PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menambah lini produknya, dengan menghadirkan Honda Stylo 160 2024 kemarin (2/2/2024).
Motor bergaya retro modern tersebut dipasarkan dengan dua tipe, yakni CBS (Combi Brake System) dan ABS (Anti-lock Braking System).
Harga jualnya mulai dari Rp 27,550 juta (CBS) dan Rp 30,425 juta (ABS), untuk on the road Jakarta.
Motor ini menggunakan rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) yang sempat viral beberapa waktu lalu.
Kemudian kapasitas mesin yang diusung mencapai 156,9 cc dengan teknologi eSP+ (enhanced Smart Power Plus).
Kedua hal ini menjadi pertanyaan banyak orang, kenapa dipasangkan pada motor bergaya retro modern seperti ini.
Menurut Octavianus Dwi Putro, Marketing Director AHM, hal ini karena keduanya punya kelebihan.
Baca juga : Geger! Honda Stylo 160 Resmi Dijual Mulai Rp 27 Jutaan
"Rangka ini ringan dan related dengan konsumsi bahan bakar, itulah kenapa akhirnya kita mengejar pakai rangka ini," ucapnya disela peluncuran.
Octa juga menambahkan, dengan rangka yang ringan maka beban motor juga berkurang.
"Tapi dengan ringannya itu, dia juga agile (lincah) dan meredam getaran, sehingga kami percaya ini masih jadi pilihan yang baik," ungkapnya.
Mengenai rangka eSAF pada beberapa produk Honda yang sempat bermasalah, menurutnya sudah bisa dilalui.
Hal ini karena AHM telah melakukan pengembangan produk, yang mana akan selalu ada perubahan.
"Intinya perubahan yang dilakukan itu jadi lebih baik dan meyakinkan, kami tetap komitmen untuk garansi rangka lima tahun," beber Octa.
Lalu untuk penggunaan mesin 160 cc eSP+, ada beberapa alasan kenapa Honda Stylo 160 menggunakan dapur pacu tersebut.
Pertama, karena adanya permintaan pasar yang ingin motor fashionable tapi juga bertenaga.
Alasan berikutnya adalah karena mesin tersebut masih bisa tetap menjaga keunggulan efisiensi bahan bakar.
"Masih bisa mencapai 45 km/liter," sambung Takuro Nakamura, Large Project Leader Honda Stylo 160, Honda Motor Co.,Ltd.
Baca juga : Update Harga Matik Retro Modern Murah, Ada Fazzio dan Stylo 160!
Nakamura juga mengungkapkan, pada dasarnya Honda menggunakan mesin yang sama dengan Vario 160.
Tak heran memang, karena output tenaga dan torsinya identik, yakni 15,4 PS di 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm di 7.000 rpm.
"Tetapi ada beberapa hal yang kami adjust untuk menyesuaikan juga dengan frame yang dipakai pada Stylo ini," pungkas Nakamura.