Di Tanah Air, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) baru saja merilis varian moge baru mereka, Kawasaki Eliminator.
Motor tersebut lahir sebagai pengisi segmen moge cruiser entry level di bawah Vulcan S.
Untuk itu, harga yang ditawarkan sangat menarik yakni Rp 165 jutaan saja.
Selain modal tampilan segar, Eliminator juga hadir dengan mesin baru bertipe 2-silinder, 451 cc DOHC berpendingin cair.
Eits, tapi bukan Eliminator yang akan diulas kali ini tapi moge hybrid baru dari Kawasaki yang meluncur di pameran EICMA 2023 di Milan, Italia pekan ini.
Yup, julukannya adalah Kawasaki Z7 Hybrid. Motor ini merupakan pengembangan lanjutan dari Kawasaki Ninja 7 Hybrid yang tampil di Japan Mobility Show 2023 beberapa waktu lalu.
Di EICMA 2023, Kawasaki sebenarnya juga merilis varian naked bike lainnya, yakni Kawasaki Z500.
Jika dilirik secara sepintas, tampangnya pun mirip Kawasaki Z7 Hybrid.
Namun ada beberapa perbedaan yang langsung bisa dicirikan. Seperti adanya bodi belakangnya terlihat lebih gambot.
Selain itu, bentuk tank shroud dan engine cover juga lebih padat.
Tujuannya selain dari segi estetika, juga untuk menutupi peranti elektroniknya yang lebih kompleks ketimbang motor bermesin bensin biasa.
Sebagai finishing, ada dua pilihan paduan warna. Diantaranya putih dan hijaunya seolah jadi simbol tunggangan yang lebih futuristik.
Ada pula opsi warna hitam doff yang berkesan maskulin.
Baca Juga: Kawasaki Kenalkan Ninja 500 dan Z500 2024, Pakai Mesin Generasi Baru!
Jika Kawasaki Eliminator menawarkan tenaga sebesar 52 PS, maka Z7 Hybrid terbilang lebih bertenaga, yakni mencapai power maksimum di 69 PS.
Angka ini jauh lebih besar dari daya milik Kawasaki Z500 yang disunat jadi 45 PS saja akibat regulasi SIM A2 yang berlaku di Eropa.
Lebih jauh, Kawasaki Z7 Hybrid memiliki kombinasi mesin bensin dan motor listrik.
Dan lagi-lagi, mesin bensin yang dipakai mengusung tipe yang sama dengan Eliminator, yakni 2-silinder 451 cc.
Tapi tenaga mesin ini sudah didongkrak dan diklaim mencapai 58 PS di 10.500 rpm.
Selain itu ada sumbangan daya 9 kW dari motor listriknya. Kedua penggerak ini bisa bekerja dalam 3 mode.
Baca Juga: Italjet Perkenalkan Dragster 559 Twin, Superbike Dalam Bentuk Scooter!
Mulai dari full listrik dengan transmisi otomatik untuk jarak 12 km. Pilihan kedua ada Eco-Hybrid yang memungkinkan motor listrik dan mesin bensinnya bekerja bersama dalam kondisi irit.
Di mode Eco-Hybrid, ada transmisi full otomatik dan manual 6-speed. Transmisi manualnya tak lagi bermodel konvensional, tapi elektrik dengan perpindahan via tombol di setang.
Sedangkan mode berkendara terakhir adalah Sport. Seperti namanya, mode ini sanggup menawarkan sensasi berkendara yang sesuai bagi pecinta kecepatan.
Sebab hasil kombinasi tenaga yang dihasilkan kedua penggerak tersebut menyentuh 69 PS dengan bantuan e-boost selama lima detik.
Karena itu, ada kemungkinan motor tersebut dimasukan ke Indonesia. Apalagi jika banderolnya menarik seperti Eliminator.
Bisa jadi opsi moge buat pemula kan?