Test Ride Suzuki Nex Crossover, Matic Gaya Adventure Paling Pol!

Suzuki Nex Crossover dengan konsep matic penjelajah
  • Ground clearance tinggi dan suspensi empuk.
  • Ruang bagasi tidak terlalu besar.
  • Konsumsi bensin tembus 45 km/liter.

Seperti yang kita tahu kalau Indonesia dibekali dengan jalur yang memiliki kontur jalan sangat beragam, tentunya ini cukup penting dalam memilih kendaraan yang tepat.

Bagi yang ingin memiliki matic kecil yang cocok dan bisa diajak melewati jalur tidak mulus rasanya bisa melirik Suzuki Nex Crossover.

Yup, bisa dibilang motor ini jadi motor matic kecil bergaya adventure paling pol, karena satu-satunya yang pakai ban dual purpose!

Kebetulan motor yang baru dapat penyegaran warna itu, telah tim Autofun Indonesia uji coba beberapa waktu lalu.

Kalau melihat dari laman resminya, Matic Suzuki ini punya harga jual Rp 20,660 juta on the road Jakarta.

Punya basic tampilan seperti Suzuki Nex II tapi dengan beberapa perbedaan agar sesuai dengan konsepnya.

Paling terlihat tentu saja ada penggunaan setang pipa yang sangat terekspos, beda dengan Nex II yang mana setangnya masih tertutup dengan cover atau batok.

Yang bikin matic ini punya tampilan berbeda juga adanya warna merah pada beberapa komponen.

Ground clearance paling tinggi di kelasnya

Seperti kaliper depan dan per suspensi belakang yang cukup mencolok serta memberi kesan sporty.

Suzuki Nex Crossover hadir dengan pilihan warna Titan Black/Solid Black dengan finishing matte atau doff cukup pekat di sekujur bodinya.

Baca juga: Suzuki : Peminat Burgman Street 125 EX di Luar Perkiraan Kami

Lalu ada juga warna Stronger Red-Titan Black pakai kombinasi warna merah glossy di sepatbor depan dan sayap kanan kirinya, selebihnya pakai warna hitam doff.

Dan yang terbaru adalah Pearl Ash Blue yang tampil cerah dan lebih memanjakan mata nih.

Posisi Berkendara Nyaman

Suzuki Nex Crossover menyuguhkan posisi berkendara yang nyaman, pertama berkat setang pipanya yang punya posisi tinggi dan sedikit lebar.

Posisi berkendara tergolong santai

Dengan begitu pundak terasa lebih tegap dan posisi lengan cukup santai, dikombinasi dengan tinggi dek pijakan kaki yang pas untuk postur 170 cm sehingga kaki tidak terlalu menekuk.

Sayangnya ruang pijakan kaki tidak terlalu besar, untuk ukuran sepatu 43 rasanya sangat ngepas sehingga tidak bisa banyak berganti atau berpindah posisi.

Baca juga: Honda dan Kawasaki Sudah, Suzuki Tak Berminat Jual Motor Listrik?

Setang pipa tinggi nyaman untuk lengan dan pundak

Karakter busa dan kulit pada jok Nex Crossover bisa dibilang cukup empuk, rasanya terbilang nyaman untuk dipakai berkendara berlama-lama.

Hanya saja dimensi joknya tidak terlalu lebar karena mengikuti ukuran bodinya yang ramping.

Handling Lincah

Karena punya dimensi ramping jadi tidak heran deh kalau Suzuki Nex Crossover punya handling yang terbilang lincah, apalagi kalau melihat spesifikasinya punya berat kosong 94 kg saja.

Bobotnya yang ringan dipadu dengan karakter suspensi nyaman, rasanya begitu cocok saat digunakan di jalur halus maupun jalur rusak.

Paling terasa adalah suspensi depan maupun belakang yang memiliki travel cukup panjang.

Jadi jarang sekali terasa bottoming atau mentok saat digunakan oleh rider denga bobot 62 kg.

Suspensi lembut dan punya jarak main panjang

Baca juga: Jual 12 Ribuan Unit Tahun Lalu, Suzuki Fokus Motor Matic

Karakter dampingnya lembut sehingga bisa meresap jalur rusak dengan baik tanpa terasa hentakan berlebih di badan pengendara.

Tapi konsekuesinya memang kalau diajak meliuk cepat terasa sedikit limbung.

Untuk menyesuaikan konsepnya, Nex Crossover dibekali ban dengan pattern dual purpose pakai IRC GP-5 ukuran 80/90-14 depan dan 90/80-14 belakang.

Meski tapak bannya terlihat kasar, tapi masih terasa nyaman dan mencengkram saat dipakai berkendara di jalur aspal.

Rem depan pakai kaliper Nissin 1 piston dengan cakram mungil

Pattern yang cukup dalam cukup membantu saat matic satu ini melewati jalur gravel atau semi offroad.

Karena bannya masih mendapat grip yang cukup sehingga Nex Crossover tetap mudah dikendalikan.

Baca juga: Test Ride Suzuki V-Strom 250 SX 2024, Idola Baru Buat Touring?

Di sektor pengereman matic ini menggunakan cakram depan kaliper Nissin 1 piston yang mengapit cakram mungil dengan ukuran sekitar 190-200 mm.

Rem belakang tidak dilengkapi pengunci

Feeling rem depannya cukup empuk dan pakem, begitu pula rem belakang tromolnya sehingga bisa menghentikan laju dengan cukup baik.

Sayangnya rem belakang tidak dilengkapi dengan pengunci atau brake lock, seperti motor sekelas dari kompetitor.

Fitur Suzuki Nex Crossover

Kalau bicara fitur dan teknologi di Nex Crossover memang tidak terlalu banyak ketika dibandingkan dengan kompetitornya.

Seperti seluruh lampu penerangnya masih menggunakan bohlam halogen, belum adanya sensor standar samping.

Seluruh lampunya masih pakai bohlam

Masih andalkan kunci kontak konvensional dengan pengaman magnet, dan suara starter khas karena masih pakai dinamo starter.

Baca juga: Rem Honda PCX Blong Juga Harga Matic Suzuki diartikel Favorit Sepekan

Dibalik itu Nex Crossover tetap diberi sentuhan fitur modern seperti spidometer full digital dengan latar lampu oranye.

Isi informasinya ada penunjuk kecepatan, penunjuk kapasitas bensin, trip A & B, volt meter, jam, dan pengingat servis.

Spidometer full digital dengan ukuran angka besar

Spidometernya punya ukuran informasi angka yang cukup besar sehingga sangat mudah dipantau selama perjalanan.

Saklar kanan terasa sepi karena lampu sudah mengusung AHO (Automatic Headlight On).

Kemudian starternya dilengkapi fitur Suzuki Easy Start System, cukup pencet tombol starter satu kali maka dinamo starter akan berputar selama beberapa detik hingga mesin hidup.

Saklar kanan dan kiri sederhana

Baca juga: Cek Fitur Honda CRF250 Rally dan Suzuki V-Strom 250 SX, Beda Harganya Rp 33 Jutaan!

Di saklar kiri tersedia tombol high beam dan low beam, sein, dan juga klakson tanpa adanya tombol pass beam.

Kompartemen Suzuki Nex Crossover

Dimensi bodi yang ramping tentu juga berpengaruh kepada ruang penyimpanan yang harus disesuaikan, di Nex Crossover sendiri ruang kompartemen pertama ada di sisi depan.

Kedua laci depannya punya ruang penyimpanan yang cukup miri, hanya saja sebelah kanan tidak bisa menyimpan botol minum terlalu tinggi.

Ya karena akan mentok dengan kunci rumah kontaknya, lalu di tengah terdapat gantungan barang.

Laci kanan dan kiri punya kapasitas mirip

Untuk bagasi di bawah jok ruangnya tidak terlalu besar karena berbagi tempat dengan tangki bensin 3,6 liter, belum lagi juga menjadi tempat penyimpanan baterai atau aki.

Baca juga: Daftar Harga Motor Suzuki Tahun 2024 di Indonesia, Mulai Rp 19 Jutaan

Akhirnya bagasi ini punya dimensi yang tidak terlalu dalam dan juga tidak lebar, bisa menyimpan jas hujan tapi perlu dilipat sangat kecil agar jok dapat tertutup sempurna.

Mesin 112,7 Cc Responsif

Mesinnya pakai kombinasi diameter piston 51 mm dengan panjang langkah 55,2 mm hingga menghasilkan kapasitas mesin 112,7 cc.

Bagasi di bawah jok berbagi tempat dengan tangki bensin dan aki

Lalu sudah fuel injection, SOHC 2 katup, pendingin udara, dan ada teknologi SEP atau Suzuki ECO Performance pada mesin ini.

Mesin mungil ini klaimnya punya tenaga maksimal 9 ps pada 9.000 rpm dan torsi maksimal pada 6.000 rpm, oiya sistem starternya elektrik dan masih ada engkol atau kick starter nih.

Baca juga: Suzuki Burgman 125 EX Ideal buat Touring, Berapa Harga Aksesorisnya?

Karakter mesin Nex Crossover memang terasa responsif sejak putaran rendah, tapi memang tidak se-responsif BeAT.

Mesin 113 cc pendingin udara yang minim vibrasi dan senyap

Nex Crossover ini responsifnya tetap kalem tapi tenaganya terasa linear dan terus mengisi hingga putaran tinggi.

Karakter CVT-nya gak bikin mesin ini terlalu banyak main di putaran tinggi sehingga tidak terlalu menggerung.

Suara dan vibrasi yang disuguhkan oleh mesin ini juga tergolong senyap dan minim, tidak banyak getaran baik saat idle juga saat berakselerasi.

Akselerasi Suzuki Nex Crossover

Untuk mengetahui kemampuan akselerasi mesin mungil ini, tidak lupa ada pengujian akselerasi untuk melihat seberapa cepat Suzuki Nex Crossover bisa melesat.

Baca juga: Kampas Kopling Suzuki Nex Bisa Buat BeAT dan Mio, Lebih Hemat dan Kuat!

Mesinnya bisa tembus top speed di spidometer 108 km/jam

Dites menggunakan alat uji akselerasi Racebox yang berbasis GPS sehingga pergerakannya menjadi lebih presisi.

Setelah beberapa kali pengujian didapat angka tercepat untuk mencapai 0-60 km/jam di angka 7,56 detik dan jarak 0-402 meter ditempuh selama 22,24 detik.

Top speed di spidometernya menunjukan angka 108 km/jam, tapi ternyata top speed di GPS hanya tercatat 98,18 km/jam, itu berarti ada deviasi kurang lebih sebesar 10%.

Untuk hasil lengkapnya bisa lihat di tabel tes di bawah.

Konsumsi Bahan Bakar

Tangki bensin Nex Crossover memang tergolong kecil karena hanya bisa menampung bensin 3,6 liter, namun seberapa jauh motor ini bisa melaju saat diisi penuh?

Baca juga: Deretan Motor Listrik Unik Suzuki, Ada Motor Kargo Hingga Robot Kuda

Untuk mengetahuinya motor ini diuji rata-rata konsumsi bahan bakarnya dengan metode full to full menggunakan bahan bakar RON 92.

Setelah itu Nex Crossover diajak berkendara sehari-hari dengan berbagai kondisi jalan mulai dari macet, menanjak, sampai sesekali gaspol untuk merasakan performa mesinnya.

Setelah beberapa kali pengujian akhirnya didapat rata-rata konsumsi bahan bakarnya ada di angka 45 km/liter.

Itu berarti sekali isi penuh tangki 3,6 liternya bisa membawa Nex Crossover melaju sejauh 162 kilometer.

Spesifikasi Suzuki Nex Crossover
P x L x T 1.890 x 765 x 1.055 mm
Berat kosong 94 Kg
Jenis mesin 4 Langkah, 1 silinder, SOHC 2 valve, pendingin udara, SEP
Kapasitas mesin 112,7 cc
Bore x stroke 51 x 55,2 mm
Tenaga maksimal 9 ps @9.000 rpm
Torsi maksimal 8,5 Nm @6.000 rpm
Sistem bahan bakar Fuel Injection
Sistem starter Elektrik dan engkol
Transmisi CVT
Kapasitas tangki 3,6 Liter
Rem depan Cakram
Rem belakang Tromol
Ban depan IRC GP-5 80/90-14
Ban belakang IRC GP-5 90/90-14
Data Tes
0-60 km/jam 7,56 detik
0-80 km/jam 14,87 detik
0-100 km/jam N/A
0-100 meter 8,76 detik
0-200 meter 13,71 detik
0-402 meter 22,24 detik
Top speed spidometer 108 km/jam
Top speed Racebox 98,18 km/jam
Konsumsi BBM 45 km/liter


 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Mesin disiksa di trek tanah berlumpur. Busi NGK jadi part bawaan. Rantai DID tersedia tipe untuk offroad. Acara Get Out & Play Games yang diadakan akhir pekan kemarin (2/3/2024) di Jonggol, Bogor berlangsung seru. Melibatkan puluhan komunitas pengguna motor trail Kawasaki, untuk latihan bersama dengan bumbu balap sebagai kompetisi kecil-kecilan. Beragam motor trail Kawasaki pun hadir, dari KLX150, KLX140R, KLX230S, KLX230R hingga KLX110. Bahkan juga termasuk moor special engine Kawasaki KX85 dan
Punya 1.000 lebih cabang. Jual lebih dari 4 juta ban motor tahun lalu. Planet Ban ikut peduli lingkungan. Tentunya Anda sering melihat toko ban motor bernama Planet Ban (PB) di daerah kalian bukan? Tak heran karena PB yang dioperasikan oleh PT Surganya Motor Indonesia telah memiliki lebih dari 1.000 cabang. Kalau dirunut, wilayah yang telah disinggahi PB ada Palembang, Lampung, Jawa, Bali, NTB hingga Kalimantan Utara. Dengan menawarkan beragam merek ban motor dan cabang yang segitu banyak, berap
Motor lebih aman dari pencurian. Banyak motor yang sudah pakai kunci keyless. Jadi fitur wajib saat ini. Ada yang bilang, jika semakin canggih teknologi keamanan motor, maka pencuri motor juga akan lebih canggih. Bukti nyata adalah motor-motor dengan kunci berpengaman magnet, kala muncul pertama kali sukses bikin pencuri gigit jari, tapi kini mereka sudah bisa membobolnya. Motor jenis skutik dengan kunci berpengaman magnet yang kerap jadi buruan pencuri ini ada Honda BeAT, Yamaha Nmax tipe terte
Harga termurah mulai Rp 31 jutaan. Termahal tembus Rp 36 jutaan. Pakai mesin 155 cc Blue Core. Selain Honda PCX 160, Yamaha Nmax 155 jadi salah satu motor matic premium yang diinginkan banyak orang. Dikenalkan pertama kali pada tahun 2015, kini motor tersebut sudah masuk generasi kedua. Pada generasi kedua yang dirilis akhir tahun 2019, motor ini mendapatkan banyak upgrade. Perubahan desain dan teknologinya terhitung masif, ada fitur Traction Control System dan Smart Key System untuk tipe ABS. P
Langsung meraih podium di debut pertamanya. Masih terkendala persiapan yang agak mepet. Fokus di Mandalika Racing Series 2024. MS Glow For Men Racing Team memulai debut balapnya di Mandalika Racing Series (MRS) 2024 Round 1 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok pada 2-3 Maret 2024 lalu. Tim balap ini turun di 2 kelas sekaligus, pertama di kelas National Supersport 600cc menggunakan Honda CBR600RR yang digeber oleh Dimas Ekky Pratama. Kelas berikutnya National Sport 250cc menggunak

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Suzuki NEX Crossover
Lihat