Terhitung sudah 12 tahun sejak Honda BeAT pertama kali diluncurkan. Ada alasan mengapa Honda memertahankan skuter matik (skutik) entry level ini untuk dipasarkan.
Motor ini merupakan skutik entry level terlaris Honda untuk saat ini. Berbagai perubahan sudah terjadi dan sekarang Honda BeAT 2021 sudah memiliki spesifikasi yang meningkat dan unggul di kelasnya.
Waktu awal meluncur di 2008, BeAT masih mengandalkan karburator. Sekarang sudah semakin irit berkat teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Hingga pada 2015, Honda akhirnya melakukan ekspor BeAT ke negara-negara tetangga.
Honda BeAT 2021 sudah tidak memiliki pesaing dari Yamaha. Sebab, Yamaha sudah tidak lagi mengeluarkan skutik berkapasitas 110 cc. Honda BeAT lebih tepat jika disandingkan dengan Suzuki Nex II.
Nex II mungkin tidak seunggul BeAT 2021 dari segi fitur dan teknologi. Tapi, jika mengincar harga yang terjangkau, maka Nex II lebih unggul. Sebab, skutik ini dibanderol sedikit lebih murah dari Honda BeAT 2021.
Penampilan Honda BeAT 2021
Jika dilihat sekilas, tidak terlalu terlihat ubahannya. Tapi sebenarnya, desainnya tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya. Ubahan paling signifikan ada pada lampu depan dan belakangnya. Sedangkan untuk bagian lain, Honda masih memertahankan DNA dari skutik injeksi tersebut.
Honda BeAT 2021 memiliki panjang 1.877 mm, lebar 1.074 mm, dan tinggi 740 mm. Tinggi tempat duduknya cukup bersahabat dengan postur orang Indonesia pada umumnya, yakni 740 mm. Skutik ini memiliki jarak sumbu roda 1.256 mm dan jarak terendah ke tanah 147 mm.
Sasisnya sudah menggunakan teknologi eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) dengan tipe backbone. Honda mengklaim bahwa rangka terbaru ini lebih tahan dari defleksi (pembengkokan) saat dikendarai alias lebih kuat dari sasis sebelumnya.
Di bagian kaki-kaki, Honda BeAT 2021 dibekali suspensi konvensional. Suspensi depan model teleskopik dan suspensi belakangnya menggunakan sokbeker tunggal.
Sedangkan pada rodanya, Honda BeAT 2021 menggunakan ban depan berukuran 80/90-14 dan ban belakang berukuran 90/90-14. Ukurannya tidak lebar, tapi masih cukup proporsional, karena bodinya juga ramping. Bannya juga sudah pakai tipe tubeless, meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara.
Sementara di sistem pengeremannya, Honda BeAT 2021 hanya menggunakan rem cakram pada bagian depan saja. Rem belakangnya masih mengandalkan model tromol.
Honda BeAT 2021 ditawarkan dengan tiga tipe, antara lain CBS, CBS-ISS, dan Deluxe. Untuk tipe CBS terdapat 4 pilihan warna yakni Dance White, Techno Blue White, Hard Rock Black, dan Funk Red Black.
Lalu untuk tipe CBS-ISS hadir dengan 3 pilihan warna Garage Black, Electro Blue, dan Fusion Magenta Black. Sedangkan tipe Deluxe, terdiri dari 2 pilihan warna, yakni Deluxe Black dan Deluxe Silver, yang dipadukan dengan 3D Emblem.
Spesifikasi Honda BeAT 2021 | |
Panjang X Lebar X Tinggi | 1.877 x 669 x 1.074 mm |
Tinggi Tempat Duduk | 740 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1.256 mm |
Jarak Terendah Ke Tanah | 147 mm |
Tipe Suspensi Depan | Teleskopik |
Tipe Suspensi Belakang | Lengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal |
Ukuran Ban Depan | 80/90 – 14 M/C – Tubeless |
Ukuran Ban Belakang | 90/90 – 14 M/C – Tubeless |
Rem Depan | Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal |
Rem Belakang | Tromol |
Sistem Pengereman | Combi Brake System (Tipe CBS dan CBS-ISS |
Posisi Berkendara Honda BeAT 2021
Posisi berkendara yang ditawarkan skutik ini sangat bersahabat. Sebab, tempat duduknya tidak terlalu tinggi, hanya berjarak 740 mm dari tanah. Selain itu, joknya juga tidak terlalu lebar.
Dimensinya yang tidak terlalu besar juga menandakan bahwa bobotnya tidak berlebihan, tercatat hanya 89 Kg (tipe CBS), 90 Kg (Tipe CBS-ISS). Posisi berkendaranya juga ergonomis, jarak setang dari tempat duduk tidak terlalu dekat atau terlalu jauh. Jarak tangan dengan kaki juga tidak terlalu dekat. Dek tengah memberikan cukup ruang bagi kaki untuk bergerak alias tidak sempit.
Mesin Honda BeAT 2021
Skutik entry level ini masih mengandalkan mesin SOHC, eSP, berkapasitas 109,5 cc. Diameter pistonnya 47 mm dan langkahnya 63,1 mm. Mesinnya memiliki rasio kompresi 10:1.
Dengan tipe mesin tersebut, Honda BeAT 2021 mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 6.6 kW (9.0 PS) pada 7.500 rpm dan torsi maksimum mencapai 9.3 N.m (0.95 kgf.m) pada 5.500 rpm. Mesinnya juga dikawinkan dengan transmisi otomatis tipe V-Matic.
Honda BeAT 2021 mampu berakselerasi 0-60 km/jam dalam waktu 9,1 detik dan 0-201 meter dalam waktu 14,6 detik. Untuk mengimbangi performanya, Honda BeAT 2021 dibekali dengan rem depan cakram dan rem belakang tromol.
Agar pengereman lebih maksimal, Honda menyematkan fitur Combi Brake System (CBS). Dengan sistem pengereman tersebut, pengereman roda depan dan belakang lebih seimbang.
Spesifikasi Mesin Honda BeAT 2021 | |
Tipe Mesin | 4 – Langkah, SOHC, eSP |
Volume Langkah | 109.5cc |
Diameter X Langkah | 47.0 x 63.1 mm |
Sistem Suplai Bahan Bakar | Injeksi (PGM-FI) |
Tipe Tranmisi | Otomatis, V-Matic |
Rasio Kompresi | 10.0 : 1 |
Daya Maksimum | 9.0 PS @ 7.500 rpm |
Torsi Maksimum | 9.3 Nm @ 5.500 rpm |
Fitur Honda BeAT 2021
Tidak salah jika dikatakan bahwa Honda BeAT 2021 minim fitur, mengingat statusnya sebagai skutik entry level. Fitur-fitur yang disematkan hanyalah fitur standar saja, seperti Smart Stand Switch, Secure Key Shutter, Parking Brake Lock, dan lainnya.
Belum dijumpai teknologi pengereman ABS (Anti-lock Braking System) atau teknologi keyless (Smart Key System) pada Honda BeAT 2021. Bagian panel instrumen juga cukup standar, masih gabungan antara analog dengan digital, belum full digital.
Bagasinya berkapasitas 4,2 liter, tidak terlalu luas. Tapi, masih cukup untuk menampung barang-barang kecil, seperti topi, tas kecil, atau jas hujan.
Namun, Honda juga mengerti kebutuhan konsumen di era serba digital ini. Di inner rack sebelah kanan, Honda BeAT 2021 memiliki power outlet 12 W yang bisa digunakan untuk mengecas daya baterai ponsel atau gadget lainnya. Tapi fitur ini dapat dijumpai pada tipe CBS-ISS dan Deluxe saja.
Keunggulan lainnya adalah fitur Idling Stop System (ISS). Dengan fitur ini, mesin akan mati secara otomatis jika didiamkan selama 3 detik. Untuk menyalakannya kembali, cukup memutar tuas gas.
Fitur ini juga berkontribusi terhadap konsumsi bahan bakar BeAT 2020. Ditambah lagi dengan teknologi ACG Starter yang membuat suara mesin lebih halus saat dihidupkan menggunakan electric starter.
Harga Honda BeAT 2021 Mulai Rp 16,45 Juta
Dengan statusnya sebagai skutik entry level, banderol yang dipasang untuk Honda BeAt 2021 pun adalah yang paling terjangkau di antara skutik Honda lainnya. Honda BeAT 2021 dibanderol Rp 16,450 juta. Untuk tipe CBS, Rp 17,15 juta untuk CBS-ISS, dan tipe Deluxe dengan Rp 17,25 juta (on ther road Jakarta).
Kesimpulan
Tak heran jika Honda BeAT 2021 menjadi favorit banyak orang. Bukan hanya karena harganya yang terjangkau, tapi fitur dan teknologi yang diusung juga cukup andal. Untuk penggunaan harian, BeAT 2021 juga sangat bisa diandalkan.
Performanya cocok untuk digunakan di perkotaan dan konsumsi bahan bakarnya juga irit. Ya konsumen pada segmen ini memang sangat sensitif dengan harga jual dan konsumsi bahan bakar.