Street bervariasi mulai dari Rp 12,25 juta sampai Rp 16,25 juta. Harga tersebut berbeda-beda tergantung kondisi dan wilayah masing-masing.

Kesimpulan

Menggunakan basis yang sama dengan Honda BeAT, Honda BeAT Street menjadi varian berbeda yang disiapkan untuk menggarap pasar skuter matik entry level.

Dengan segmentasi pasar untuk anak-anak muda dan banderol harga yang bersaing, membuat Honda BeAT Street menjadi salah satu pilihan terbaik untuk skuter matik entry level di Indonesia saat ini.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Beat Street
Lihat