Hadirnya Ducati DesertX akhir tahun lalu menjadi simbol hadirnya pabrikan motor asal Italia itu di segmen offroad.
Dan belum lama ini, versi pengembangan dari motor tersebut dirilis dengan kemampuan offroad yang lebih baik lagi.
Julukannya Ducati DesertX Rally 2024 dan motor ini hadir sebagai varian tertinggi keluarga DesertX.
Serta jadi opsi baru bagi penggemar yang menginginkan motor Ducati dengan performa offroad yang lebih mumpuni.
Dilansir dari Cycle World, secara basis memang masih mengandalkan mesin standarnya
Yakni L-Twin 937cc Testastretta yang bertenaga 110 PS dan torsi 92 Nm.
Tapi ada sejumlah upgrade di bagian eksterior dan kaki-kaki.
Baca Juga: Bikers Senior Youk Tanzil Andalkan Ducati DesertX Menjelajah Papua
Dari tampilan luarnya, Ducati DesertX Rally punya sejumlah bagian yang terlihat berbeda.
Paling kentara di bagian skema warna, dominasi putih dengan aksen decal minimalis berubah total.
Gantinya ada warna merah menyala tersemat di cover suspensi depan, fairing hingga ke sasis.
Kelir tersebut berpadu dengan kombinasi grafis abu-abu dan tulisan Ducati hitam besar di tangki.
Sekilas mengingatkan kita akan livery tim balap Ducati MotoGP pada musim 2018 lalu.
Urusan panel bodinya, spakbor depan yang tak lagi berada di dekat ban seperti tipe motor sport.
Namun posisinya kini menggantung di atas dengan dudukan di bagian segitiga seperti motocross atau trail.
Selain itu, desain tank shroud dan engine guard di kolong mesin pun memiliki bentuk yang berbeda.
Baca Juga: Jelang MotoGP Mandalika, Pembalap Lenovo Ducati Dapat Dukungan Komunitas
Fokus ubahan juga terlihat di bagian kaki-kaki, tujuannya agar Ducati DesertX Rally makin mumpuni di lintasan offroad.
Performa suspensi depan KYB dibuat lebih baik dengan penggunaan bahan DLC yang minim gesekan. Kombinasinya ada segitiga berbahan billet almunium.
Setelan suspensi up side down 48 mm ini memiliki tambahan travel 30 mm menjadi 250 mm.
Ada penggunaan steering damper keluaran Ohlins untuk mengoptimalkan handling saat berkendara.
Di bagian belakang, monosok dibuat lebih kaku dan angka travel pun naik 20 mm jadi 240 mm.
Penggunaan suspensi anyar ini berefek pada geometri sasis baru. Ukuran rake yang lebih panjang membuat angka wheelbase berubah dari 63 inci menjadi 64 inci.
Sebagai pendukung performanya, ada balutan ban Pirelli Scorpion Trail II dengan ukuran 90/90-21 di depan dan belakang 150/70-18.
Saat ini Ducati DesertX Rally sudah mulai dijual di Amerika Serikat. Harganya 22.995 USD atau setara Rp 361 juta.