Intip Setelan 'Kirian' Yamaha NMax Turbo

Bagian dalam CVT Yamaha NMax Turbo
  • Komponen pada CVT NMax Turbo berbeda dengan NMax standar
  • Sehingga membuat belt reduction ratio keduanya juga tak sama 

Peningkatan performa Yamaha NMax Turbo tak lepas dari setelan CVT (Continuously Variable Transmission) atau 'kirian' yang berbeda dibanding versi terdahulu. 

Sebagaimana diketahui, Yamaha NMax Turbo kini dilengkapi teknologi YECVT (Yamaha Electric Continuously Variable Transmission), di mana mekanisme pergerakan primary pulley tidak lagi mengandalkan roller. 

Komponen Utama YECVT NMax Turbo

Kali ini, gaya sentrifugal yang dihasilkan oleh v-belt pada CVT NMax Turbo berasal dari komponen-komponen YECVT. Terdiri dari ECVT Motor, Fixed Screw Assy, Gear Reduction. Sliding Screw Assy dan Primary Sheave Assy.

Kunci utamanya tentu saja pada ECVT Motor yang bertugas menggantikan peran roller. Bahkan, berkat ECVT Motor yang terhubung dengan TCU (Transmission Control Unit), rasio pulley dapat diatur manual via tombol Shift di area setang sebelah kiri pada NMax Turbo. 

Faktanya pula, beberapa komponen 'kirian' pada Yamaha NMax Turbo didesain berbeda dengan NMax biasa, misalnya saja Primary Sliding Sheave. 

Berbeda dengan kepunyaan NMax sebelumnya atau NMax Neo maupun Neo S Version sekarang, komponen milik NMax Turbo memiliki bilah-bilah lebih datar. Tentu saja tak ada ceruk untuk tempat roller.

Pulley NMax Turbo lebih lebar 0.8 mm dibanding versi standar

Baca juga: Buka-bukaan Mesin Yamaha NMax Turbo, Ini 5 Daftar Perubahannya!

"Untuk diameternya juga lebih besar menjadi 139,5 mm atau hampir 10 mm dari NMax Neo," buka Ferry Nurul Iman dari Technical Information Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pafa sesi workshop Yamaha NMax Turbo di Yamaha Mekar Motor Cibinong, Jawa Barat beberapa waktu lalu. 

Ukuran Per CVT NMax Turbo

Lebih lanjut, pembeda komponen CVT NMax Turbo juga terdapat pada Spring Secondary. Dari pemaparan Ferry diungkap jika per CVT Yamaha NMax Turbo punya ukuran lebih panjang yaitu 161,5 mm, sementara NMax Neo atau varian standar berukuran 112,8 mm. 

Perbandingan per CVT NMax Turbo dan NMax Standar (kiri-kanan)

Baca juga: Ini Yang Terjadi Ketika YECVT Yamaha NMax "Turbo" Rusak

Hal ini berpengaruh kepada daya tekan maksimal yang dihasilkan yaitu 447 N pada NMax Turbo dan 284 N untuk NMax versi standar. 

Diferensiasi pun terlihat pada lebar v-belt. Jika pada NMax standar atau Neo dan Neo S, lebar dari komponen tersebut adalah 24,1 mm. Sementara v-belt NMax Turbo memiliki lebar 24,9 mm. 

Perbedaan ini pula yang mendorong penyetelan kirian pada NMax Turbo berbeda dengan NMax non YECVT pada varian NMax Neo dan NMax Neo S Version. 


 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Helm Cargloss Retro paling banyak diburu pengunjung Jakarta Fair 2024 Salah satunya helm peruntukkan pengguna hijab Selama 2 pekan perhelatan Jakarta Fair 2024 berlangsung, helm Cargloss tipe retro dan hijab disebut paling banyak diburu oleh pengunjung. Hadir dalam event perayaan ulang tahun Jakarta ke-497 kali ini, Cargloss Group menampilkan seluruh jajaran produk terbaiknya. Termasuk pula helm Cargloss retro yang tak lain menjadi line up andalan mereka. Pun halnya pada tahun ini, helm tersebut
Pakai konsep mini scrambler yang gagah. Spesifikasi mesin tetap 125 cc. Momentum kegiatan tahunan Jakarta Fair 2024 dimanfaatkan oleh PT MForce Indonesia untuk meluncurkan beberapa produk sepeda motor baru. Yang pertama ada CFMoto Papio XO-2, ini merupakan saudara baru dari Papio XO-1 yang sudah meluncur lebih dulu. Namun harganya memang terpaut jauh, Papio XO-1 bermain di angka Rp 33,8 juta sedangkan Papio XO-2 dibanderol Rp 38,9 juta on the road Jadetabek. Yang paling membedakan dari motor ini
Kick Starter Honda BeAT dihilangkan Banyak konsumen kini tak lagi memakai kick starter Honda BeAT terbaru kini lebih ringan dibandingkan model terdahulu, yaitu cuma 87 kg atau lebih ringan 3 kg dari sebelumnya. Pengurangan bobot ini satu diantaranya karena tidak menggunakan kick starter atau tuas engkol. Pasalnya rangkaian komponen tuas engkol dipercaya mampu mengurangi beban hingga 1 kg. Baca juga: Impresi Berkendara Honda BeAT 2025, Semakin Lincah! Menurut Senior Analyst New Model Service & Pu
Yamaha Indonesia mengupas detail pembaruan pada Yamaha NMax Turbo Selain YECVT, jeroan penunjang performa NMax Turbo mengalami banyak perubahan Animo khalayak terhadap Yamaha NMax Turbo mendorong Yamaha Indonesia untuk buka-bukaan terhadap kebaruan generasi anyar NMax ini. Tentu sangat logis jika perhatian masyarakat tertuju kepada embel-embel turbo NMax sekarang. Bukan semata kata 'turbo' yang dianggap sebagai bahasa marketing. Nyatanya, pihak pabrikan memang menawarkan teknologi lengkap untuk
Akan digelar 3 seri di 3 pulau berbeda. Dibukanya kelas standar showroom untuk pembalap muda. Gelaran balap satu merek atau One Make Race (OMR) punya daya tarik tersendiri, apalagi jika didukung penuh atau bahkan dibuat oleh pabrikan sepeda motor. Seperti PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang memiliki beberapa kegiatan OMR, salah satu yang cukup legendaris adalah Yamaha Cup Race atau YCR. Gelaran balap yang sudah dimulai sejak tahun 90-an ini sempat vakum pada tahun 2020. Namun pad

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda Stylo 160

Rp 27,55 - 30,43 Juta

Lihat Motor
ION Mobility

ION Mobility M1-S

Rp 49,00 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda EM1 e

Rp 400,00 Juta

Lihat Motor
Vespa

Vespa Elettrica

Rp 198,00 Juta

Lihat Motor
BSA

BSA Gold Star 650

Rp 380,00 Juta

Lihat Motor
Alva

Alva Cervo

Rp 37,75 Juta

Lihat Motor
Piaggio

Piaggio MP3 300

Rp 330,00 Juta

Lihat Motor
Mendatang
Kawasaki

Kawasaki Ninja ZX-4R

Rp 239,90 Juta

Lihat Motor
Yamaha Nmax
Lihat