Tren motor sport bergaya retro di Indonesia akhir-akhir ini terus berkembang. Tak heran jika akhirnya pabrikan sepeda motor merilis produk yang sesuai, salah satunya adalah Yamaha XSR 155 2021.
Motor ini merupakan model terkecil dari Yamaha XSR Series yang dibeberapa negara ada versi mesin 900 dan 700 cc. Bergaya retro, motor ini layaknya sebuah kanvas yang bisa digambar sesuka hati pemiliknya.
Begitu pula dengan Yamaha XSR 155, yang kerap dijadikan bahan modifikasi para penggunanya. Untuk memfasilitas hal tersebut, pabrikan juga menyiapkan beragam aksesoris resmi untuk modifikasi ringan.
Perlahan namun pasti, aksesoris resmi ini diterima dengan baik oleh para pengguna Yamaha XSR 155, yang tergabung dalam XSR Brotherhood Indonesia (XBI).
"Kualitas aksesoris resmi sesuai ukuran dan pressi juga plug & play, tanpa merubah apa pun," ujar Danu Rahim, Ketua XBI seperti tertulis dalam keterangan resmi Yamaha.
Memang pada saat sesi peluncurannya akhir tahun 2019 silamm, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing juga menampilkan dua konsep modifikasi untuk Yamaha XSR 155.
Ada yang bergaya tracker, namun yang yang mencuri perhatian adalah Yamaha XSR 155 bergaya cafe racer. Keduanya tampil minimalis tanpa mengubah teknis motor, hanya mengandalkan komponen plug & play.
Ubahannya yakni penggunaan cover lampu, setang rendah, jok single seater dan mengganti sepakbor belakang dengan model tail tidy. Sosoknya nampak sporty dengan warna yang serba hitam.
"Gaya custom pengguna Yamaha XSR 155 terbagi beberapa aliran, ada cafe racer, jap style untuk kenyamanan riding harian dan tracker untuk penyuka gaya trail," lanjut Danu.
Kehadiran Yamaha XSR 155 pada akhir tahun 2019 lalu, semakin melengkapi pilihan motor naked sport yang ada di Indonesia. Sebelumnya sudah ada Yamaha Vixion, Yamah MT-15 dan Yamaha Byson Fi.
Mengusung gaya retro modern, Yamaha XSR 155 menggunakan basis yang sama dengan Yamaha MT-15 untuk sasis dan juga mesinnya. Coba lirik sasis deltabox yang jadi andalan banyak motor sport Yamaha.
Kemudian penggunaan suspensi depan upside down dan monosok di belakang, serta model pelek dan lengan ayunnya, jelas semakin menegaskan ini adalah Yamaha MT-15 versi retro.
Jangan lupakan jantung pacu andalan yang memiliki performa paling bertenaga, jika dibandingkan kompetitor sekelas yakni Kawasaki W175. Mesin yang digunakan sudah mengandalkan katup variable valve actuation (VVA).
Spesifikasi mesinnya 4-tak, SOHC 4 katup pendingin cairan, transmisi enam percepatan manual. Output mesinnya 19,3 PS pada 10.000 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm di 8.500 rpm.
Soal tampilan pun dibuat mirip keluarga Yamaha XSR Series lainnya, menggunakan lampu bulat, tangki bahan bakar model tear drop, tempat duduk dengan bentuk ala sofa.
Kesan modern nampak dari penggunaan lampu depan dan belakang berteknologi LED. Begitu pula panel instrumen bulat namun sudah digital dengan tampila negatif display.
Dalam kondisi standar motor ini memang sudah menggoda, apalagi jika diberi sentuhan modifikasi yang proper sesuai dengan gaya retro. Harga jualnya sendiri berada diangka Rp 36,58 juta on the road Jakarta.
Apakah Anda tertarik memiliki Yamaha XSR 155 ini?