Yamaha Nmax 2021 merupakan salah satu skutik premium dengan respon positif di Indonesia. Model generasi kedua ini langsng mencuri perhatian masyarakat karena mendapatkan banyak perubahan mulai dari sisi desain, fitur dan teknologi sampai usungan mesin baru.
Ya memang sejak dikenalkan pertama kali tahun 2015 silam, Yamaha Nmax langsung mencuri perhatian karena dijual dengan harga lebih terjangkau dari kompetitornya. Status penguasa skutik premium 150 cc pun langsung berhasil direbut, dan penjualannya semakin laris.
Pada model generasi kedua ini, Yamaha Nmax 2021 hadir dengan tiga tipe yakni Standard, Connected dan Connected/ABS. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku pabrikan, menambahkan satu varian lagi dipenghujung tahun lalu.
Desainnya sporty dengan garis-garis tegas, meski lekukannya tak setajam generasi sebelumnya. Fascia depan nampak agresif dengan susunan lampu model baru, serta lekuk bodi yang membuatnya lebih gagah.
Bodi belakang terlihat lebih tipis namun lebih lebar dengan sudut yang menonjol. Susunan lampu belakang model baru dengan bentuk dinamis dengan pendaran cahaya LED.
Sebagai skutik premium, Yamaha NMAX 2020 menawarkan posisi berkendara yang nyaman, pijakan kaki yang leluasa, jok lebar serta posisi setang yang ergonomis. Kenyamanan juga dirasakan oleh penumpang karena permukaan jok yang lebar.
Fiturnya pun lebih lengkap dengan tambahan kontrol traksi (traction control system), fitur koneksi Y-connect serta desain panel instrumen baru dengan tombol pengatur yang lebih mudah dijangkau.
Menggendong mesin 155 cc, performa Yamaha NMAX 2020 sudah lebih dari cukup untuk aktifitas harian. Performanya terasa stabil dari putaran bawah, tengah sampai atas, berkat teknologi katup VVA (Variable Valve Actuation).
Dengan segala kebaruannya itu, nyatanya biaya untuk merawat secara rutin skutik tersebut di bengkel resmi tak terlalu mahal, jasa servis berkisar Rp 85 ribu saja. Pabrikan merekomendasikan Yamaha Nmax 2021 servis setiap empat bulan.
Terkait suku cadang, Yamaha sudah mengatur harga HET secara nasional dan bisa diakses secara bebas oleh pengguna, lewat aplikasi Part Katalog atau My Yamaha. Perawatan rutin di bengkel resmi juga untuk menjamin garansi motor oleh pabrikan.
YIMM memberikan empat buah kupon servis gratis (KSG) yang bisa dipakai selama satu tahun, artinya untuk tahun pertama, pemilik tidak dibebankan biaya servis dan penggantian suku cadang. Dan berikut biaya perawatan Yamaha Nmax 2021 selama tiga tahun pemakaian.
Sejak awal pembelian, Yamaha Nmax 2021 harus segera dibawa ke bengkel resmi untuk melakukan perawatan, setelah satu bulan sejak unit dikirim atau 1.000 km. Pada servis pertama dilakukan pemeriksaan dan penggantian oli, konsumen tak dibebankan biaya karena ada KSG.
Setelah empat bulan pemakaian, pemilik harus membawanya kembali menuju bengkel resmi untuk servis dan melakukan penggantian oli mesin dan oli gardan. Karena masih ada KSG kedua, pemilik belum dikenakan biaya, kecuali ada penggantian di luar part tersebut.
Waktu servis berikutnya pada 8.000 km atau delapan bulan pemakaian, mana yang tecapai lebih dulu. Pemilik masih dibebaskan biaya perawatan, dengan pengerjaan berupa servis dan penggantian oli mesin.
Tepat satu tahun pemakaian atau 12.000 km,mana tercapai lebih dulu, pemilik bisa memanfaatkan KSG terakhir. Pengerjaan yang dilakukan yakni servis rutin, penggantian oli mesin dan oli gardan.
Pemilik mulai dibebankan biaya perawatan untuk Yamaha Nmax 2021. Setelah 16.000 km atau 16 bulan pemakaian, perawatan mencakup servis rutin, pengganti oli mesin, penggantian filter udara dan kampas rem belakang.
Pada titik ini, pemilik harus mengeluarkan biaya sendiri dengan jumlah item sama dengan servis sebelumnya. Tapi biaya yang dikeluarkan akan berbeda karena pengerjaannya mencakup servis rutin, penggantian oli mesin, penggantian oli gardan serta mengganti kampas rem depan.
Tepat dua tahun pemakaian, pemilik Yamaha Nmax 2021 harus kembali melakukan perawatan motornya di bengkel resmi. Biaya yang dikeluarkan meliputi jasa servis, penggantian oli mesin dan penggantian V-belt Kit, yang dikenakan jasa bongkar-pasang CVT.
Pada titik ini, perawatan yang dilakukan relatif ringan. Unit Yamaha Nmax 2021 hanya perlu servis rutin, mengganti oli mesin dan mengganti oli gardan saja.
Biaya yang dikeluarkan akan sedikit lebih mahal, karena jumlah item yang lumayan banyak. Seperti servis rutin, penggantian o li mesin, filter udara, kampas rem belakang dan ban belakang.
Tepat tiga tahun pemakaian, pemilik harus kembali melakukan perawatan, dengan item servis rutin, penggantian oli mesin, penggantian oli gardan, kampas rem depan dan ban depan.
Tabel Biaya Jasa dan Suku Cadang Yamaha Nmax 2021 | |
Jasa Servis | Rp 85.000 |
Jasa Servis / Bongkar CVT | Rp 80.000 |
Oli Mesin | Rp 66.500 |
Oli Gardan | Rp 17.000 |
Kampas Rem Depan | Rp 75.000 |
Kampas Rem Belakang | Rp 70.000 |
Ban Depan | Rp 275.000 |
Ban Belakang | Rp 340.000 |
Filter Udara | Rp 53.000 |
V-belt | Rp 130.000 |
Roller | Rp 69.000 |
Kampas Kopling | Rp 375.000 |
Busi | Rp 13.500 |
Aki | Rp 287.000 |
Meski tergolong skutik premium, biaya yang dikeluarkan pemilik Yamaha Nmax 2021 termasuk hemat. Pada tahun pertama pemilik sama sekali tidak mengeluarkan biaya karena pabrikan memberikan fasilitas KSG.
Setelahnya baru pemilik dikenakan biaya perawatan dengan biaya jasa yang relatif terjangkau, serta harga suku cadang yang bisa diakses konsumen secara terbuka dan berlaku secara nasional.