Versi barunya sudah keluar, Yamaha Lexi 125 kondisi bekas masih layak lho buat dipilih.
Setidaknya bisa menjadi alternatif motor matic 125 cc yang bertenaga, namun dengan budget lebih hemat.
Yup, meski 125 cc performanya lumayan memuaskan berkat teknologi katup Variable Valve Actuation (VVA).
Asyiknya sudah banyak yang di bawah Rp 20 juta untuk model-model keluaran awal nih.
Nah, melihat dari situs jual beli online di area Jabodetabek, ada yang membuka harga Rp 11 juta.
Yup, itu adalah harga termurah yang kami temui saat mengakses pada hari Minggu (21/1/2024) kemarin.
Namun rata-rata banderol untuk tipe Standard ada direntang harga Rp 14-15 jutaan.
Baca juga : Simak 5 Alasan Memilih Yamaha Lexi 125 2021, Skutik Kesayangan Anya Geraldine
Jika beruntung, pun tipe keyless ada yang dilepas Rp 14 jutaan juga lho.
Untuk produksi tahun 2019 maka harganya bermain diangka Rp 13 jutaan hingga 17 jutaan.
Lalu rakitan 2020 diangka Rp 15 jutaan sampai Rp 17 jutaan. Pada tahun ini tampilan motor juga lebih mewah.
Kalau tahun 2021 masih lumayan tinggi nih, direntang Rp 18 jutaan sampai Rp 19 jutaan.
Sedangkan rakitan tahun 2022 masih agak jarang unit bekasnya, kemungkinan pemilik masih betah pakainya.
Oiya, yang namanya motor bekas tentu harganya juga tergantung pada penjual dan juga kondisi unit ya.
Ada yang mulus karena jarang pakai, ada pula yang jam terbang tinggi dan pajak mati lama.
Jadi sebagai calon pembeli harus pintar-pintar memilih dan nego harga sesuai kondisi motor.
Baca juga : Yamaha Lexi Bekas Sudah di Bawah Rp 15 Juta Nih, Kenali Plus Minusnya Yuk!
Dibandingkan skutik Maxi Yamaha lainnya, Yamaha Lexi 2021 ini memang terlihat agak berbeda.
Bentuknya stylish dan elegan, dengan bodi yang agak lebih besar dari skutik entry level Yamaha.
Pada bagian depan disematkan lampu LED ganda, dengan aksen biru transparan yang memberi kesan mewah.
Garis bodi depan layaknya boomerang memberikan kesan dinamis.
Begitu pula lekuk dari cover mesin di tengah hingga bodi belakang yang terlihat melengkung manis.
Garisnya dinamis dan enak dilihat. Bagian bodi belakang ini sedikit nampak tebal karena ada bagasi yang cukup besar.
Yang paling unik tentu saja area dek yang dibuat rata, yang jadi satu-satunya dikeluarga Maxi Yamaha.
Panel meter berukuran besar dimilikinya. Fitur Stop Start System tersedia untuk Lexi S dan Lexi S-ABS.
Jangan lupakan juga fitur Brake Lock yang memudahkan saat motor berhenti.
Lalu juga terdapat Smart Key System tipe Keyless dan ABS, sehingga motor akan lebih aman dari pencuri.
Asyiknya remote kunci kontak juga terintegrasi dengan Answer Back System loh.
Tersedia pula power outlet, lampu hazard yang sudah jadi standar serta suspensi belakang dengan tabung alias sub-tank suspension.
Baca juga : Yamaha Lexi Bekas kian Bertebaran, Ada Unit 2019 cuma Rp13 Jutaan nih!
Jantung pacunya 124,7 cc dengan piston 52 mm dan langkah piston 58,7 mm. Rasio kompresinya pun cukup tinggi, 11,2 : 1 loh.
Karakter mesinnya halus dan penyaluran tenaganya merata berkat teknologi VVA tadi.
Output maksimal yang mampu dihasilkan mencapai 11,8 PS pada putaran 8.000 rpm.
Lantas untuk torsinya berada diangka 11,3 Nm saat putaran mesin menyentuh 7.000 rpm.
Banyak yang menjadikan motor ini sebagai matic sleeper, dengan upgrade pada mesin karena part performa sudah banyak tersedia.
Menarik?
Spesifikasi Yamaha Lexi 125 | ||
---|---|---|
Mesin | ||
Tipe Mesin | Liquid Cooled 4-stroke, SOHC | |
Jumlah Silinder | Single Cylinder | |
Diameter x Langkah | 52 x 58.7 mm | |
Perbandingan Kompresi | 11.2±0.4 | |
Volume Silinder | 124.7 cc | |
Daya Maksimum | 11,8 PS / 8000 rpm | |
Torsi Maksimum | 11.3 Nm / 7000 rpm | |
Sistem Starter | Electric starter | |
Sistem Pelumasan | Wet Sump | |
Kapasitas Oli Mesin | Total = 1.00 L ; Berkala = 0.90 L | |
Sistem Bahan Bakar | Fuel Injection | |
Tipe Kopling | Dry, Centrifugal Automatic | |
Tipe Transmisi | V-belt automatic | |
Dimensi | ||
P X L X T | 1970 mm x 720 mm x 1135 mm | |
Jarak Sumbu Roda | 1350 mm | |
Jarak Terendah Ke Tanah | 133 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 785 mm | |
Berat Isi | 114 kg | |
Kapasitas Tanki Bensin | 4,2 L | |
Rangka | ||
Tipe Rangka | Underbone | |
Suspensi Depan | Telescopic Fork | |
Suspensi Belakang | Unit Swing | |
Tipe Ban | Tubeless | |
Ban Depan | 90/90-14M/C 46P | |
Ban Belakang | 100/90-14M/C 57P | |
Rem Depan | Disc (ABS) | |
Rem Belakang | Drum | |
Kelistrikan | ||
Sistem Pengapian | TCI | |
Tipe Battery | YTZ7V | |
Tipe Busi | CPR8EA-9 / U24EPR-9 |