Comot Mesin Vario 160, Seberapa Nikmat Honda Stylo 160 Dikendarai?

Sensasi mengendarai New Honda Stylo 160
  • Kaki-kaki gambot berpengaruh terhadap handling.
  • Performa jempolan di putaran tengah hingga atas.

Honda Stylo 160 bisa dikatakan sebagai Honda Vario 160 dengan skin modern classic, karena keduanya punya harga yang mirip bahkan dengan penggunaan basis mesin serupa.

Stylo 160 tipe CBS dibanderol dengan harga Rp27,550 juta dan untuk tipe ABS ada di harga Rp30,425 juta on the road Jakarta.

PT Astra Honda Motor (AHM) pun langsung menyediakan beberapa unit tes yang bisa dicoba oleh para rekan jurnalis dan tamu undangan lainnya.

Lantas seperti apa rasa berkendara dari matic baru Honda satu ini? Apakah mirip dengan Vario 160? Mari kita ulas.

Posisi Berkendara

Melalui presentasi saat peluncurannya, Stylo 160 dikatakan memiliki posisi jok paling rendah dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Baca juga: Top 5 : Kemunculan Honda Stylo 160; Tiga Tipe Yamaha Lexi LX 155

Jok rendah namun lebar dan keras

Ini benar adanya, karena menurut data spesifikasinya motor ini punya tinggi jok 768 mm. Namun untuk pemilik postur 172 cm ternyata masih sedikit jinjit.

Meski posisi jok rendah, desain jok yang lebar cukup mengganjal paha pengendara ketika kaki akan menapak. Jika mau lebih menapak bisa memposisikan duduk sedikit lebih maju karena bentuk joknya tirus ke sisi depan.

Kulit jok pada tipe ABS pakai warna cokelat sedang tipe CBS pakai hitam. Mengenai materialnya dijelaskan kalau mendekati kulit asli. Tapi, karakternya justru menjadi sedikit kaku ditambah dengan busa jok yang tidak terlalu kenyal.

Posisi setangnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan Vario 160, ini membuat posisi lengan dan pundak lebih rileks.

Baca juga: Beda Tipe Honda Stylo 160 2024, Selisih Harganya Rp 2,8 Jutaan!

Setang tidak terlalu lebar, cukup tinggi, dan cukup menekuk ke arah pengendara

Dimensi setang juga tidak terlalu lebar dan punya lekuk ke arah pengendara yang pas. Saat belok patah pun ujung setang tidak sampai mentok ke kaki pengendara.

Selain beberapa poin soal kenyamanan di atas, sayangnya dek pijakan kaki pengendara milik Stylo 160 tergolong sempit. Sepatu ukuran 42 memiliki ruang yang tidak terlalu banyak sehingga kurang leluasa dalam menentukan posisi kaki.

Handling Lincah

Menggunakan basic yang identik dengan Vario 160 ternyata juga membuat berat dari Stylo 160 identik. Untuk tipe CBS beratnya serupa yaitu 115 kg sedangkan untuk tipe ABS 118 kg yang mana Stylo 160 ABS 1 kg lebih berat dibanding Vario 160 ABS (117 kg).

Namun Stylo 160 dibekali dengan roda yang lebih gambot, pelek ring 12 inci lebar 2.15 inci dibalut ban 110/90-12 untuk depan dan belakang pelek lebar 2.50 inci dengan ban 130/80-12 paling gambot di kelasnya.

Baca juga: Alasan Honda Stylo 160 2024 Pakai Rangka eSAF dan Mesin eSP+

Posisi berkendara cenderung santai

Lantas seperti apa karakter handlingnya? Ternyata cukup lincah! Stylo 160 terasa begitu mudah dikendalikan, walaupun memang untuk membuatnya ‘rebah’ perlu sedikit ditekan.

Ini merupakan efek samping dari penggunaan ban gambot membuat handlingnya lincah dengan cengkraman ekstra tapi sedikit butuh tekanan agar Stylo bisa belok sampai ‘rebah’, kalau hanya untuk belok biasa sih rasanya tidak ada masalah.

Untuk suspensinya ternyata punya karakter redaman yang kontras, suspensi depan terasa begitu lembut bahkan cenderung limbung ketika diajak berbelok cepat.

Tapi terasa nyaman ketika melewati kondisi polisi tidur karena bisa meresap guncangan. Kendati demikian, karakter ini akan menimbulkan gejala mentok atau bottoming. Untuk itu akan kami uji lebih jauh jika sudah mendapatkan unit tesnya.

Baca juga: Geger! Honda Stylo 160 Resmi Dijual Mulai Rp 27 Jutaan

Ground clearance tinggi bikin Stylo 160 gak gampang mentok ke jalan

Suspensi belakang justru berbanding terbalik karena redaman awalnya memang empuk saat baru pertama kali diduduki. Namun begitu dibawa melewati polisi tidur ternyata hentakannya cukup terasa ke badan.

Sisi positifnya tentu saja area ‘bokong’ terasa stabil ketika meliuk cepat dan agresif, walaupun jadi kurang nyaman ketika melewati jalur rusak.

Honda Stylo 160 memiliki ground clearance 151 mm atau 11 mm lebih tinggi jika dibanding Vario 160. Salah satunya faktornya tentu saja karena penggunaan profil ban gambot.

Karenanya pengendara benar-benar bebas meliuk tanpa khawatir standar tengah ‘gesrot’ ke aspal. Kalaupun menyentuh aspal itu sudah dalam kondisi yang sangat miring.

Rem Pakem

Seluruh unit yang diuji merupakan tipe ABS, cakram depan berdiameter 220 mm diapit kaliper 2 piston plus ABS, lalu di belakang pakai diameter cakram yang sama namun dengan kaliper 1 piston.

Baca juga: Motor Listrik Honda EM1:e di Jabar lebih Mahal, Berapa Cicilannya?

Tipe ABS pakai cakram 220 mm dengan kaliper depan 2 piston, dijamin pakem!

Di sektor ini rasanya tidak ada masalah karena respons remnya cukup empuk dan bisa menghentikan laju Stylo 160 dengan sangat baik.

Begitu pula dengan respons modul ABS saat mendeteksi roda depan mengunci, hentakan pada handle rem depan terasa halus tidak terlalu menghentak.

Sayangnya, untuk tipe ini memang tidak dilengkapi dengan parking brake lock. Padahal, fungsinya cukup penting untuk menjaga motor tidak bergerak saat di persimpangan atau ketika parkir di tanjakan atau jalur tidak rata.

Mesin Lemot tapi Kencang

Mesin utuh milik Vario 160 turut dipasang pada Stylo 160 ini, tidak ada perbedaan dari basic mesin, CVT sampai rasio transmisi.

Baca juga: Kredit Honda Stylo 160, Cicilan Bisa Rp1 Jutaan

Mesin lemot di tarikan awal namun responsif di putaran rendah dan tinggi

Satu perbedaannya hanya pada mapping ECM (Engine Control Module) yang disesuaikan kembali dengan konsep Stylo 160.

Itu berarti spesifikasi mesinnya pakai 4 langkah, eSP+, SOHC 4 katup, dan pendingin cairan.

Diameter pistonnya 60 mm dengan panjang langkah 55,5 mm, rasio kompresi dipatok 12:1 dengan klaim tenaga maksimal 15,4 Ps di 8.500 rpm dan torsi maksimal 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

Saat kami jajal karakter tenaganya memang sangat identik dengan Vario 160 yang mana terasa sedikit lemot atau ‘ngeden’ saat awal melaju dari kondisi berhenti.

Baca juga: Daya Tarik Honda Vario 160 ABS, Lebih Murah Dari Yamaha Lexi LX 155 Termahal!

Mesin identik dengan milik Vario 160, beda di mapping ECM saja

Kami juga menjajal simulasi merayap dan stop and go di tanjakan, dengan bobot 62 kg lagi-lagi Stylo 160 terasa ‘ngeden’ saat awal berjalan.

Namun kalau sudah cruising tenaganya menjadi lebih responsif saat buka tutup gas, ketika gas dibuka penuh racikan CVT-nya membuat keluaran tenaga menjadi linear dari tengah hingga putaran atas.

Cuma memang belum bisa mencicipi tenaga Stylo 160 sepenuhnya karena area tes yang terbatas. Kalau begitu untuk versi lengkapnya tunggu nanti saat kami sudah pegang unit tesnya untuk pemakaian harian. 

Spesifikasi Honda Stylo 160
Tipe mesin 4 Langkah, 4 Katup, eSP+, pendingin cairan
Kapasitas mesin 156,9 cc
Bore x stroke 60 x 55,5 mm
Rasio kompresi 12:1
Tenaga maksimal 15,4 Ps @8.500 rpm
Torsi maksimal 13,8 Nm @7.000 rpm
Sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Sistem starter Elektrik
Sistem transmisi Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
Kapasitas Oli 0,8 liter (Penggantian Periodik)
Tipe rangka Underbone - eSAF (enhanced Smart Architecture Frame)
Ukuran ban depan 110/90 - 12 M/C Tubeless
Ukuran ban belakang 130/80 - 12 M/C Tubeless
Rem depan 220 mm Cakram Hidrolik (ABS) & 190 mm Cakram Hidrolik (CBS)
Rem belakang 220 mm Cakram Hidrolik (ABS) & Tromol (CBS)
Sistem pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) & Combi Brake System (CBS)
Tipe suspensi depan Teleskopik
Tipe suspensi belakang Swing Arm dengan Suspensi Tunggal
P x L x T  1.886 x 706 x 1.133 mm (ABS)
1.886 x 701 x 1.133 mm (CBS)
Jarak sumbu roda 1.275 mm
Jarak terendah ke tanah 151 mm
Tinggi tempat duduk 768 mm
Berat kosong 118 kg (ABS)

115 kg (CBS)

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Dealer motor Suzuki banyak yang tutup. Disebut banyak yang kembali ajukan untuk jadi dealer. Suku cadang bisa dipesan secara online. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berharap tahun 2024 ini menjadi tahun kebangkitannya di Indonesia. Pasalnya seperti yang kita ketahui, dalam beberapa tahun terakhir merek motor Suzuki kalah pamor. Tak hanya dari sesama merek Jepang, tapi juga dari merek-merek baru yang bermunculan di Indonesia. Lewat kehadiran Suzuki Burgman Street 125 EX, SIS menyebut produk ini a
Honda Stylo 160 hadir dalam dua tipe, ABS dan CBS. Selisih harga Rp 2,875 juta. Andalkan mesin 160 cc eSP+. Honda Stylo 160 2024 jadi keluarga terbaru yang ditawarkan PT Astra Honda Motor di pasar otomotif roda dua di Tanah Air. Kehadiran Honda Stylo 160 juga menjadi koleksi baru bagi perusahaan berlogo sayap kepak, untuk skuter bergaya retro modern. Karena sebelumnya mereka sudah memiliki sosok Honda Scoopy dan Honda Genio. Nah, Anda yang tertarik dengan Honda Stylo 160 sejatinya harus tahu, ba
Keduanya punya tipe Lux dan Neo. Andalkan mesin hybrid. Smart key system sudah jadi standar. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberikan penyegaran untuk Grand Filano dan Fazzio. Kedua motor tersebut bersolek dan kini tampil dengan kelir baru yang lebih berkelas dan ekspresif. Kedua produk kategori Classy Yamaha itu terus mendapatkan tempat dimasyarakat. Produk Classy Yamaha disebut menjadi kategori skuter fashonable sehingga perlu terus melakukan update. "Salah satunya dengan peny
Harga mulai Rp 25 jutaan. Cicilan dari Rp 1 jutaan saja. Banyak yang baru dari motor ini. Kredit Yamaha Lexi LX 155 terbaru tentu saja bisa Anda dapatkan di dealer terdekat yang sudah menjalin kerja sama dengan leasing atau perusahaan pembiayaan. Ya, motor ini memang bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin punya skuter dari keluarga Maxi, terlebih model terbaru ini baru saja meluncur pada Januari 2024. Untuk pasar Indonesia, Yamaha Lexi LX 155 hadir dalam tiga varian, yaitu Standard, S Version da
Rangka eSAF jadi andalan. Mesin eSP+ identik Vario 160. Harga mulai Rp 27 jutaan. PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menambah lini produknya, dengan menghadirkan Honda Stylo 160 2024 kemarin (2/2/2024). Motor bergaya retro modern tersebut dipasarkan dengan dua tipe, yakni CBS (Combi Brake System) dan ABS (Anti-lock Braking System). Harga jualnya mulai dari Rp 27,550 juta (CBS) dan Rp 30,425 juta (ABS), untuk on the road Jakarta. Motor ini menggunakan rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Fram

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor