Review Lengkap Honda Monkey 2021, Motor Mungil dengan Desain Khas

Nama Honda Monkey bukanlah produk yang baru-baru ini meluncur. Honda Monkey sudah ada sejak lama, bahkan usianya terbilang sangat tua. Terhitung sudah 59 tahun berjalan sejak Honda pertama kali memperkenalkannya. Hingga sekarang, motor mungil dengan desain yang unik ini masih diminati banyak konsumen. Secara spesifikasi, Honda Monkey mengalami evolusi. Tapi untuk desain, Honda sengaja mempertahankannya.

Honda Monkey 2021.

Di Indonesia, Honda Monkey 2021 dipasarkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Motor ini pertama kali meluncur pada Juli 2019 lalu. Tak sedikit fitur dan teknologi modern yang disematkan pada motor yang bisa dikatakan sebagai motor hobi dan motor koleksi ini.

Baca juga : Honda Monkey 2021 Teruskan Eksistensi Sasar Penghobi di Indonesia

Honda Monkey dibawa masuk ke Indonesia secara utuh atau CBU (Completely Built Up) dari negara tetangga, yakni Thailand. Motor ini bersaing dengan Kawasaki Z125 Pro yang sudah mengaspal lebih dulu. Kedua motor ini sama-sama memiliki dimensi yang kecil dan menggendong mesin berkapasitas 125 cc. Tapi, Kawasaki Z125 Pro memiliki desain yang lebih agresif ala streetfighter. Sedangkan Honda Monkey 2021, desainnya lebih mengarah ke klasik atau retro.

Kawasaki Z125 Pro dipasarkan dengan harga yang jauh lebih murah. Motor ini hanya dibanderol Rp 34,1 juta (on the road Jakarta). Sebab, produksinya sudah dilakukan secara lokal oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Baca juga : Honda Monkey 2021 Tawarkan Pembaruan, Ini Daftar Perubahannya

Penampilan Honda Monkey 2021

Seperti disebutkan di atas, desain Honda Monkey tak jauh berbeda dari generasi sebelumnya. Desainnya sangat khas dan terus dipertahankan oleh Honda. Motor ini memiliki panjang 1.710 mm, lebar 755 mm, dan tinggi 1.029 mm. Tinggi tempat duduknya hanya 776 mm dan jarak terendah ke tanah 160 mm. Dengan dimensi yang terbilang mini itu, bobot keseluruhan Honda Monkey 2021 hanya 107 kg.

Biar kecil sudah pakai rem ABS loh.

Unsur modern ditunjukkan dengan penggunaan suspensi depan jenis upside down. Pada suspensi belakangnya, kembali lagi ke kesan klasik dengan suspensi ganda. Warna per atau ulirnya diserasikan dengan warna rangka dan tangki bahan bakarnya. Turun ke bagian roda, ban depannya berukuran 120/80-12 dan ban belakang berukuran 130/80-12.

Baca juga : Mengenal Honda Monkey 2021, Motor Mungil yang Dijual Rp 79 Jutaan!

Ada tiga warna pilihan yang ditawarkan untuk Honda Monkey 2021, antara lain Pearl Nebula Red, Pearl Shining Black, dan Banana Yellow.

Spesifikasi Honda Monkey 2021
Panjang X Lebar X Tinggi 1.710 x 755 x 1.029 mm
Tinggi Tempat Duduk 776 mm
Jarak Sumbu Roda 1.155 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 160 mm
Curb Weight 107 kg
Tipe Suspensi Depan Showa, 31 mm Inverted Telescopic Fork
Tipe Suspensi Belakang Showa, Twin Shock
Ukuran Ban Depan 120/80-12 65J
Ukuran Ban Belakang

130/80-12 69J

Posisi Berkendara Honda Monkey 2021

Honda Monkey 2021 menawarkan posisi berkendara yang cukup nyaman sebenarnya. Tapi, untuk pengendara dengan postur tubuh di atas 170 cm tentu akan kesulitan, karena posisi kaki terlalu dekat dengan setang.

Posisi duduk bisa disesuaikan dengan sedikit mundur ke belakang. Sebab, Honda Monkey memang didesain hanya untuk satu orang saja. Tidak disediakan footstep belakang untuk berboncengan.

Baca juga : Honda Monkey 2021 Tawarkan Pembaruan, Ini Daftar Perubahannya

Mesin Honda Monkey 2021

Dengan bodinya yang mungil dan bobotnya yang terbilang ringan, Honda Monkey 2021 dibekali mesin yang cukup bertenaga. Motor ini mengandalkan mesin SOHC, 4-tak, berkapasitas 125 cc, dan berpendingin udara. Mesinnya dikombinasikan dengan transmisi manual 4 percepatan.

Baca juga : Fakta Menarik Kawasaki Z125 Pro 2021, Layak Dipilih Ketimbang Honda Monkey dan Honda Grom 2021?

Sistem suplai bahan bakar sudah menganut teknologi injeksi, yakni Programmed Fuel Injection (PGM-FI). Dengan ukuran diameter piston 52,4 mm dan langkahnya 57,9 mm, tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 9,3 PS pada 7.000 rpm dan torsi maksimum hingga 11 Nm pada 5.250 rpm. Rasio kompresi yang dihasilkan tercatat 9,3:1.

Suspensi depan sudah upside down.

Mesinnya sudah tidak lagi menggunakan kick starter dan hanya mengandalkan electric starter untuk menghidupkan mesinnya. Sistem pengeremannya juga sangat mumpuni, karena sudah menggunakan rem cakram untuk rem depan dan rem belakang. Sistem pengereman dibantu dengan teknologi Anti-lock Braking System (ABS). Tapi, ABS yang disematkan pada motor ini hanya single channel, yakni pada rem depan saja.

Spesifikasi Mesin Honda Monkey 2021
Tipe Mesin Air Cooled, 4 Stroke, SOHC
Kapasitas Mesin 125 cc
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection System)
Diameter X Langkah 52,4 x 57,9 mm
Tipe Tranmisi Manual, 4 Speed
Rasio Kompresi 9,3 : 1
Daya Maksimum 6,9 kW / 7.000 rpm
Torsi Maksimum 11 Nm / 5.250 rpm
Tipe Starter Electric
Tipe Kopling Wet, Multiple Clutch
Rem Depan Hydraulic, Single 220 mm disc with ABS
Rem Belakang Hydraulic, Single 190 mm disc

Fitur Honda Monkey 2021

Tampilannya saja yang terkesan klasik dan retro, tapi Honda Monkey 2021 memiliki banyak fitur dan teknologi terkini. Panel meternya sudah full digital dengan informasi yang ditampilkan cukup lengkap. Sistem pencahayaannya juga sudah mengandalkan LED semua.

Baca juga : Tembus Rp 70 Juta, Cicilan Honda Monkey 2021 Ternyata Masih Terjangkau!

Panel meter digital pada Honda Monkey 2021.

Sistem pengereman ABS terintegrasi dengan fitur Inertial Measurement Unit (IMU). Fitur ini mencegah roda belakang terangkat saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Selain itu, Honda Monkey 2021 dibekali dengan remote yang memiliki fitur Answer Back System dan Anti Theft Alarm.

Harga Honda Monkey 2021

Honda Monkey hanya dipasarkan satu varian atau satu tipe saja di Indonesia, yakni tipe ABS. Di beberapa negara lain, Honda Monkey juga ada yang tipe Standard, yang tidak memiliki fitur ABS. Dengan statusnya sebagai motor CBU dari Thailand, Honda Monkey 2021 dibanderol Rp 79,345 juta (on the road Jakarta). Ada tiga warna yang ditawarkan, antara lain Pearl Shining Black (hitam), Pearl Nebula Red (merah), dan Banana Yellow (kuning).

Kesimpulan
Banderol Honda Monkey 2021 memang terbilang tinggi untuk ukuran motor mungil dengan kapasitas mesin hanya 125 cc. Tapi, fitur yang disematkan pada motor ini tak kalah dengan motor sport 150 cc atau bahkan 250 cc. Motor ini nyaman untuk digunakan harian atau sekadar jalan-jalan di akhir pekan, tapi kekurangannya adalah motor ini tidak bisa digunakan untuk berboncengan.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Monkey
Lihat