Berhenti Saat Naik Motor, Baiknya Kaki Kiri atau Kanan yang Turun?

Kaki kiri atau kanan yang harus turun?
  • Terhindari dari kaki tergilas kendaraan lain.
  • Kaki bisa menginjak pedal rem
  • Motor lebih aman saat berhenti di jalan naik atau turun.

Mengendarai motor sudah jadi aktivitas sehari-hari sebagian besar masyarakat Indonesia.

Motor jadi pilihan moda transportasi yang murah dan fleksibel, juga mudah digunakan.

Tentunya demi keselamatan bagi diri sendiri dan juga pengendara lain, apalagi setiap orang punya karakteristik berbeda.

Begitu pula dengan teknik berkendara yang caranya juga berbeda-beda, ada banyak hal yang jadi teknik dasar saat berkendara.

Baca juga : Cerita di Balik Helm Arai Nakano Shuriken Gold yang Begitu Spesial

Salah satunya adalah menentukan kaki mana yang harus diturunkan saat naik motor dalam kondisi berhenti, seperti saat macet atau berhenti di sisi jalan.

Lho memangnya ada tekniknya juga?

Yup, cara yang baik saat motor berhenti di sisi kiri jalan, dalam kondisi jalan apapun, adalah dengan menurunkan kaki kiri sebagai pijakan motor. 

Banyak masyarakat belum paham kaki mana yang harus turun saat berhenti. Kebumenupdate

Dengan menurunkan kaki kiri, pengendara dapat menghindari risiko terserempet atau tergilas oleh roda kendaraan di samping kita.

Hal ini dikatakan Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), main dealer motor Honda Jawa Barat.

Menurutnya cukup dengan kaki kiri sebagai pijakan saat motor berhenti.

Sementara kaki kanan tetap ditempatkan di atas pijakan motor untuk pengguna motor matic.

Bagi pengendara motor sport, kaki kanan selalu siap untuk menginjak pedal rem belakang. 

"Dengan kebiasaan seperti ini, saat berhenti di jalan menanjak, kita dapat memastikan motor tidak akan mundur," katanya.

Baca juga : Harga Yamaha Lexi 125 Bekas Mulai Rp 11 Jutaan, Ini Daya Tariknya

Kaki kiri turun lebih aman dari kendaraan lain.

Penggunaan rem belakang pun ternyata juga ada alasannya lho.

"Hanya mengandalkan rem depan saja dapat menyebabkan motor tertarik mundur dan berpotensi membuat pengendara terjatuh," tambahnya.

Dengan membiasakan hal kecil seperti ini, harapannya bisa membuat penegndara lebih sadar akan pentingnya keselamatan.

Jadi bukan hanya saat sedang melaju saja, tapi juga saat sedang berhenti, karena potensi bahaya ada dimana saja.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Galeri foto dan berita peluncuran Yamaha Lexi terbaru. Daya Tarik motor listrik Polytron Fox S. Ragam matic 110 cc Honda. Sepekan sejak diluncurkan, berita terkait Yamaha Lexi LX 155 2024 masih banyak dilihat pembaca Autofun.co.id. Mulai dari berita peluncuran, review-nya hingga galeri foto untuk melihat detail motor lebih jelas. Selain itu ada pula update harga motor matic Honda bermesin 110 cc seperti Honda BeAT dan Honda Scoopy. Kemudian ada pula pilihan motor matic harga murah tak sampai Rp
Pakai mesin 125 cc. Bagasi muat dua helm. Harga mulai Rp 21 jutaan. PT TVS Motor Company Indonesia (TVSMCI) resmi mengenalkan produk terbarunya yakni TVS Callisto 125 2024 (21/1/2024). Yup, motor matic tersebut kena upgrade dengan mengusung mesin 125 cc yang lebih bertenaga. Model ini menjadi pilihan baru selain TVS Callisto 110 dan TVS Calliston IntelliGO ya! Dari keterangan resminya, motor ini menawarkan performa, ruang penyimpanan terbesar dan terpanjang dengan gaya retro klasik. Presiden Dir
Tahun 2018 mulai Rp 12 jutaan. Mesin 125 cc bertenaga. Dek rata lebih praktis buat bawa barang. Versi barunya sudah keluar, Yamaha Lexi 125 kondisi bekas masih layak lho buat dipilih. Setidaknya bisa menjadi alternatif motor matic 125 cc yang bertenaga, namun dengan budget lebih hemat. Yup, meski 125 cc performanya lumayan memuaskan berkat teknologi katup Variable Valve Actuation (VVA). Asyiknya sudah banyak yang di bawah Rp 20 juta untuk model-model keluaran awal nih. Yamaha Lexi 125 Bekas Mula
Dibuat sebagai apresiasi pencapaian Arai Indonesia Desain Shuriken Gold belum pernah diproduksi Selain harga yang mahal serta dibuat terbatas, helm Arai RX-7X Nakano Shuriken Gold ini nyatanya punya nilai yang lebih prestisius bagi Arai Indonesia selaku distributor. Hal itu pun disampaikan langsung oleh Eric Saputra, CEO Arai Indonesia pada acara meet & greet bersama sang empunya helm yaitu Shinya Nakano, Minggu (21/1/2024). Penjualan Nomor Satu di Asia Tenggara "Awalnya itu karena pencapaian ka
Rem belakang cakram untuk tipe ABS. Ruang bagasi dan tangki bensin lebih besar. Awal tahun 2024 dunia permotoran sudah digemparkan dengan lahirnya Lexi baru setelah kurang lebih 6 tahun hadir di Indonesia, kini namanya menjadi Yamaha Lexi LX 155 2024. Motor ini ditawarkan dalam 3 pilihan tipe dengan varian tertinggi tentu saja sudah dibekali dengan sistem Y-Connect, smart key system, dan ABS. Harga jualnya Rp 29,900 juta on the road DKI Jakarta. Di harga segitu ternyata mepet dengan Honda Vario

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor