Menakar Biaya Perawatan Yamaha Nmax 2021, Tidak Semahal Yang Dibayangkan

Yamaha Nmax 2021 merupakan salah satu skutik premium dengan respon positif di Indonesia. Model generasi kedua ini langsng mencuri perhatian masyarakat karena mendapatkan banyak perubahan mulai dari sisi desain, fitur dan teknologi sampai usungan mesin baru.

Ya memang sejak dikenalkan pertama kali tahun 2015 silam, Yamaha Nmax langsung mencuri perhatian karena dijual dengan harga lebih terjangkau dari kompetitornya. Status penguasa skutik premium 150 cc pun langsung berhasil direbut, dan penjualannya semakin laris.

Pada model generasi kedua ini, Yamaha Nmax 2021 hadir dengan tiga tipe yakni Standard, Connected dan Connected/ABS. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku pabrikan, menambahkan satu varian lagi dipenghujung tahun lalu.

Seluruh varian Yamaha Nmax 2021.

Desainnya sporty dengan garis-garis tegas, meski lekukannya tak setajam generasi sebelumnya. Fascia depan nampak agresif dengan susunan lampu model baru, serta lekuk bodi yang membuatnya lebih gagah.

Bodi belakang terlihat lebih tipis namun lebih lebar dengan sudut yang menonjol. Susunan lampu belakang model baru dengan bentuk dinamis dengan pendaran cahaya LED.

Sebagai skutik premium, Yamaha NMAX 2020 menawarkan posisi berkendara yang nyaman, pijakan kaki yang leluasa, jok lebar serta posisi setang yang ergonomis. Kenyamanan juga dirasakan oleh penumpang karena permukaan jok yang lebar.

Tampak depan dan belakang All New Yamaha Nmax 2021.

Fiturnya pun lebih lengkap dengan tambahan kontrol traksi (traction control system), fitur koneksi Y-connect serta desain panel instrumen baru dengan tombol pengatur yang lebih mudah dijangkau.

Menggendong mesin 155 cc, performa Yamaha NMAX 2020 sudah lebih dari cukup untuk aktifitas harian. Performanya terasa stabil dari putaran bawah, tengah sampai atas, berkat teknologi katup VVA (Variable Valve Actuation).

Dengan segala kebaruannya itu, nyatanya biaya untuk merawat secara rutin skutik tersebut di bengkel resmi tak terlalu mahal, jasa servis berkisar Rp 85 ribu saja. Pabrikan merekomendasikan Yamaha Nmax 2021 servis setiap empat bulan.

Yamaha Nmax 2021 dibekali kontrol traksi.

Terkait suku cadang, Yamaha sudah mengatur harga HET secara nasional dan bisa diakses secara bebas oleh pengguna, lewat aplikasi Part Katalog atau My Yamaha. Perawatan rutin di bengkel resmi juga untuk menjamin garansi motor oleh pabrikan.

YIMM memberikan empat buah kupon servis gratis (KSG) yang bisa dipakai selama satu tahun, artinya untuk tahun pertama, pemilik tidak dibebankan biaya servis dan penggantian suku cadang. Dan berikut biaya perawatan Yamaha Nmax 2021 selama tiga tahun pemakaian.

1.000 km / Satu Bulan

Sejak awal pembelian, Yamaha Nmax 2021 harus segera dibawa ke bengkel resmi untuk melakukan perawatan, setelah satu bulan sejak unit dikirim atau 1.000 km. Pada servis pertama dilakukan pemeriksaan dan penggantian oli, konsumen tak dibebankan biaya karena ada KSG.

4.000 km / Empat Bulan

Setelah empat bulan pemakaian, pemilik harus membawanya kembali menuju bengkel resmi untuk servis dan melakukan penggantian oli mesin dan oli gardan. Karena masih ada KSG kedua, pemilik belum dikenakan biaya, kecuali ada penggantian di luar part tersebut.

Varian baru Yamaha Nmax Connected 2021.

8.000 km / Delapan Bulan

Waktu servis berikutnya pada 8.000 km atau delapan bulan pemakaian, mana yang tecapai lebih dulu. Pemilik masih dibebaskan biaya perawatan, dengan pengerjaan berupa servis dan penggantian oli mesin.

12.000 km / 12 Bulan

Tepat satu tahun pemakaian atau 12.000 km,mana tercapai lebih dulu, pemilik bisa memanfaatkan KSG terakhir. Pengerjaan yang dilakukan yakni servis rutin, penggantian oli mesin dan oli gardan.

16.000 km / 16 Bulan

Pemilik mulai dibebankan biaya perawatan untuk Yamaha Nmax 2021. Setelah 16.000 km atau 16 bulan pemakaian, perawatan mencakup servis rutin, pengganti oli mesin, penggantian filter udara dan kampas rem belakang.

Posisi berkendara Yamaha Nmax 2021 nyaman.

20.000 km / 20 Bulan

Pada titik ini, pemilik harus mengeluarkan biaya sendiri dengan jumlah item sama dengan servis sebelumnya. Tapi biaya yang dikeluarkan akan berbeda karena pengerjaannya mencakup servis rutin, penggantian oli mesin, penggantian oli gardan serta mengganti kampas rem depan.

24.000 km / 24 Bulan

Tepat dua tahun pemakaian, pemilik Yamaha Nmax 2021 harus kembali melakukan perawatan motornya di bengkel resmi. Biaya yang dikeluarkan meliputi jasa servis, penggantian oli mesin dan penggantian V-belt Kit, yang dikenakan jasa bongkar-pasang CVT.

28.000  km / 28 Bulan

Pada titik ini, perawatan yang dilakukan relatif ringan. Unit Yamaha Nmax 2021 hanya perlu servis rutin, mengganti oli mesin dan mengganti oli gardan saja.

Panel instrumen digital Yamaha Nmax 2021.

32.000 km / 32 Bulan

Biaya yang dikeluarkan akan sedikit lebih mahal, karena jumlah item yang lumayan banyak. Seperti servis rutin, penggantian o li mesin, filter udara, kampas rem belakang dan ban belakang.

36.000 km / 36 Bulan

Tepat tiga tahun pemakaian, pemilik harus kembali melakukan perawatan, dengan item servis rutin, penggantian oli mesin, penggantian oli gardan, kampas rem depan dan ban depan.

Tabel Biaya Jasa dan Suku Cadang Yamaha Nmax 2021
 Jasa Servis  Rp 85.000
 Jasa Servis / Bongkar CVT  Rp 80.000
 Oli Mesin  Rp 66.500
 Oli Gardan  Rp 17.000
 Kampas Rem Depan  Rp 75.000
 Kampas Rem Belakang  Rp 70.000
 Ban Depan  Rp 275.000
 Ban Belakang  Rp 340.000
 Filter Udara  Rp 53.000
 V-belt  Rp 130.000
 Roller  Rp 69.000
 Kampas Kopling  Rp 375.000
 Busi  Rp 13.500
 Aki  Rp 287.000

Yamaha Nmax 2021 warna signature black gold.

Kesimpulan

Meski tergolong skutik premium, biaya yang dikeluarkan pemilik Yamaha Nmax 2021 termasuk hemat. Pada tahun pertama pemilik sama sekali tidak mengeluarkan biaya karena pabrikan memberikan fasilitas KSG.

Setelahnya baru pemilik dikenakan biaya perawatan dengan biaya jasa yang relatif terjangkau, serta harga suku cadang yang bisa diakses konsumen secara terbuka dan berlaku secara nasional.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Nmax
Lihat