Review Lengkap Ducati Monster, Moge Naked yang Berotot

Tak sedikit para pencinta roda dua yang mengidam-idamkan untuk memiliki sepeda motor Ducati. Motor asal pabrikan Bologna, Italia, ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Salah satu model terlaris dan terpopulernya adalah Monster.

Ducati Monster merupakan motor yang masuk kategori naked bike dengan desain yang agresif dan membuatnya terlihat seperti berotot. Motor ini juga punya sejarah yang cukup panjang di dunia otomotif roda dua.

Ducati Monster didesain oleh Miguel Angel Galluzi, dengan model naked bike yang menonjolkan mesin dan rangka. Motor ini pertama kali lahir ke dunia pada tahun 1993. Rangka teralis yang digunakan merupakan satu bagian dari motor yang tak hanya meningkatkan estetika, tapi juga memberikan efisiensi struktural.

Ducati membekali Monster dengan mesin V-twin 90 derajat yang oleh Ducati sendiri disebut sebagai konfigurasi L-twin. Tentunya, mesinnya juga sudah dilengkapi dengan katup Desmodromic. Mesinnya didesain oleh Fabio Taglioni.

Monster memiliki beberapa varian sepanjang kiprahnya di dunia otomotif hingga sekarang ini. Pilihannya mulai dari 400 cc di entry level hingga 1.200 cc. Dari sekian banyak model, semua telah berevolusi dan menyisakan tiga model terbaru, yakni Monster 797, Monster 821, dan Monster 1200.

Monster 797 dibekali mesin L-Twin, 2-katup Desmodromic, berpendingin udara, dengan kapasitas mesin 803 cc. Tenaga maksimum yang dihasilkan dari mesin tersebut mencapai 73 tk pada 8.250 rpm dan torsi maksimumnya mencapai 67 Nm pada 5.750 rpm.

Sementara Monster 821, menggunakan konfigurasi mesin Testastretta 11 derajat, L-Twin, tapi dengan 4-katup Desmodromic dan berpendingin air, serta mesinnya berkapasitas 821 cc. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimumnya hingga 109 tk pada 9.250 rpm dan torsi maksimum mencapai 86 Nm pada 7.750 rpm. Ada juga varian Monster 821 Stealth.

Terakhir, Monster 1200 yang dibekali konfigurasi mesin yang sama seperti Monster 821. Tapi, sudah berpendingin cairan dan kapasitas mesinnya 1.198 cc. Mesin ini menyimpan tenaga maksimum hingga 147 tk pada 9.250 rpm dan torsi maksimumnya mencapai 124 Nm pada 7.750 rpm. Terdapat juga varian Monster 1200 S.

Ducati juga membekali Monster dengan beragam fitur canggih dan teknologi mutakhir untuk menunjang performa dan handling. Salah satu fitur standar yang juga menjadi regulasi di Eropa adalah system pengereman Anti-lock Braking System (ABS).

Panel instrument juga sudah full digital untuk semua model Monster. Pada panel instrument ini, terdapat beragam informasi. Untuk system pencahayaan, semuanya juga sudah menggunakan LED. Fitur lainnya yang menarik, seperti USB power socket.

Khusus untuk Monster 821 dan Monster 1200, dilengkapi dengan Riding Mode dan Power Mode, serta Ducati Traction Control (DTC). Hanya ada di Monster 1200, dibekali juga dengan Cornering ABS dan Ducati Wheelie Control.

Kelebihan Ducati Monster

Ducati Monster termasuk salah satu model motor Ducati yang terlaris di seluruh dunia. Motor ini memiliki sejarah yang panjang dan ciri khas yang kuat. Urusan performa, motor gede (moge) asal Italia ini sudah tak perlu diragukan. Fitur yang disematkan juga tak kalah dengan kompetitornya, seperti ABS, Riding Mode, Power Mode, Ducati Traction Control, Cornering ABS, dan Ducati Wheelie Control. Motor ini tentunya tak hanya menyenangkan jika dikendarai sendirian, tapi juga nyaman digunakan berboncengan. Khusus Monster 1200, sudah dibekali dengan single-sided swingarm, membuat tampilannya lebih ekslusif dan spesial.

Kekurangan Ducati Monster

Fitur keamanan dan penunjang performa yang disematkan memang sudah cukup memanjakan pengendaranya. Tapi, Monster belum memiliki Ducati Quick Shift up & down (DQS) sebagai fitur standarnya. DQS ditawarkan sebagai aksesori tambahan saja. Selain itu, khusus untuk model Monster 797, masih mengandalkan system pendingin udara. Dengan kondisi iklim tropis di Indonesia, sulit untuk menjaga temperature motor ini tetap ideal. Kemungkinan besar akan cepat mengalami overheating jika terjebak di tengah kemacetan.

Kompetitor

Ducati Monster memiliki banyak kompetitor sekelasnya, tapi tak semuanya mengaspal di Indonesia. Untuk Monster 797, saingan terdekatnya adalah KTM Duke 790 dan Triumph Street Triple. Dibandingkan dengan kedua pesaingnya, kapasitas mesin memang lebih besar Monster 797 dengan 803 cc, sementara Street Triple hanya 796 cc dan Duke 790 hanya 799 cc. Tapi, soal tenaga yang dihasilkan, Monster 797 hanya memiliki 73 tk. Street Triple memiliki tenaga hingga 121,2 tk dan Duke 790 tenaganya mencapai 103 tk.

Sedangkan Monster 821 yang memiliki tenaga hingga 109 tk, rival terdekatnya adalah BMW F 900 R, Yamaha MT-09, dan Kawasaki Z900. Di atas kertas, F 900 R dengan kapasitas mesin 895 cc memiliki tenaga hingga 105 tk. Sedangkan MT-09 dengan mesin 847 cc, tenaganya mencapai 113,4 tk. Lalu, Z900 dengan mesin 948 cc, tenaga maksimumnya 123,2 tk.

Berikutnya, Monster 1200 yang dibekali mesin berkapasitas 1.198 cc dengan tenaga mencapai 147 tk. Moge yang satu ini kompetitor terdekatnya hanya Kawasaki Z1000 dan BMW R nine T. Z1000 menggunakan mesin 1.043 cc dengan tenaga mencapai 140 tk. Sedangkan R nine T dengan mesin 1.170 cc, tenaga maksimumnya hanya 110 tk.

Harga

Diimpor langsung dari Thailand, Ducati Indonesia membanderol Monster 797 dengan harga Rp 359.000.000 (off the road), Monster 821 dengan harga Rp 440.000.000 (off the road), dan Monster 1200 dengan harga Rp 550.000.000 (off the road). Dari ketiga model tersebut, paling direkomendasikan adalah Monster 1200. Selain fiturnya yang paling lengkap, performa yang lebih bertenaga, mesinnya sudah dilengkapi system pendingin cairan. Sehingga, risiko overheating saat dikendarai di perkotaan lebih kecil, karena untuk menjaga temperatur mesinnya dibantu juga oleh radiator.

Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Ducati Monster
Lihat