PT Astra Honda Motor (AHM) sudah menyebarkan undangan untuk menghadiri peluncuran produk barunya yang digelar pada hari Kamis 21 Desember 2023.
Desas-desus terus bertebaran di dunia maya, namun yang paling kuat adalah AHM akan memperkenalkan matic 125 cc.
Motor terbarunya itu kemungkinan besar bernama Honda Stylo atau jika di Thailand namanya Honda Giorno+.
Matic ini digadang-gadang akan menjadi line up retro modern terbaru dari AHM, itu berarti posisinya akan berada di atas Honda Scoopy yang masih setia menggunakan mesin 110 cc.
Honda Giorno+ sendiri di Thailand punya 2 pilihan pengereman, ada tipe CBS (Combi Brake System) dan tipe ABS (Anti-lock Braking System).
Motor ini dijual dengan harga mulai dari 61.900 Baht atau jika dikonversi ke Rupiah menjadi Rp 27,435 jutaan.
Baca juga: Cek Line Up Moge Terbaru Honda, Harga Mulai Rp 200 Jutaan
Nah buat kalian yang penasaran dan mulai mengincar matic retro modern, mungkin bisa terlebih dulu melihat rincian spesifikasi dan fitur berikut sebagai bahan pertimbangan.
Hal pertama yang cukup menjual di motor ini adalah kapasitas bagasinya yang ekstra luas.
Menurut website Honda Thailand bagasi Giorno+ mencapai 30 liter yang artinya lebih besar dari Yamaha FreeGo 125.
Besarnya ruang bagasi di bawah jok ini akibat posisi tangki bensin yang berada di bawah pijakan kaki pengendara.
Namun mulut tangki bensinnya ada di tengah atau di bawah gantungan barang.
Karena letaknya yang berada di bawah, tangki bensin jadi memiliki ruang lebih luas sehingga kapasitasnya bisa lebih besar, Giorno+ sendiri memiliki kapasitas bensin mencapai 5,4 liter.
Besarnya ruang bagasi di bawah jok ternyata membuat kompartemen depan Giorno+ tidak terlalu banyak,=.
Hanya ada satu di sisi kiri dan jika melihat gambar yang beredar di website, hanya cukup untuk menaruh smartphone.
Baca juga: Terpaut Rp 19 Jutaan, Fitur Yamaha XMax Tech Max Kalahkan Honda Forza?
Karena memang di dalam kompartemennya terdapat power outlet untuk mengisi daya smartphone.
Kerennya desain penutup laci dibuat seolah menyatu dengan bodi utama sehingga tetap terlihat rapi.
Kesan modern dihadirkan dengan adanya penggunaan spidometer full digital dengan negative display atau latar gelap.
Dengan begitu informasi di spidometer akan lebih jelas dipantau baik malam hari maupun siang hari.
Yang unik ketika melihat spidometernya ternyata punya desain yang sangat mirip dengan Honda Vario.
Desainnya persegi panjang dengan fuel meter di kiri, informasi kecepatan di tengah, dan jam di kanan atas.
Lalu ada informasi odometer, trip, volt meter, sampai average fuel consumption yang bisa diganti menggunakan tombol di spidometer.
Tidak ketinggalan ada real time fuel consumption yang ditunjukan dalam bar.
Di Thailand Giorno+ menggunakan rem cakram di depan, sedangkan yang belakang tetap menggunakan sistem rem tromol.
Baca juga: Honda Gandeng Guru PAUD Tanamkan Berkendara Aman Sejak Dini
Honda Thailand memberikan dua pilihan varian pada Giorno+, yaitu ada varian ABS 1 channel pada roda depan.
Ditandai dengan penggunaan diameter cakram yang lebih besar, kaliper 2 piston, serta warna cokelat pada handgrip juga kulit jok.
Sedangkan untuk tipe CBS cakram depannya lebih kecil karena tidak terdapat sensor pembaca putaran roda depan, kaliper 1 piston, kemudian handgrip dan jok berwarna hitam.
Meski konsep utuhnya adalah klasik modern, tapi untuk urusan mesin Giorno+ bisa dikatakan cukup modern dan powerful.
Karena menggunakan mesin eSP+ generasi terbaru, sama seperti yang digunakan mesin matic Honda 160 series.
Bedanya di sini kapasitas mesinnya hanya 124,7 cc hasil kombinasi diameter piston 53,5 mm dan panjang langkah 55,5 mm, rasio kompresinya dipatok 11,5:1.
Baca juga: TKDN Honda EM1 e: Penuhi Syarat Subsidi, Harga Jadi Lebih Murah?
Kemudian di kepala silindernya tetap SOHC namun menggunakan 4 buah klep, tidak ketinggalan terdapat radiator di sisi kanan untuk menjaga suhu mesinnya tetap stabil.
Honda Thailand mengklaim kalau motor yang punya berat 118 kg pada tipe CBS dan 120 kg di tipe ABS ini memiliki rata-rata konsumsi bahan bakar 52,6 km/liter
Ada yang mulai tertarik atau gak sabar menunggu motor ini dijual di Indonesia?
Spesifikasi Honda Giorno+ | ||
---|---|---|
Spesifikasi mesin | 4-tak, SOHC, 4 klep, eSP+, pendingin cairan | |
Kapasitas mesin | 124,7 cc | |
Bore x stroke | 53,5 x 55,5 mm | |
Rasio kompresi | 11,5:1 | |
Sistem bahan bakar | PGM-FI | |
P x L x T | 681 x 1.902 x 1.144 mm (CBS) | |
683 x 1.902 x 1.144 mm (ABS) | ||
Panjang sumbu roda | 1.312 mm | |
Jarak terendah ke tanah | 155 mm | |
Tinggi jok | 780 mm | |
Tangki bensin | 5,4 liter | |
Rem depan | Cakram | |
Rem belakang | Tromol | |
Berat | 118 kg (CBS) | |
120 kg (ABS) | ||
Ban depan | 100/90-12 | |
Ban belakang | 110/90-12 |