Honda Stylo 160 2024 hadir dengan nuansa baru di kelas matic modern classic, ditawarkan dalam 2 pilihan tipe.
Pertama ada tipe CBS yang dibanderol dengan harga Rp 27,550 juta dan untuk tipe ABS ada di harga Rp 30,425 juta, untuk on the road Jakarta.
Bisa dikatakan kalau harganya ini mepet dengan Yamaha Grand Filano tipe Lux yang merupakan tipe tertinggi dengan harga Rp 27,500 juta.
Lalu kalau dibandingkan dengan Vario 160 perbedaan harganya gak sampai Rp 1 juta!
Lantas apa saja fitur dan teknologi yang disuguhkan oleh Honda Stylo 160? Berikut ulasannya.
Seperti sebuah kewajiban pada beberapa motor Honda kalau sudah di atas Rp 20 jutaan pasti sudah dibekali dengan lampu full LED.
Baca juga: Kredit Honda Stylo 160, Cicilan Bisa Rp1 Jutaan
Begitu pula pada motor ini, dimulai dari lampu utamanya yang punya bentuk segienam yang menarik.
Lampu jauh dan lampu dekat dipisahkan oleh logo Honda di tengah yang sayangnya tidak bisa menyala.
Kalau melihat bentuk ini, memang rasanya familiar karena mirip dengan milik Vespa Sprint maupun Lambretta series.
Namun bedanya baik Sprint dan Lambretta punya lekuk yang lebih tegas sedangkan Stylo 160 terlihat lebih melandai.
Yang juga keren ada pada desain DRL serta lampu sein yang menyatu dalam bentuk sabit, DRL ada sisi bawah sedangkan sein menggunakan sisi atas.
Agar sisi tengah tidak terlalu kosong dan memberi kesan tegas, AHM menyematkan semacam grill pada mobil.
Baca juga: Comot Mesin Vario 160, Seberapa Nikmat Honda Stylo 160 Dikendarai?
Desain lampu belakang mengikuti lekuk bodinya yang turun melandai dengan dimensi lebar dan porsi lampu rem cukup besar.
Sedangkan seinnya membentuk L tipis tapi dengan pancaran terang. Buritannya pun jadi sedap dipandang.
Terakhir lampu penerang pelat nomor terpisah menggunakan model menonjol pada sepatbor belakang dan juga berisikan lampu LED putih.
Baik tipe CBS atau ABS sudah menggunakan Honda Smart Key System, pada remote-nya sudah dilengkapi juga dengan alarm dan answer back system.
Untuk membuka jok melalui tombol seat tepat di sebelah knob kontaknya, mirip seperti Vario maupun Scoopy.
Spidometernya sudah full digital dengan warna latar gelap atau negative display, bentuknya persegi panjang tapi dengan frame cukup lebar.
Baca juga: Beda Tipe Honda Stylo 160 2024, Selisih Harganya Rp 2,8 Jutaan!
Usut punya usut ternyata spidometernya ini sama seperti yang digunakan oleh Honda Airblade 160 untuk pasar Vietnam.
Isi informasinya meliputi fuel consumption realtime dengan model bar, lalu ada odometer yang bisa diganti menjadi Trip A, Trip B, dan Avg. fuel consumption.
Di tengah tentu saja ada penunjuk kecepatan lalu di bawahnya terdapat jam dan juga fuel meter dalam bentuk bar memanjang.
Kemudian fitur yang menjadi pembeda utama, yaitu tipe CBS (Combi Brake System) menggunakan cakram 190 mm dan kaliper 1 piston di depan, untuk belakang pakai tromol.
Baca juga: Alasan Honda Stylo 160 2024 Pakai Rangka eSAF dan Mesin eSP+
Sedangkan tipe ABS hanya 1 channel di depan, pakai cakram 220 mm dan kaliper 2 piston untuk depan dan belakang pakai cakram 220 mm dengan kaliper 1 piston.
Mesin matic 160 series ini juga sudah menggunakan starter halus yang memanfaatkan generator, atau biasa disebut ACG (Alternating Current Generator).
Penggunaan sistem starter ini dikombinasi juga dengan fitur ISS (Idling Stop System) untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.
Dalam hal ini AHM melakukan sesuatu yang baru dengan membuat konsol tengah yang sebelumnya tidak ada pada line up yang dijualnya.
Memang bukan menjadi pionir karena Vespa sudah lebih dulu melengkapi produknya dengan fitur tersebut.
Baca juga: Motor Listrik Honda EM1:e di Jabar lebih Mahal, Berapa Cicilannya?
Sayangnya pengunci konsol tengahnya tidak terintegrasi dengan kunci kontak, jadi tetap bisa dibuka tutup meskipun motor dalam kondisi terkunci.
Di dalam konsol tengahnya ini terdapat 2 kantung penyimpanan, yang kanan kapasitasnya kecil tapi dilengkapi dengan power outlet model USB Type-A.
Yang kiri lebih dalam untuk menaruh smartphone yang sedang dicas, jadi kabel saat ngecas akan menyebrang.
Kantung penyimpanan berikutnya ada bawah setangnya, lagi-lagi untuk sisi kanan tidak terlalu dalam.
Kalau yang kiri cukup dalam dan rasanya bisa digunakan untuk menyimpan botol minum 600 ml tanpa masalah.
Ruang penyimpanan lebih luas berada di bawah joknya, memang sih tidak terlalu besar karena hanya dapat menampung 16,5 liter.
Diameter ban yang digunakan Honda Stylo 160 jadi salah satu fitur unggulan di motor ini.
Pasalnya menggunakan set up sangat gambot di kelasnya, bahkan lebih besar dari sang adik yaitu Honda Scoopy.
Baca juga: Ragam Matic 110 Cc Honda, Ada yang Tembus Rp 20 Jutaan!
Desain peleknya juga berbeda dengan milik Scoopy, pakai bentuk palang Y dengan lebar 2.15 inci di depan dan lebar 2.50 inci untuk belakang.
Pelek barunya dibalut dengan ban IRC terbaru yang memang didevelop untuk Stylo 160, punya nama Mobicity dengan ukuran 110/90-12 di depan dan belakang 130/80-12.
Sedangkan jika dibandingkan dengan Scoopy hanya menggunakan ban 100/90-12 dan 110/90-12.
Kalau dibandingkan dengan Grand Filano justru lebih kecil karena hanya menggunakan ban 110/70-12 baik untuk depan maupun belakang.
Bahkan jika dibandingkan dengan Vespa matic ban milik Stylo 160 masih lebih besar, karena walau Vespa matic punya lebar pelek 3 inci tapi bannya hanya menggunakan 110/70-12 depan dan belakang 120/70-12.
Mesin utuh milik Honda Vario 160 turut dipasang pada Stylo 160 ini, tidak ada perbedaan dari basic mesin, CVT sampai rasio transmisi.
Baca juga: Honda Vario 160 Punya Jubah Baru, Ini Harganya
Satu perbedaannya hanya pada mapping ECM (Engine Control Module) yang disesuaikan kembali dengan konsep Stylo 160.
Itu berarti spesifikasi mesinnya pakai 4 langkah, eSP+, SOHC 4 katup, dan pendingin cairan.
Diameter pistonnya 60 mm dengan panjang langkah 55,5 mm, rasio kompresi dipatok 12:1 dengan klaim tenaga maksimal 15,4 Ps di 8.500 rpm dan torsi maksimal 13,8 Nm pada 7.000 rpm.
Saat kami jajal karakter tenaganya memang sangat identik dengan Vario 160 yang mana terasa sedikit lemot atau ‘ngeden’ saat awal melaju dari kondisi berhenti.
Baca juga: Honda Supra X 125 2024 Tampil Elegan, Iritnya Kebangetan!
Kami juga menjajal simulasi merayap dan stop and go di tanjakan, dengan bobot 62 kg lagi-lagi Stylo 160 terasa ‘ngeden’ saat awal berjalan.
Namun kalau sudah cruising tenaganya menjadi lebih responsif saat buka tutup gas.
Ketika gas dibuka penuh racikan CVT-nya membuat keluaran tenaga menjadi linear dari tengah hingga putaran atas.
Cuma memang belum bisa mencicipi performa Honda Stylo 160 sepenuhnya karena area tes yang terbatas.
Kalau begitu untuk versi lengkapnya tunggu nanti saat kami sudah pegang unit tesnya untuk pemakaian harian ya!
Spesifikasi Honda Stylo 160 | ||
---|---|---|
Tipe mesin | 4 Langkah, 4 Katup, eSP+, pendingin cairan | |
Kapasitas mesin | 156,9 cc | |
Bore x stroke | 60 x 55,5 mm | |
Rasio kompresi | 12:1 | |
Tenaga maksimal | 15,4 Ps @8.500 rpm | |
Torsi maksimal | 13,8 Nm @7.000 rpm | |
Sistem suplai bahan bakar | PGM-FI (Programmed Fuel Injection) | |
Sistem starter | Elektrik | |
Sistem transmisi | Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering | |
Kapasitas Oli | 0,8 liter (Penggantian Periodik) | |
Tipe rangka | Underbone - eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) | |
Ukuran ban depan | 110/90 - 12 M/C Tubeless | |
Ukuran ban belakang | 130/80 - 12 M/C Tubeless | |
Rem depan | 220 mm Cakram Hidrolik (ABS) & 190 mm Cakram Hidrolik (CBS) | |
Rem belakang | 220 mm Cakram Hidrolik (ABS) & Tromol (CBS) | |
Sistem pengereman | Anti-Lock Braking System (ABS) & Combi Brake System (CBS) | |
Tipe suspensi depan | Teleskopik | |
Tipe suspensi belakang | Swing Arm dengan Suspensi Tunggal | |
P x L x T | 1.886 x 706 x 1.133 mm (ABS) | |
1.886 x 701 x 1.133 mm (CBS) | ||
Jarak sumbu roda | 1.275 mm | |
Jarak terendah ke tanah | 151 mm | |
Tinggi tempat duduk | 768 mm | |
Berat kosong | 118 kg (ABS) | |
115 kg (CBS) |