Ketahui Keunggulan dan Kelemahan Yamaha Soul GT 115 Bekas, Matic Murah Bertampang Muscle Car
Ilham · 28 Okt, 2024 12:00
0
0
Desain Sporty Merujuk Pada Tampang Muscle Car.
Harga Terjangkau Dengan Perawatan Murah Dan Mudah.
Basis mesin Yamaha Mio J.
Di tahun 2012 silam, Yamaha Indonesia merilis versi terbaru dari motor matic mereka, Yamaha Mio Soul yang disebut Yamaha Soul GT.
Basisnya bukan lagi Yamaha Mio Sporty seperti versi lamanya. Karena di model tersebut, sudah memakai platform dari Yamaha Mio J.
Sehingga mulai dari desain eksterior hingga mesinnya berubah. Motor ini sendiri diciptakan untuk menyasar pasar konsumen pengendara pria, yang ingin motor matic kecil dengan tampilan macho.
Sosoknya lebih gagah, memiliki lekuk bodi yang lebih tegas dengan ragam pilihan warna dan grafis yang sporty.
Lantas apa saja keunggulan dan kelemahan di motor ini? Simak terus lanjutannya.
Kelebihan Yamaha Soul GT
Desain Sporty
Saat peluncurannya, embel-embel GT pada nama Yamaha Soul GT merujuk pada tampilannya yang disebut mengacu pada sosok muscle car, alias mobil berotot dari Amerika Serikat.
Saat itu, sosok seperti Chevrolet Camaro dan Ford Mustang, terlebih fulm Transformer dengan Bumblebee-nya juga tengah heboh kala itu.
Untuk itu panel lampu utama dan sein Yamaha Soul GT yang berada di tebeng depannya menghadirkan siluet yang mirip dengan lampu dan grille muscle car.
Selain itu, bentuk sayap dan bodinya dibuat dengan sudut meruncing yang menegaskan kesan sporty.
Sisi fungsional ditunjukan dengan hadirnya rumah kunci dengan fungsi bukaan jok dan tombol magnetic lock.
Bagasinya, meski tak dapat menampung helm, tapi cukup luas untuk sekadar menyimpan jas hujan atau tas slempang ukuran sedang.
Mesin Yamaha Soul Gt Irit
Sama seperti Yamaha Mio J, mesin yang diusung oleh Yamaha Soul GT bertipe 4-tak SOHC pendingin udara, 115 cc dengan sistem injeksi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI).
Tenaganya mencapai 7,75 PS per 8.500 rpm dengan torsi 8,5 Nm di 5.000 rpm. Mesin tersebut dikenal irit.
Klaim konsumsi bahan bakar dari Yamaha mencapai 51,9 km tiap liter. Sehingga motor ini cocok digunakan untuk keperluan komuter sehari-hari.
Meski terbilang cukup laris, namun harga bekas dari motor yang beredar selama kurun waktu 2012-2014 cukup stabil, meski kini makin terjangkau.
Seperti dipantau dari situs jual beli online, harga jual untuk versi pertama keluaran 2012 dimulai dari Rp 4,8 juta. Di model pertama ini belum dilengkapi tuas rem belakang dengan parking brake lock.
Sedangkan di edisi 2013 ke atas, sudah ada fitur tersebut. Pun demikian harga jualnya sudah berada di bawah Rp 9 jutaan. Di mana rata-rata harga jual sekennya berada antara Rp 6-7,5 juta. Hal itu tergantung kondisi motor, pajak, tahun pembuatan dan lokasi penjualannya.
Usia pakai dan jarak tempuh tentu mempengaruhi performa motor tersebut. Di Yamaha Soul GT yang kurang terawat, penyakitnya tarikan awal berat dan loyo.
Bahkan sulit diajak menanjak. Maklum saja, motor matic sangat tergantung pada CVT untuk urusan performa, selain mesinnya.
Jadi jangan langsung tuding bagian mesin. Karena bisa saja yang bermasalah justru di bagian 'kirian' si motor.
Cek kondisi oller, mangkok, puli hingga beltnya saat baru menebus. Jika perlu ganti dengan yang baru.
Kesimpulan
Yamaha Soul GT bisa dilirik untuk menjadi kendaraan harian dengan budget di bawah Rp 10 juta.
Harga yang bersahabat, spare part yang murah dan melimpah karena bisa disubtitusi dengan Yamaha Mio J, Mio GT dan X-Ride.
Di sisi lain, jangan mengharapkan kenyamanan yang istimewa, karena bisa disebut tak lebih baik dari Honda Beat sekalipun.
Selain itu, performa juga biasa saja karena memang irit yang jadi fokus di motor ini.