Bukan cuma Honda BeAT, Ini Alasan Kick Starter Banyak Dihilangkan di Sepeda Motor

Honda BeAT 2025
  • Kick Starter Honda BeAT dihilangkan
  • Banyak konsumen kini tak lagi memakai kick starter

Honda BeAT terbaru kini lebih ringan dibandingkan model terdahulu, yaitu cuma 87 kg atau lebih ringan 3 kg dari sebelumnya. 

Pengurangan bobot ini satu diantaranya karena tidak menggunakan kick starter atau tuas engkol. 

Honda BeAT Street Sudah tidak menggunakan Kick Starter

Menurut Senior Analyst New Model Service & Publication Dept PT Astra Honda Motor (AHM), pengurangan 3 kg bukan tujuan utama, melainkan adanya beberapa komponen yang dioptimalisasi. 

"Contohnya kick starter dan komponen didalamnya dihilangkan, sudah menurunkan 1-1,5 kg," ungkap Edhi saat ditemui beberapa waktu lalu. 

Kata Edhi, pengurangan kick starter merupakan bagian dari kemauan konsumen di segmen motor matik entry level, setelah melalui survei yang dilakukan Honda.

Baca juga: Menjajal Honda BeAT Street 2025, Beda Rasa Berkat Pelek Baru!

Hanya Beat tipe CBS yang masih dilengkapi dengan kick starter

Edhi sendiri tak menampik, keberadaan kick starter saat ini wujudnya antara ada dan tiada. 

Pasalnya, untuk menyalakan motor matik, kebanyakan konsumen langsung menekan tombol starter, dibandingkan mengkol tuas manual. 

Tak hanya itu, jika motor tak bisa menyala, konsumen memilih membawa ke bengkel.

Baca juga: Bedah Perbedaan Honda BeAT 2025, Tipe CBS, Deluxe dan Street

Motor-motor Tanpa Kick Starter

Tampak kick starter atau tuas engkol tak ada pada Honda BeAT

Sekadar informasi, hilangnya kick starter sejatinya bukan hanya sepeda motor Honda BeAT saja, karena sudah banyak beberapa model lainnya yang dihilangkan. 

Merangkum Astra Motor, ada beberapa alasan sepeda motor saat ini tanpa dilengkapi kick starter, berikut ulasannya:

1. Tren yang sudah berubah

Saat ini tren sepeda motor berubah menjadi lebih simple dan praktis. Tak terkecuali motor matik.

Nah, tren penggunaan kick starter ternyata sudah berkurang.

Bahkan di luar negeri sudah banyak motor yang lebih memilih menggunakan electric starter ketimbang kick starter.

Selain itu hilangnya kick starter bukan hanya terjadi pada motor matik, melainkan motor besar, motor sport dan motor premium sudah terjadi. 

Tentunya hal tersebut sangat mempengaruhi produksi motor yang ada di Indonesia.

2. Sudah ada panel informasi 

Sepeda motor saat ini boleh dibilang lebih canggih, karena semua informasi pada sepeda motor dapat dilihat dari panel instrumen.

Nah, panel instrument ini memiliki informasi kesehatan aki, dimana jika motor mengalami masalah pada kelistrikan bisa melihat lampu indikatornya.

Ternyata banyak juga orang yang merasa kerepotan saat akan menghidupkan motor ketika electric starter macet, dan arus di engkol.

Maka dari itu, jika memang electric starter mati karena kondisi aki, maka panel instrumen di sepeda motor akan memberikan sinyal.

Dengan adanya panel instrumen, maka mempermudah untuk mengetahui bagaimana kondisi aki terkini, apakah masih bagus atau sudah saatnya diganti. 

3. Kick Starter Keras

Adanya electric starter maka membuat para pemilik sepeda motor jarang menggunakan kick starter. 

Alhasil, saat digunakan kick starter justru terasa sangat keras, sehingga jadi lebih merepotkan, lantaran membutuhkan tenaga ekstra. 

Oleh karena itu, hal yang sering terjadi meski sangat berguna, namun jika kick starter jarang digunakan akan jadi macet dan mengeras lantaran kotoran yang menumpuk setelah lama tak digunakan. 

4. Bisa Merusak Komponen Lain

Ketika Kick starter jarang digunakan, maka bisa memicu kerusakan pada komponen lainnya. 

Dengan adanya kehadiran kick starter, motor yang akinya sudah harus diganti justru akan dibiarkan  oleh pengendara, karena motor masih bisa dihidupkan dengan memanfaatkan kick starter. 

Padahal fungsi dari aki pada kendaraan bermotor memang sangat penting untuk mendukung kelistrikan.

Maka dari itu meskipun ada kick starter, tapi aki harus tetap diganti jika sudah habis, karena bisa mengganggu optimalisasi sistem kelistrikan karena aki lemah. 

Oleh karena itu, agar pengguna lebih disiplin dalam melakukan perawatan berkala pada aki motor, maka kick starter dihilangkan.

Nah, kalau kamu mau nyalain motor, lebih sering pakai electric starter atau kick starter?


 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Herdi

Senior Writer

Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk m...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Yamaha Indonesia mengupas detail pembaruan pada Yamaha NMax Turbo Selain YECVT, jeroan penunjang performa NMax Turbo mengalami banyak perubahan Animo khalayak terhadap Yamaha NMax Turbo mendorong Yamaha Indonesia untuk buka-bukaan terhadap kebaruan generasi anyar NMax ini. Tentu sangat logis jika perhatian masyarakat tertuju kepada embel-embel turbo NMax sekarang. Bukan semata kata 'turbo' yang dianggap sebagai bahasa marketing. Nyatanya, pihak pabrikan memang menawarkan teknologi lengkap untuk
Akan digelar 3 seri di 3 pulau berbeda. Dibukanya kelas standar showroom untuk pembalap muda. Gelaran balap satu merek atau One Make Race (OMR) punya daya tarik tersendiri, apalagi jika didukung penuh atau bahkan dibuat oleh pabrikan sepeda motor. Seperti PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang memiliki beberapa kegiatan OMR, salah satu yang cukup legendaris adalah Yamaha Cup Race atau YCR. Gelaran balap yang sudah dimulai sejak tahun 90-an ini sempat vakum pada tahun 2020. Namun pad
Direkomendasikan servis CVT tiap 3.000 km. Butuh alat khusus untuk membuka primary sheave. Setelah sebelumnya PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyematkan ftur VVA atau Variable Valve Actuation pada unit Maxi 125-155 cc, kali ini ada fitur baru yang kembali disematkan pada NMax generasi ke-3. Disebut sebagai Yamaha NMax “Turbo” yang dibanderol Rp 37,750 juta, NMax “Turbo” Techmax Rp 43,250 juta, dan NMax “Turbo” Techmax Ultimate Rp 45,250 juta. Fitur tersebut diberi nama Yamaha Ele
Honda BeAT Street 2025 resmi meluncur Pesain BeAT Street ada Suzuki Nex Crossover dan Yamaha X-Ride Honda BeAT Street akhirnya ikut mengalami penyempurnaan sama seperti seri BeAT lainnya. Seperti diketahui, dari generasi yang pernah ada, tampilan BeAT Street saat ini memang cukup menarik. Hal yang paling terlihat jelas, tentu saja tampangnya yang diklaim lebih sporty dan agresif, ditambah lampu depan sudah LED DRL. Baca juga: Menjajal Honda BeAT Street 2025, Beda Rasa Berkat Pelek Baru! Paling m
Rimau penuhi standar TKDN pemerintah. Kerap dipakai pengemudi ojek online. Jarak tempuh bisa capai 200 km. Bertambah lagi produsen motor listrik yang memenuhi standard TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri). Kali ini adalah Charged yang dirakit oleh PT Industri Charged Mobilitas, yang mendapatkan seritifkasi TKDN per Juni 2024 ini. Stephanus Widi, Chief Commercial Officer Charged mengatakan pihaknya berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh pemerintah. Ia juga menjelaskan jika pihaknya be

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda Stylo 160

Rp 27,55 - 30,43 Juta

Lihat Motor
ION Mobility

ION Mobility M1-S

Rp 49,00 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda EM1 e

Rp 400,00 Juta

Lihat Motor
Vespa

Vespa Elettrica

Rp 198,00 Juta

Lihat Motor
BSA

BSA Gold Star 650

Rp 380,00 Juta

Lihat Motor
Alva

Alva Cervo

Rp 37,75 Juta

Lihat Motor
Piaggio

Piaggio MP3 300

Rp 330,00 Juta

Lihat Motor
Mendatang
Kawasaki

Kawasaki Ninja ZX-4R

Rp 239,90 Juta

Lihat Motor
Honda Beat
Lihat