Suzuki Address, Matic Kecil Berbagasi Lega Cocok Untuk Mudik

Review Suzuki Address.
  • Punya segitiga berkendara nyaman.
  • Bagasi bisa menyimpan helm fullface.

Motor matic memang jadi pilihan yang menarik di era saat ini karena punya tingkat fungsionalitas cukup tinggi.

Salah satunya karena memiliki ruang bagasi lega, contohnya seperti Suzuki Address.

Motor matic 113 cc yang diluncurkan sejak tahun 2014 ini masih dijajakan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dengan banyak melakukan pembaharuan warna juga stripping.

Sekarang ini Suzuki Address punya harga jual Rp 19.933.500 untuk tipe standar, Rp 20.600.000 tipe Predator, dan Rp 20.866.500 untuk tipe Playful.

Tipe standar punya 3 pilihan kombinasi warna dengan striping atraktif, ada warna Stronger Red - Titan Black, Brilliant White, dan Titan Black.

Untuk tipe Predator di sini Address mencoba tampil lebih elegan dan mewah karena tidak menggunakan striping.

Melainkan pakai emblem dan finishing warna matte atau doff, pilihan warnanya ada Matt Bordeaux Red dan Matt Black.

Baca juga: Mudahnya Merawat SOCS, Teknologi Pendingin Mesin Suzuki V-Strom 250 SX

Suzuki Address tipe Predator

Sedangkan tipe Playful ini Suzuki benar-benar memberikan kesan ceria pada Address dengan menghadirkan 10 warna sekaligus.

Sebenarnya tipe ini pakai warna dasar hitam namun ada penambahan bodi di beberapa bagian yang membuatnya tampil berbeda ditambah pilihan warna cerah.

Pilihan warnanya ada Aura Yellow, Stronger Red, Luminous Orange, Hyper Pink, Macho Bright Blue, Mat Summer Red, Mat Fibroin Grey, Mat Stellar Blue, Mat Titanium Silver, dan Majestic Gold.

Desain Eropa Suzuki Address

Suzuki Address jadi salah satu produk SIS yang juga diekspor ke luar negeri, beberapa negara asia dan juga beberapa negara eropa untuk memenuhi market matic kecil di sana.

Jadi wajar kalau desainnya dibuat untuk bisa memenuhi selera market di beberapa negara, gak heran deh kalau desainnya sendiri untuk pasar Indonesia mungkin tidak semua menyukainya.

Baca juga: Mengenal Fitur Pengaman di Suzuki V-Strom 250 SX, Aktif Saat Motor Terjatuh

Suzuki Address tipe Playful

Pasalnya Address punya desain cukup gambot dan masih mempertahankan posisi lampu utama di setang.

Ini sedikit memberi kesan jadul di saat matic kecil di Indonesia mengadopsi posisi lampu utama di cover bodi depan.

Meski Begitu Suzuki tetap memberikan bumbu-bumbu racy di beberapa titik, seperti penggunaan lampu sein depan dan lampu belakang dengan desain lancip di sudut-sudutnya.

Ground clearance rendah juga menjadi salah satu ciri motor ini walaupun tidak serendah kompetitornya kala itu si Honda Spacy.

Menurut data spesifikasinya, Suzuki Address punya jarak terendah ke tanah 120 mm saja sehingga rawan ā€˜gesrotā€™ ketika melewati polisi tidur besar.

Teknologi Sederhana

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2014 hingga tahun 2024, bisa dibilang tidak ada update yang signifikan, hanya permainan warna dan desain striping saja.

Baca juga: Test Ride Suzuki Nex Crossover, Matic Gaya Adventure Paling Pol!

Spidometer masih analog.

Jadi gak heran kalau motor ini punya teknologi yang agak outdated di era yang serba modern ini.

Seperti masih mengandalkan lampu bohlam halogen di semua penerangannya, belum ada sentuhan LED sama sekali.

Begitu pula saat menengok spidometernya yang masih andalkan analog untuk penunjuk kecepatan dan bensin yang isi informasinya hanya odometer.

Bahkan penunjuk kecepatannya ini masih memanfaatkan kabel baja konvensional di roda depan.

Saklar di cover setangnya juga sederhana, di sebelah kanan hanya ada tombol starter tanpa tombol lampu karena sudah AHO (Automatic Headlight On).

Di kiri ada low beam dan high beam, sein, serta klakson.

Di pengereman Address andalkan rem depan cakram 190 mm dengan kaliper 1 piston, yang belakang tetap pakai tipe tromol dengan fitur brake lock.

Baca juga: Tampilan Baru Suzuki Nex Crossover 2024, Harga Tetap Rp 20 Jutaan

Cakram mungil dengan kaliper 1 piston | Foto: ANM

Kunci kontaknya sudah terintegrasi dengan pembuka jok, jadi gak perlu pindah kunci saat ingin membuka jok, dilengkapi pula dengan penutup magnet sebagai fitur keamanan.

Sayangnya belum ada fitur side stand switch di sini, artinya mesin akan tetap hidup ketika standar samping terbuka jadi terasa kurang aman dan terkesan jadul.

Kompartemen Lega

Dibalik teknologinya yang sederhana, Suzuki Address punya sisi penyimpanan yang cukup berguna dan fungsional pastinya.

Di sisi depan terdapat dua kantung penyimpanan dengan dimensi cukup dalam, artinya tidak ada masalah untuk menyimpan botol air mineral 650 ml.

Tapi sayangnya memang belum ada power outlet nih, jadi harus menambah sendiri.

Baca juga: Jualan Domestik Jeblok, Suzuki Satria F150 FI Moncer Buat Ekspor

Luas bagasi Address 20,6 liter

Di tengah terdapat gantungan barang yang cukup kokoh dan punya ruang tengah lumayan lega, jadi bisa menggantungkan barang dengan dimensi cukup besar.

Ruang lebih besar tentu ada di bawah joknya, punya dimensi bodi lebar dan cukup rendah ternyata ada sisi positifnya, karena desain rangka jadi lebih lega dan dalam untuk bagasinya.

Tercatat ruang bagasinya punya kapasitas mencapai 20,6 liter, bisa menampung helm half face dengan mudah, helm full face juga bisa masuk asalkan dengan bentuk cangkang yang tidak terlalu besar.

Ruang bagasi besarnya ini dikombinasi dengan tangki bensin yang juga cukup besar, menurut data spesifikasinya tangki bensin ini punya kapasitas tampungan 5,2 liter.

Segitiga Berkendara Nyaman

Efek positif dari dijualnya Address di beberapa negara lain ada pada segitiga posisi berkendaranya, untuk rata-rata postur orang indonesia yang 170 cm menjadi sangat pas.

Baca juga: Bos Suzuki Minta Maaf Banyak Dealer Motornya yang Tutup

Kunci kontak terintegrasi dengan kunci jok dan dilengkapi penutup magnet

Seperti posisi setang tinggi yang membuat lengan dan pundak terasa tegap juga santai.

Posisinya yang tinggi juga cukup aman saat setang belok patah tanpa khawatir terbentur dengkul pengendara.

Jarak dari jok ke pijakan kaki pengendara juga terasa cukup, posisi paha tidak sampai rata sehingga tidak membuat kaki terasa pegal saat berkendara lama.

Ruang pijakan kaki juga tergolong luas untuk ukuran sepatu 43, jadi leluasa bergerak-gerak.

Tinggi joknya 755 mm masih dalam batas aman untuk postur 170 cm karena bisa menapak dengan mudah.

Dimensi joknya cukup lebar jadi bisa menopang bokong dengan baik, hanya saja karakter busanya memang kurang empuk sedikit.

Suspensi depan dengan jarak main 90 mm dan belakang 105 mm juga cukup dapat diandalkan.

Jarang sekali mengalami bottoming dan karakter redamannya cukup lembut sehingga tidak terlalu menghentak badan.

Mesin Suzuki Address

Di sektor penggeraknya Suzuki Address dibekali dengan mesin 4 tak, SOHC 2 katup, pendingin udara, dan sudah fuel injection tentunya.

Baca juga: Menjajal Suzuki Burgman Street 125 EX, Bakal Nyaman Buat Harian?

Karakter mesin Address tidak responsif di putaran bawah namun mengisi di putaran tengah hingga tinggi | Foto: ANM

Kapasitas murni mesin ini 113,3 cc hasil dari kombinasi diameter piston 51 mm dan panjang langkah 55,2 mm, rasio kompresinya cukup rendah hanya 9,4:1.

Karakter yang disuguhkan Address cukup khas seperti mesin matic Suzuki lainnya, meski overstroke namun setingan CVT tidak dibuat responsif pada putaran rendah.

Suzuki Address di putaran rendah justru cenderung lemot, putaran mesin seakan lambat naik meskipun sudah digas cukup dalam.

Jadi wajar terasa kurang nyaman untuk menyalip atau melahap tanjakan dengan cepat.

Sensasi tenaga mesinnya justru baru akan terasa ketika jarum spidometer menyentuh angka 50 km/jam.

Tenaga terasa terus mengisi hingga putaran tinggi, vibrasi mesin juga terasa sangat minim baik di jok maupun di handgrip.

Sayangnya mesin ini masih mengandalkan sistem starter dinamo konvensional dengan pinion starter yang mengeluarkan bunyi ā€˜bletakā€™ khas, terdengar cukup keras saat menyalakan Address.

Kesimpulan

Dengan mesin yang smooth dan tangki bahan bakar yang cukup besar, Suzuki Address cocok untuk mobilitas harian atau pun touring.

Perkara akomodasi jelas bukanlah masalah besar, karena memudahkan kala dipakai untuk touring atau mudik, pemasangan top box diburitan pun bisa dilakukan dengan membeli behel versi Eropa.

Dengan mesin 113,3 cc jelas akan terasa sangat irit, terlebih dipakai touring karena motor melaju konstan.

Spesifikasi Suzuki Address

P x L x T 1.845 x 665 x 1.095 mm
Jarak sumbu roda 1.260 mm
Jarak terendah ke tanah 120 mm
Tinggi jok 755 mm
Berat isi 95 kg
Tipe mesin 4 langkah, SOHC 2 katup, pendingin udara, fuel injection
Bore x stroke 51 x 55,2 mm
Kapasitas mesin 113,3 cc
Rasio kompresi 9,4:1
Tenaga maksimal 9,4 ps @8.000 rpm
Torsi maksimal 8,6 Nm @6.000 rpm
Rem depan Cakram
Rem belakang Tromol
Ban depan 70/90-14
Ban belakang 80/90-14


 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

PT Daya Adicipta Motora ajak uji adrenalin di Pandora Experience Pandora Experience mengangkat tema Alas Purwo Senandung Lirih Medi Rimba Alas Purwo merupakan hutan sekaligus taman nasional Indonesia yang letaknya di Banyuwangi, Jawa Timur dan dikenal angker. Konon, cerita mistis di tempat ini justru banyak dimanfaatkan segelintir orang untuk berbuat syirik, mulai dari mendapatkan ilmu hitam sampai minta keberkahan. Tak hanya itu, hal-hal mistis lainnya adalah orang yang sompral saat masuk ke Al
Asap putih pertanda ada masalah mesin. Hal tersebut hal tak normal untuk mesin 4-tak. Ada banyak penyebab asal putih muncul. Lantaran bukan motor 2-tak, munculnya asap putih pada knalpot motor 4-tak tentu bukan pemandangan normal. Jikapun terjadi, artinya ada oli yang masuk ke ruang bakar. Apabila tetap dibiarkan, maka pelumas bakal berkurang signifikan. Dan, hal ini pun otomatis pula mengganggu kinerja pada perangkat mesin itu sendiri. Lantaran oli terus berkurang, maka tugas pelumas untuk melu
Jorge Martin memenangkan balapan sekaligus merebut puncak klasemen sementara Bagnaia dan Marquez adu kontak dan membuat keduanya terjatuh Vinales kehilangan podium akibat masalah girboks Pembalap rookie unjuk gigi di putaran kedua Jorge Martin membuktikan diri sebagai yang terbaik lantaran menjadi pemenang di laga puncak. Namun, jalannya balapan MotoGP Portugal yang berlangsung pada Minggu (24/3/2024) juga penuh dengan drama. Pembalap Prima Pramac Racing sendiri memang begitu digdaya sepanjang b
Interval servis berkala di sekitar 3.000-4.000 km. Penggantian part tiap pemilik berbeda tergantung kondisi jalan yang dilewati. Suzuki Burgman Street 125 EX berhasil mencuri banyak perhatian para pecinta sepeda motor di Indonesia, jadi tidak heran kalau inden motor CBU ini sampai mengular. Dari segi konsep memang terlihat motor ini mengincar desain maxi scooter tapi tetap dengan dimensi yang kompak. Terlihat dari bodi besarnya dengan banyak garis tegas, namun dipadu dengan pelek ring 12 inci sa
Vespa dan Aprilia berikan promo di bulan Ramadan Ada Special Offer sampai Rp8,5 juta dan Rp10,5 juta Anda yang berniat memiliki sepeda motor dari Vespa atau Aprilia, mungkin ini adalah saat paling tepat. Pasalnya, PT Piaggio Indonesia (PID) memberikan program menarik untuk sejumlah model motor Vespa dan juga Aprilia. Dengan mengusung tema Buy Now, Think Later, Let The Spirit of Ramadan Bring More Happiness, maka khusus di bulan suci setiap pembelian Vespa mendapatkan potongan Rp 8,5 juta ditamba

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda Stylo 160

Rp 27,55 - 30,43 Juta

Lihat Motor
ION Mobility

ION Mobility M1-S

Rp 49,00 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda EM1 e

Rp 400,00 Juta

Lihat Motor
Vespa

Vespa Elettrica

Rp 198,00 Juta

Lihat Motor
BSA

BSA Gold Star 650

Rp 380,00 Juta

Lihat Motor
Alva

Alva Cervo

Rp 37,75 Juta

Lihat Motor
Piaggio

Piaggio MP3 300

Rp 330,00 Juta

Lihat Motor
Mendatang
Kawasaki

Kawasaki Ninja ZX-4R

Rp 239,90 Juta

Lihat Motor
Suzuki Address
Lihat