Yamaha Exciter merupakan nama lain dari Yamaha MX-King yang ada di Indonesia. Motor bebek tersebut baru saja rilis model barunya di Vietnam. Maka bukan tak mungkin Yamaha MX-King 2021 akan berwujud seperti Yamaha Exciter terbaru.
Seperti pada tulisan kami sebelumnya, jika segmen motor bebek di Indonesia saat ini sudah sangat kecil. Jarang yang menggunakannya untuk alat transportasi harian, dan penjualan motor bebek lebih pada segmen bisnis atau hobi saja.
Yamaha MX-King sendiri saat ini merupakan salah satu motor bebek favorit, yang digunakan untuk hobi, seperti modifikasi atau untuk dijadikan tunggangan balap, baik profesional atau amatir.
Pada model terbarunya, Yamaha MX-King 2021 mendapatkan ubahan menyeluruh. Desain agresif, fitur mumpuni dan jantung mekanis performa tinggi tetap dipertahankan, bahkan mesin yang dipakai jadi yang paling canggih disegmennya.
Dari desain, motor ini tampil agresif dan sporty. Yamaha menyebutkan jika desainnya ini terinspirasi dari superbike mereka, YZF-R1. Tak salah karena memang terlihat mirip terutama pada fascia depan.
Siluet lampu LED DRL berbentuk seperti sabit, dipadu lampu jauh yang terletak dibodi memang terlihat sangat mirip dengan wajah sang superbike saat nyala bersamaan. Uniknya pada cover setang juga tedapat lampu yang berfungsi sebagai lampu dekat.
Melongok bodi depan dari samping nampak menyudut dan agresif, dan bagian sampingnya memiliki lekuk serta kisi-kisi udara yang menggambarkan fairing motor sport. Sementara bagian tengah motor dibuat padat dengan cover bodi yang menutup rapat rangka underbone.
Garis bodi belakang pun dibuat meninggi layaknya motor sport, dipadu tempat duduk model bertingkat. Pada buritan juga diberikan lampu berdesain mirip dengan milik Yamaha YZF-R1. Sayangnya sepakbor belakang yang menjuntai panjang, justru terbuat dari plastik, bukan lagi paduan braket alumunium.
Sayangnya perubahan desain secara total jadi terasa tanggung karena desain pelek yang digunakan tak berubah. Tetap palang lima ganda model lurus, kalau dapat desain pelek m odel baru pastinya akan lebih totalitas ubahan Yamaha MX-King 2021 ini.
Spesifikasi Yamaha MX-King 2021 | |
P x L x T | 1.975 x 665 x 1.085 mm |
Tingggi Tempat Duduk | 795 mm |
Sumbu Roda | 1.290 mm |
Jarak Terendah | 150 mm |
Berat Basah | 119 kg (Standard) 121 kg (Premium) |
Tipe Rangka | Backbone |
Ukuran Ban Depan | 90/80-17 |
Ukuran Ban Belakang | 120/70-17 |
Suspensi Depan | Teleskopik |
Suspensi Belakang | Monosok |
Rem Depan | Cakram |
Rem Belakang | Cakram |
Penambahan Fitur dan Teknologi Yamaha MX-King 2021
Merujuk pada kelengkapannya, seluruh lampu penerangan depan dan belakang sudah menggunakan LED. Sayang belum diikuti penggunaan lampu sein yang justru masih pakai bohlam.
Kemudian panel instrumen sudah full digital bergaya negatif display. Informasi di dalamnya ada spidometer, odometer, tripmeter, fuel meter, konsumsi BBM rata-rata dan aktual, posisi gigi dan indikator VVA (Variable Valve Actuation).
Kunci kontak untuk tipe tertinggi sudah pakai keyless dengan knop dan remote mirip milik Yamaha Aerox atau Yamaha Nmax. Sedangkan untuk tipe terendah mengandalkan kunci kontak dengan pengaman magnet.
Tersedia pula soket 12 volt tipe USB pada sisi kiri, sayangnya tanpa ada cover penutup jadi saat mengisi daya smartphone akan sedikit menyulitkan. Dan lagi-lagi soket 12 volt ini hanya tersedia untuk varian teratas saja. Penggunaan rangka yang direvisi, juga turut membuat kapasitas tangki bahan bakar membesar jadi 5,4 liter.
Sayangnya sektor kaki-kaki belum jadi perhatian untuk ikut terkena rombakan oleh Yamaha. Spesifikasi yang digunakan masih sama, suspensi depan teleskopik, belakang monosok. Namun rem cakram depan kini pakai kaliper dua piston untuk varian teratas.
Mesin Motor Sport Terpasang di Yamaha MX-King 2021
Menguatkan konsep bebek sport, Yamaha menggunakan jantung mekanis terbaik mereka yakni mesin berkubikasi 155 cc dengan sokongan katup variable VVA (Variable Valve Actuation) yang mampu menjaga tenaga rata disetiap putaran mesin.
Mesinnya ini identik dengan yang digunakan oleh Yamaha YZF-R15 atau MT15, terbayang performanya saat dipasangkan pada motor bebek. Spesifikasinya silinder tunggal 155 cc, SOHC 4 katup VVA, injeksi bahan bakar dan pakai pendingin cairan.
Maka tak ketinggalan dukungan teknologi pada bagian kopling, yakni Assist & Slipper Clutch turut ditanamkan. Penggunaan untuk harian akan semakin nyaman dan aman, karena pengoperasian kopling lebih ringan dan roda belakang tak akan selip saat melakukan penurunan gigi transmisi dengan cepat.
Melihat outputnya, mesin ini mampu hasilkan tenaga maksimal mencapai 17,7 dk @ 9.500 rpm dan torsi 14,4 Nm @ 8.000 rpm. Memang cukup besar untuk sebuah motor bebek, namun nyatanya Yamaha mengurangi keluaran tenaga 1,3 Hp dan torsi 0,3 Nm dibandingkan Yamaha YZF-R15.
Spesifikasi Mesin Yamaha MX-King / Exciter 2021 | |
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup VVA, pendingin cairan |
Kapasitas Mesin | 155 cc |
Diameter x Langkah | 58 x 58,7 mm |
Rasio Kompresi | 10,5 : 1 |
Tenaga Maksimal | 17,7 Hp @ 9.500 rpm |
Torsi Maksimal | 14,4 Nm @ 8.000 rpm |
Transmisi | Manual 6 speed |
Kapasitas Oli Mesin | 1,1 liter |
Kesimpulan
Kehadiran generasi terbaru dari Yamaha MX-King 2021 ini memang patut ditunggu bersama-sama. Mesin bertenaga dengan katup VVA serta dukungan sejumlah fitur dan teknologi yang disematkan akan membuat motor ini jauh lebih menarik, bahkan dari kompetitor sekelas sekalipun.
Namun tentunya akan ada kenaikan harga jual yang cukup signifikan dari banderol Yamaha MX-King yang saat ini beredar. Semoga motor ini bisa segera hadir di Indonesia dan kelak kenaikan harganya tidak terlalu banyak.