PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja merilis Yamaha Lexi LX 155 2024.
Motor matic dek rata tersebut merupakan produk Maxi Yamaha yang mengisi kelas entry level.
Perubahan besar dilakukan YIMM dibandingkan pada generasi sebelumnya, diantaranya peningkatan kapasitas mesin.
Kemudian juga ada perubahan pada sisi kemudahan berkendara agar pas dipakai semua kalangan.
Secara tampilan, perubahan besar terlihat pada fascia motor yang dibuat lebih sporty.
Lampu depan besar, tetap dengan tiga kolom reflektor, serta LED DRL dengan blue lens yang jadi signature.
Lampu sein berukuran besar terletak di atas dan terpisah dengan lampu utama.
Baca juga : Yamaha Lexi 2024 Naik Kelas, Pakai Mesin 155 cc cuma Rp25 Jutaan!
Di atasnya terdapat panel bodi dengan bahan kasar bermotif, serta windshield yang pendek.
Bodi depan samping punya lekukan bodi lebih tegas, yang memberikan kesan maskulin pada motor ini.
Sementara itu bodi belakang masih punay garis dan lekuk bodi yang mirip-mirip generasi sebelumnya.
Bedanya adalah lampu belakang punya kombinasi baru yang menegaskan kesan sporty.
Lantas seperti apa spesifikasi dari motor yang dijual dengan tiga tipe tersebut?
Secara ukuran masih sama dengan generasi sebelumnya, yang punya panjang 1.970 mm, lebar 720 mm dan tinggi 1.135 mm.
Yang mana jarak sumbu rodanya pun juga tetap sama yakni 1.350 mm, dengan jarak terendah naik 2 mm menjadi 135 mm.
Namun agar mudah dikendarai siapa pun termasuk wanita, maka tinggi jok dipangkas dari 785 mm menjadi 770 mm.
Namun bobotnya justru bertambah, yang mana pada model terbaru bermain diangka 116 kg, 117 kg dan 118 kg tergantung tipe.
Sementara versi sebelumnya punya bobot 112 kg dan 114 kg. Lebih berat karena ada perubahan komponen pastinya.
Meski begitu, Yamaha Lexi LX 155 masih tetap jadi Maxi Yamaha yang paling ringan saat ini.
Baca juga : Naik Yamaha Lexi Anti Nyasar! Cukup Pasang Alat Rp 100 Ribuan Ini
Meski demikian kapasitas tangki tak berubah yakni tetap 4,2 liter yang mana sangat disayangkan banyak pihak.
Masuk pada jantung mekanik, yang menjadi bagian mengejutkan karena tak banyak yang mengira akan diperbesar.
Motor tersebut dipasangkan mesin 4-tak, SOHC 4 katup, VVA, pendingin cairan generasi baru.
Kabarnya ada banyak perubahan part internal, termasuk penggunaan tensioner rantai keteng dengan hidrolis.
Ukuran pistonnya 58 mm dipadu dengan langkah piston 58,7 mm yang menghasilkan kapasitas 155,09 cc.
Dari generasi sebelumnya, perubaan terletak pada ukuran piston dari sebelumnya hanya 52 mm saja.
Praktis output yang mampu dihasilkan juga meningkat signifikan, yakni menyentuh 15,3 PS pada 8.000 rpm.
Sedangkan torsi maksimal yang bisa dicapai adalah 14,2 Nm di 6.500 rpm.
Baca juga : Membandingkan Mesin dan Konsumsi Bensin Yamaha Lexi dan Honda Vario 125, Siapa Unggul?
Tenaga dan torsi lebih besar dari generasi sebelumnya, juga dicapai pada putaran mesin lebih rendah!
Mesin ini tentunya mengandalkan transmisi otomatis CVT, jadi tinggal gas rem saja.
Nah, mesin ini pula sudah disematkan teknologi SMG (Smart Motor Generator) sehingga starter mesin lebih halus.
Melongok area kaki-kaki, praktis tak ada perubahan signifikan dibandingkan generasi sebelumnya.
Suspensi teleskopik masih jadi andalan di area depan, dan suspensi tunggal untuk area belakang.
Khusus tipe S Version dan Connected/ABS, suspensi belakang sudah dilengkapi sub-tank.
Hanya saja sisi kanan sudah dipasangkan lengan ayun agar lebih stabil.
Uniknya pada lengan ayun ada lubang untuk dudukan suspensi sebelah kanan, lho kok?
Kemudian juga pelek yang dipakai masih tetap sama, palang tiga cabang dua.
Ukuran peleknya tetap 1.85 inci depan dan 2.15 inci belakang, yang balut ban 90/90-14 dan 100/90-14.
Pun perkara pengereman tetap cakram 230 mm dengan kaliper tunggal pada roda depan saja, dan rem tromol pada roda belakang.
Nah, khusus tipe teratas maka sudah dibekali rem ABS (Anti-lock Braking System) single channel.
Baca juga : Honda Vario 160 Punya Jubah Baru, Ini Harganya
Perkara fitur, Yamaha Lexi LX 155 sudah memiliki lampu LED untuk penerangan depan dan belakang.
Sayangnya lampu sein seluruhnya masih pakai bohlam, termasuk lampu penerangan pelat nomor.
Panel meter full digital dengan frame yang masih sama, tapi bentuk layar LCD-nya berbeda.
Informasi di dalamnya ada spidometer, fuel meter, trip 1-2, trip v-belt, trip oil, odometer, jam digital.
Kemudian pengaturan kecerahan layar, lampu sein, indikator check engine, lampu jauh, sein kiri-kanan dan indikator kunci keyless.
Khusus tipe teratas tentunya sudah ada fitur konektivitas Y-Connect.
Area setang terdapat tombol menu untuk pengaturan informasi pada panel meter, persis NMax nih!
Lalu ada switch lampu hazard. Lainnya masih sama, lampu jauh-dekat, klakson, starter, sein.
Gak ketinggalan untuk dua tipe teratas ada tombol Stop & Start System (SSS) ya.
Geser ke bawah, terdapat konsol terbuka yang ukurannya agak nanggung dan ngepress untuk menampung botol minum.
Tapi pada konsol itu juga terdapat power outlet yang jadi perangkat standar nih.
Geser ke tengah ada gantungan barang model hook, dan sisi kanan tentu kunci kontak.
Untuk tipe Standard pakai kunci kontak pengaman magnet, dan dua tipe teratas sudah keyless.
Uniknya pada kunci kunci keyless terdapat dua tombol, yang satu untuk membuka jok dan satu lagi tombol dummy.
Area pijakan kaki rata, jadi praktis untuk membawa barang, meski celah tulangan tengah terhitung sempit.
Baca juga : Cek Harga Honda Vario 160 2023 di Jawa Barat, Tembus Rp 30 Juta
Dan untuk sepatu ukuran 44 terasa agak ngepas, gak terlalu leluasa. Paling bisa sedikti selonjoran saja.
Bergeser ke jok, khas Maxi Yamaha, punya ukuran besar dan mewah dengan jahitan berwarna kontras.
Lebih rendah tapi untuk rider 172 cm kaki masih agak sedikit mengambang saat berpijak.
Ini karena tulangan jok yang sangat lebar, jadi mengganjal paha bagian dalam. Tapi ini sudah lebih ramah dari pendahulunya.
Di balik joknya terdapat bagasi yang rasanya tak berubah dari pendahulunya nih.
Bedanya ada tonjolkan di dasarnya, kemungkinan untuk menjaga jarak dengan pergerakan throttle body.
Klaimnya bagasi Yamaha Lexi LX 155 ini masih bisa muat helm standar, atau helm bawaan motor ya.
Di belakangnya ada tangki bahan bakar yang juga tak berubah, yakni masih tetap 4,2 liter. Duh, kekecilan nih.
Buritan motor ini berhiaskan behel yang ukurannya besar dan terasa solid, yakin kuat nih!
Ditawarkan dengan tiga tipe, Yamaha Lexi LX 155 dijual mulai dari Rp 25,350 juta untuk tipe Standard.
Tipe ini tersedia tiga opsi warna yakni matte grey, metallic black dan metallic red.
Lalu tipe S Version dengan harga Rp 26,850 juta juga punya tiga opsi warna.
Warna tersebut adalah elixir dark silver, magma black dan matte red.
Dan kasta tertinggi adalah tipe Connected/ABS berbanderol Rp 29,9 juta dengan opsi warna magma black saja.
Spesifikasi Yamaha Lexi LX 155 2024 | ||
---|---|---|
Dimensi | 1.970 x 720 x 1.135 mm | |
Sumbu Roda | 1.350 mm | |
Jarak Terendah | 135 mm | |
Tinggi Jok | 770 mm | |
Tangki | 4,2 liter | |
Berat Isi | 116 kg (STD) | |
117 kg (S Version) | ||
118 kg (Connected/ABS) | ||
Tipe Mesin | 4-tak, SOHC 4 katup, VVA, pendingin cairan | |
Diameter x Langkah | 58 x 58,7 mm | |
Kapasitas | 155,09 cc | |
Rasio Kompresi | 11,6 : 1 | |
Tenaga Maksimal | 15,3 PS @ 8.000 rpm | |
Torsi Maksimal | 14,2 Nm @ 6.500 rpm | |
Transmisi | Otomatic CVT | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Tunggal | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Tromol | |
Ban Depan | 90/90-14 | |
Ban Belakang | 100/90-14 | |
Harga (OTR Jakarta) | Rp 25,350 juta (STD) | |
Rp 26,850 juta (S Version) | ||
Rp 29,9 juta (Connected/ABS) |