PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara resmi meluncurkan Yamaha NMax terbaru, dengan berbagai penyempurnaan.
Perusahaan dengan logo garpu tala tersebut memberikan sentuhan baru mulai dari desain, fitur hingga performa mesin.
Ya, skuter matik yang masih keluarga Maxi ini hadir juga dengan lima varian berbeda, dan tiga diantaranya mendapatkan embel-embel ‘Turbo’.
Varian Yamaha NMax terbaru ini terdiri dari termurah yaitu Neo Version, Neo S Version, Turbo, Turbo Tech Max dan juga termahal Turbo Tech Max Ultimate.
Baca juga: Yamaha NMax Turbo Meluncur, Harga Tembus Rp 45 Juta!
Dari semua varian yang ditawarkan, tentu saja semua unitnya dibuat semirip mungkin.
Lihat saja pada bagian lampu-lampu sudah menggunakan LED dan pada bagian depan dilengkapi Dual Projector LED sehingga pencahayaan jadi optimal, lebih terang.
Yamaha NMax juga sudah dilengkapi electric power outlet, bagasi luas yang mampu menampung 25 liter.
Selain itu semua varian NMax terbaru memiliki Start & Stop System sehingga bisa mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu saat motor berhenti.
Baca juga: Sejak 2015, Lebih Dari 3 Juta Unit Yamaha NMax Terjual di Indonesia
Seperti halnya dimensi kelima varian ini sejatinya masih sama, sebagai berikut:
Dimensi Yamaha NMax | |||||
---|---|---|---|---|---|
Keterangan | Neo Version | Neo S Version | Turbo | Turbo Tech Max | Turbo Tech Max Ultimate |
Panjang | 1.935 mm | ||||
Lebar | 740 mm | ||||
Tinggi | 1.200 mm | ||||
Jarak Sumbu Roda | 1340 mm | ||||
Jarak Terendah Ke Tanah | 135 mm | ||||
Tinggi Tempat Duduk | 770 mm | ||||
Kapasitas Tangki Bensin | 7,1 liter |
Selain dimensi, persamaan lainnya yang ada pada Neo Version, Neo S Version, Turbo, Turbo Tech Max, maupun Turbo Tech Max Ultimate adalah rangka, suspensi, hingga kaki-kaki.
Baca juga: Yamaha NMax Turbo Ultimate Pakai Performance Damper, Dijual Terpisah?
Rangka | |||||
---|---|---|---|---|---|
Keterangan | Neo Version | Neo S Version | Turbo | Turbo Tech Max | Turbo Tech Max Ultimate |
Tipe Rangka | Underbone | ||||
Suspensi Depan | Teleskopic | ||||
Suspensi Belakang | Unit Swing | ||||
Ban Depan | 110/70 - 13 M/C 48P | ||||
Ban Belakang | 130/70 - 13 M/C 63P | ||||
Rem Depan | Hydraulic Single Disc Brake | ||||
Rem Belakang | Hydraulic Single Disc Brake |
Nah, untuk kali ini Autofun akan secara khusus menjabarkan perbedaan dari kelima varian tersebut. Berikut ulasannya:
Sekilas memang terlihat sama, namun sejatinya ada beberapa yang berbeda, khususnya pada bagian fitur.
Ya, Yamaha NMax Neo Version yang menjadi varian termurah fitur terbarunya hanya seputar Y-Connect dan Electric Power Outlet.
Diketahui, fitur Y-Connect dapat memberikan notifikasi pesan dan telepon, perih informasi yang ada pada layer panel meter yang informatif.
Adapun bobot untuk NMax Neo Version hanya seberat 130 kg.
NMax Neo Version hadir dengan empat pilihan warna, yaitu White, Dull Blue, Red dan juga Black.
Harga NMax Neo Version dengan status on the road yaitu Rp 32.700.000.
Untuk Neo S Version, pada dasarnya apa yang di Neo Version seperti Y-Connect dan Electric Power Outlet dipastikan ada pada versi ini.
Akan tetapi untuk perbedaannya terletak dari keberadaan fitur Smart Key System.
Berat Neo S Version juga masih sama seperti Neo Version yaitu mencapai 130 kg.
Demikian juga dengan pilihan warna White, Dull Blue, Red dan juga Black.
Harga NMax Neo S Version lebih mahal Rp1 juta dari Neo Version yaitu Rp 33.700.000.
Beralih ke NMax Turbo, tipe jadi lebih lengkap dari Neo Version maupun Neo S Version, karena selain ada Y-Connect, Electric Power Socket, Smart Key System, varian ini dilengkapi Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT)
Diketahui, YECVT ini satu tingkat di atas CVT konvensional, karena memungkinkan pengendara dapat memindahkan rasio dengan mudah saat dibutuhkan.
Varian ini juga sudah dilengkapi Turbo Riding Mode yang mempunyai dua mode berkendara, yaitu:
Ada juga tombol Turbo Y-Shift, dimana fitur ini akan memberikan pengalaman akselerasi dengan 3 tingkatan yaitu 1:low, 2: medium, 3:High, yang dapat dioperasikan dengan menekan tombol Y-Shift saat berakselerasi maupun saat ingin merasakan engine brake.
Pilihan warna NMax Turbo sangat terbatas, yaitu hanya Magma Black dan juga Dark Silver.
Keberadaan fitur YECVT bikin motor ini beratnya jadi 133 Kg, dan harganya jadi dibanderol Rp 37.750.000.
Untuk paket fitur lengkap dan semakin mewah, maka pilihannya NMax Turbo Tech Max.
Ya, untuk varian ini sudah dilengkapi Y-Connect, Electric Power Outlet USB Type C, Smart Key System, dan YECVT.
Namun nggak sampai disitu, masih ada lagi Dual Channel ABS, Multi Information Display, TFT Special Navigation System, dan Spesial TechMax Seat.
NMax Turbo Tech Max dan Ultimate juga dilengkapi Traction Control System (TCS), dimana sistem ini dirancang untuk mengurangi resiko ban selip di segala situasi permukaan jalan pada saat berakselerasi.
NMax Turbo Tech Max bobotnya lebih berat 5kg dari versi Neo, yaitu 135 kg
Warna untuk NMax Turbo Tech Max hanya Magma Black dan dibanderol Rp 43.250.000.
Tipe NMax Turbo Tech Max Ultimate jadi paling lengkap lagi, sebab semuanya yang ada di NMax Turbo Tech Max juga disematkan pada varian ini.
Namun varian ini punya sudah dilengkapi accessories khusus berupa Performance Damper.
Dengan kebaradaan Performance Damper, maka saat sepeda motor melaju akan mendukung performa handling, sehingga jadi lebih stabil, termasuk ketika bermanuver.
Harga untuk NMax Turbo Tech Max Ultimate yang juga hanya memiliki warna Magma Black dijual Rp 45.250.000.
Mesin Yamaha NMax | |||||
---|---|---|---|---|---|
Keterangan | Neo Version | Neo S Version | Turbo | Turbo Tech Max | Turbo Tech Max Ultimate |
Tipe Mesin | 155cc Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC | 155cc Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC + YECVT | |||
Jumlah/Posisi Silinder | Single Cylinder | ||||
Volume Silinder | 155.09 cc | ||||
Diameter x Langkah | 58 mm x 58.7 mm | ||||
Perbandingan Kompresi | 11.6 : 1 | ||||
Daya Maksimum | 11.3 kW / 8000 rpm | ||||
Torsi Maksimum | 14.2 Nm / 6500 rpm | ||||
Sistem Starter | Electric Starter | ||||
Sistem Pelumasan | Wet Sump | ||||
Kapasitas Oli Mesin | 0.9 L | 1 L | |||
Sistem Bahan Bakar | Fuel Injection | ||||
Tipe Kopling | Single Dry Clutch | ||||
Tipe Transmisi | Automatic | ||||
Sistem pengapian | TCI | ||||
Baterai | YTZ6V/YTZ7V | ||||
Tipe Busi | NGK/CPR8EA-9 |