Waspada Suara Aneh Di CVT Skutik, Bisa Jadi Komponen Ini Yang Rusak

Mobilitas khalayak sekarang ini dimudahkan dengan banyaknya pilihan sepeda motor matik (skutik). Kendati pun mesti berjibaku diantara kemacetan, pengoperasiannya sangatlah gampang. Tinggal puntir gas dan rem, tanpa perlu memikirkan ganti gigi seperti motor berkopling kering. Hanya saja perlu perhatian lebih, terutama CVT (continously variable transmission) yang menjadi sistem transmisi utama motor jenis itu.   

Tak ubahnya perlakuan terhadap mesin, perangkat CVT pada skutik pun mesti dirawat secara berkala. Apabila tidak, jangan heran jika nantinya muncul suara-suara aneh seperti klotok-klotok, berdecit atau terasa gredek, andaikata Anda mengesampingkan perawatannya. Timbulnya gangguan itu juga ternyata menjadi indikasi adanya kerusakan pada CVT motor Anda. 

Pemilik skutik wajib melakukan pemeriksaan terhadap CVT.

Roller Skutik Sudah Aus atau Peang

Sebagai contoh ketika mendengar suara klotok-klotok. Bisa dipastikan bahwa ini terjadi lantaran kondisi roller yang sudah tidak ideal. Meski berukuran kecil, item ini punya peran penting dalam dalam mengatur putaran dari mesin ke roda belakang. Memang, tingkat keausannya terlihat seiring jarak tempuh. 

Segera ganti roller skutik jika sudah kondisi peang seperti ini.

Sebagaimana disebutkan pihak Wahana Honda, umumnya roller diganti setiap 20.000-24.000 km. Namun bisa lebih pendek lagi umur pakainya apabila Anda kerap mempraktekan cara berkendara agresif seperti melakukan buka-tutup gas secara cepat. Jika merasakan kondisi seperti itu, baiknya langsung ganti dengan roller baru. Harganya pun tak terlalu mahal jika Anda memilih produk keluaran pabrikan. 

Suara Berdecit Karena Kampas Kopling Ganda

Tak sedikit pemilik skutik merasakan adanya suara berdecit di CVT. Berbeda dengan roller, masalah ini ada karena terkikisnya kampas kopling. Efek dari pengikisan itulah yang kemudian membuat rumah kopling kotor. Alhasil, terjadi selip antar kedua komponen hingga menimbulkan decit. 

Kampas kopling skutik rentan menghasilkan kotoran pada rumah kopling.

Langkah terbaik tentu saja melakukan pemeriksaan ke bengkel terpercaya. Lumrahnya, kampas dan rumah kopling itu akan dibersihkan terlebih dulu. Jika masih bagus, mekanik biasanya hanya mengamplas saja. Sebaliknya, Anda disarankan mengganti spareparts baru kalau jika kepalang aus atau tidak presisi lagi. 

Untuk kampas kopling ganda umumnya dilakukan penggantian berkala antara 24.000 km sampai 35.000 km. Ada catatan, pola ini tidak berlaku apabila Anda terbiasa berkendara dengan jari mengggantung di rem (khususnya rem belakang).

Tanpa disadari tuas rem tertekan, sementara motor tetap berjalan. Ini juga yang mengakibatkan kampas kopling menjadi selip. Satu lagi. Walau tertutup, bukan berarti jeroan pada transmisi skutik terbebas dari kotoran. Debu ke rumah kopling juga dapat masuk melalui Filter pada CVT yang terlalu kotor. 

Mendengung Karena Gear Rasio Aus

Suara mendengung juga dapat terjadi dari area gardan. Bisa jadi inilah tanda-tanda ada keausan pada gigi atau gear rasio motor matik Anda. Seperti dikutip dari situs Suzuki Indonesia, penyebab kerusakan kompenen yang ada di balik CVT itu dikarenakan kualitas oli gardan (gear oil) sudah jelek. Kita pun tahu bahwa durasi penggantian oli gardan ini memang tidak secepat oli mesin. Tapi jangan lupa menggantinya jika tak ingin keluar lebih banyak uang, untuk membeli seperangkat gear rasio baru.

Harga gear rasio pada skutik cukup mahal. 

Contoh Estimasi Biaya Penggantian Komponen CVT Honda Beat FI 2021

Ketika mengetahui indikasi masalah sejak dini, Anda bisa lebih fokus memperbaiki bagian tertentu saja. Kami coba mensimulasikannya terhadap skutik All New Honda Beat. Untuk mengganti roller saja, jaringan bengkel resmi Honda menjualnya dengan harga Rp 48 ribu saja. Anda punya beberapa opsi kepunyaan brand aftermarket. Tentu dengan harga lebih mahal (hampir dua kali lipat harga roller OEM).

Meski begitu, masih cukup bersahabat kalaupun Anda melakukan penggantian berikut rumah roller. Di katalog harga Honda Cengkareng, pulley depan untuk generasi Beat baru dijual Rp 68 ribu. 

Untuk menyesuaikan kebutuhan, Anda bisa memilih roller aftermarket.

Banderol lebih mahal akan terasa ketika Honda Beat 2021 Anda diharuskan mengganti kampas kopling. Masih dari sumber serupa, bengkel resmi jaringan mereka bakal membanderolnya Rp 132 ribu. Sedang mengenai rumah kopling ganda, dikenai nominal Rp 114 ribu. Terakhir, untuk gir rasio terutama bagian counter dan final gear dipatok Rp 272 ribu. 

Kesimpulan

Terlepas dari timbulnya suara-suara akibat komponen CVT di atas, Anda tetap harus memerhatikan kelaikan pada perangkat lain. Itu kenapa mekanik bakal melakukan pemeriksaan menyeluruh di area tersebut. Sebagai contoh melihat kondisi dari pulley depan (primer). Keausan pada rumah roller juga dapat terjadi apabila Anda acap kali membawa barang berlebih. 

Perhatikan juga kondisi v-belt. Tidak optimalnya kinerja item berbahan dasar karet itu, bisa terasa dengan terdengarnya suara berisik di CVT. Berbeda dengan rantai pada motor bebek atau sport yang rentan berkarat, permasalahan pada v-belt ditandai dengan getasnya sela-sela gerigi. Jika dibiarkan, v-belt bisa putus dan mengakibatkan skutik Anda tidak dapat dijalankan. Parahnya lagi, dapat mengganggu kinerja dari komponen lain di bagian CVT. Ketika sudah rusak, lagi-lagi Anda mesti siap mengeluarkan dana lebih besar lagi. 

Harga komponen CVT Honda Beat FI 2021 masih terjangkau.

Penetapan harga dari setiap spareparts kemungkinan bakal berbeda di setiap wilayah. Begitu pula terhadap model lain. Harga jual dari masing-masing komponen CVT pada Honda Beat FI pasti tidak sama dengan kepunyaan Honda Vario 125 atau Honda PCX 150. Pun saat membandingkan motor Honda ini dengan skutik Suzuki atau Yamaha

Harga dari komponen CVT dari ketiga pabrikan pasti beragam. Jika dibandingkan, bisa saja lebih murah atau mahal. Satu kepastiannya, Anda mesti benar-benar memerhatikan kondisi komponen utama pada skutik. Termasuk mengganti oli gear atau gardan paling tidak setiap 5.000 km. Jika tidak, Terbayangkan berapa biaya yang mesti Anda keluarkan untuk mengganti semua spareparts tersebut?
 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Beat
Lihat