Kawasaki W175 Series 2021, Motor Bergaya Retro Klasik Yang Disukai Pelaku Custom

Motor sport bergaya retro banyak diminati oleh para pencinta roda dua, khususnya penggemar motor custom. Beberapa pihak pabrikan juga menyadari tren yang berkembang ini. Salah satu pabrikan tersebut adalah Kawasaki yang menghadirkan W175. 

Kawasaki W175 pertama kali hadir pada gelaran Kawasaki Bike Week (KBW) 2017 di Ancol, Jakarta Utara. Tampilannya dibuat mirip seperti W800 dan W250, menjadikan Kawasaki W175 dapat dikatakan tak ada saingannya pada segmen ini. 


Saat pertama meluncur, Kawasaki W175 hadir dengan dua tipe, yakni standard dan Special Edition (SE). Bagian yang membedakan hanya pada cat dan ornamen yang disematkan. 

Di awal 2019, Kawasaki menghadirkan varian terbaru dari motor bergaya retro ini. Hadir Kawasaki W175 Cafe dengan tampilannya yang bergaya ala cafe racer. 

Jelang akhir 2019, hadir lagi varian terbaru dari W175. Kali ini, namanya adalah Kawasaki W175TR. Dengan tampilan yang tetap retro, tapi konsepnya semi off road bergaya tracker. Tampilannya lebih mengarah ke motor trail klasik. 

Penampilan Kawasaki W175 2021

Kawasaki W175 2021 memiliki tampilan yang klasik yang tak lekang oleh waktu. Desainnya dibuat sederhana dan tradisional, terlihat dari lekuk bodinya yang bebas dari garis-garis yang tajam dan tegas. 

Motor batangan ini memiliki dimensi yang proporsional dengan panjang 1.930 mm, lebar 765 mm, dan tinggi 1.030 mm. Tinggi tempat duduk hanya 765 mm dan jarak terendah ke tanah 165 mm. Bobotnya juga tidak berlebihan, yakni 126 kg. 

Lampu depannya menggunakan model bulat dengan diameter yang cukup besar. Bahkan, spionnya pun juga pakai cermin yang bulat untuk menegaskan kesan klasiknya. 

Di bagian suspensi, Kawasaki W175 juga tetap mengandalkan suspensi konvensional model teleskopik dengan diameter as 30 mm. Sedangkan suspensi belakang, menggunakan suspensi model ganda yang sederhana. Bagian preload bisa disetel sesuai selera pengendaranya. 

Untuk rodanya, Kawasaki W175 mengandalkan pelek jari-jari dengan diameter 17 inci. Ban depan berukuran 80/100-17 dan ban belakang berukuran 100/90-17. Jarak sumbu rodanya mencapai 1.275 mm. 

Tangki bahan bakarnya juga dibuat membulat dengan logo khas W series pada samping kanan dan kirinya. Kapasitas tangki ini terbilang  besar, yaitu mencapai 13,5 liter. 

Posisi berkendara Kawasaki W175 2021

Kawasaki W175 2021 menawarkan posisi berkendara yang normal. Motor ini menawarkan pengendaranya posisi duduk yang ergonomis dan nyaman.

Dengan tinggi tempat duduk hanya 765 mm dan bobot 126 kg, pengendara dengan postur di bawah 170 cm tidak akan terlalu kesulitan untuk mengendalikan Kawasaki W175 2021. 

Tempat duduk Kawasaki W175 2021 mengusung konsep klasik dengan bentuk memanjang dan menyatu antara jok pengemudi dan penumpang. Sehingga lebih memancarkan aura klasik. 

Mesin Kawasaki W175 2021

Performa Kawasaki W175 2021 dihasilkan dari mesin 4 tak, SOHC, satu silinder, berpendingin udara, dengan kapasitas 177 cc. Diameter pistonnya 65,5 mm dan langkahnya 52,4 mm. Rasio kompresi yang dihasilkan 9,1:1. 

Mesinnya menyimpan tenaga maksimum hingga 13 PS pada 7.500 rpm dan torsi maksimum mencapai 13,2 Nm pada 6.000 rpm. Tapi, sistem suplai bahan bakarnya masih mengandalkan karburator, yakni Mikuni VM24. Mesinnya dikombinasikan dengan transmisi manual 5 percepatan. 

Ya teknologi mesin yang ditawarkan memang relatif jadul dengan mengandalkan karburator dikala era injeksi seperti saat ini. Namun Kawasaki rasanya ingin semakin menguatkan kesan klasik dari motor ini, termasuk dengan teknologi yang dipakai.

Untuk mengimbangi performa mesin, Kawasaki W175 2021 dilengkapi rem depan cakram dan rem belakang tromol. Tidak ada fitur atau teknologi Anti-lock Braking System pada sistem pengeremannya. 

Fitur Kawasaki W175 2021

Kawasaki W175 2021 dilahirkan dengan konsep yang tradisional dan bergaya klasik. Sehingga, fitur-fitur canggih dengan teknologi terkini tidak akan ditemukan pada motor ini. 

Semua masih serba konvensional, baik sistem pengereman hingga sistem keamanan. Panel meternya masih analog dengan desain sederhana nan minimalis. 

Untuk sistem keamanannya, Kawasaki W175 2021 hanya mengandalkan kunci setang. Lubang kunci tidak memiliki penutup dengan pengaman magnetis. 

Harga Kawasaki W175 2021 Mulai Dari Rp 29.9 Juta

Kawasaki W175 2021 saat ini hadir dengan lima varian, yakni W175 standar, W175 SE, W175 Cafe, dan W175TR standar serta W175TR SE. Kawasaki W175 standar harganya Rp 30,8 juta.

Sementara Kawasaki W175 SE dibanderol Rp 32,3 juta. Lalu, untuk W175 Cafe, harganya Rp 34,7 juta. Terakhir, W175TR masih dibanderol Rp 29,9 juta untuk tipe standar dan Rp 32,3 juta untuk tipe SE. Harga on the road Jakarta.

Kesimpulan

Kawasaki W175 2021 belum mengalami ubahan sedikit pun pada desainnya sejak awal meluncur. Kawasaki hanya menambahkan variannya saja. Selain itu, Kawasaki jug melakukan penyegaran di pilihan warnanya. 

Meski tergolong motor yang konvensional dan sederhana, tapi tampilanya yang retro dan klasik berhasil menyelamatkannya dan membuat motor ini jadi memiliki penggemarnya sendiri. Apalagi, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 29,9 juta saja.

Kawasaki W175 2021 juga banyak dipilih oleh para pencinta motor custom sebagai basis untuk modifikasi. Banyak yang menjadikan Kawasaki W175 2021 motor custom dengan gaya cafe racer, scrambler, atau tracker.

Data Spesifikasi Kawasaki W175 2021

Mesin
Tipe Mesin 4-stroke, SOHC, air-cooled
Kapasitas Mesin 177 cc
Jumlah Silinder  Single Cylinder
Diameter x Langkah  65.5 x 52.4 mm
Perbandingan Kompresi  9.1:1
Tenaga Maksimal  9.6 kW {13 PS} / 7,500 rpm
Torsi Maksimal  13.2 Nm {1.3 kgm} / 6,000 rpm
Tipe Transmisi  5-speed, return
Tipe Starter  Electric
Sistem Bahan Bakar  Carburettor Mikuni VM24
Bahan Bakar  Bensin
Dimensi
P x L x T 1.930 mm x 765 mm x 1030 mm
Jarak Sumbu Roda  1.275 mm
Tinggi Tempat Duduk  765 mm
Berat  126 kg
Kapasitas Tangki  13.5 L
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Kawasaki W175
Lihat