Punya Dana Rp 40 Jutaan, Pilih Honda PCX Hybrid atau Honda CBR150R 2021?

Dengan dana Rp 40 jutaan, Anda tentu saja punya beragam opsi ketika memutuskan untuk membeli sebuah sepeda motor. Misalnya saja dari jenama Honda. Nominal itu bisa dipakai untuk membeli Honda PCX Hybrid 2021 atau Honda CBR150R MotoGP Edition. Ya, sama-sama varian tertinggi dari kedua model. Lantas, mana yang paling menarik?

Honda PCX Hybrid 2021 dan Honda CBR150R MotoGP Edition sama-sama dibanderol Rp 40 jutaan.

Lantaran belum lama meluncur, maka tak ada salahnya pengulasan ditujukan lebih dulu terhadap Honda PCX Hybrid. Setelah pertama kali dirilis 2018 silam, PCX berpelengkap komponen baterai, motor assist dan PDU (power drive unit) ini kembali disegarkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Ketiganya pun tetap dipakai kala Honda PCX Hybrid atau e:HEV meluncur pekan lalu.

Sisi Menarik Honda PCX Hybrid

Maklum. Toh, ketiga perangkat itulah yang menjadi daya tarik sang PCX versi hibrida. Sisi menarik darinya bahkan bertambah lantaran sudah pula mengusung tampilan baru ala Honda PCX 160 2021. Bukan sekadar penyegaran pada wajah karena bagian buritannya pun ikut disentuh pihak produsen. Bedanya, ada aksen berwarna biru serta emblem bertuliskan e:HEV sebagai identitas anyar PCX Hybrid 2021.

Identitas Honda PCX Hybrid terlihat dari emblem e:HEV di area depan.

Paling mencolok, pastinya soal mesin baru yang digendong. Sama seperti PCX 160, varian inipun kedapatan mesin anyar pengembangan Honda. Jantung mekanis SOHC eSP+ miliknya sekarang sudshcempat katup dan berkubikasi 160 cc. Ada lagi hal menarik. Terdapat pula perubahan pada  bore x stroke dari sebelumnya 57,3 x 57,9  mm (mesin 150 cc)  menjadi 60 x 55,5 mm.

Menyoal piston, tampak jelas bahwa Honda PCX Hybrid kini memiliki karakter mesin overbore. Dengan begitu, ia  mampu meraung di putaran mesin lebih tinggi serta menghasilkan tenaga besar pada rpm menengah hingga atas. Tipikal ini berbeda dengan versi pendahulu yang dirancang overstroke.

Mesin baru Honda PCX Hybrid menggunakan empat katup.

Nyatanya pula bahwa 'nafas' PCX Hybrid dalam menjangkau daya maksimal ditorehkannya. Dapat dilihat dari bagaimana PCX Hybrid diklaim meraih daya maksimal sebesar 16 PS @8.500 rpm dan torsi maksimal 14,7 Nm di 6.500 rpm. Berkat baterai tadi jua PCX Hybrid ketambahan output 1,9 PS di 3.000 rpm dan 4,3 Nm @3.000 rpm. 

Eksplorasi terhadap kombinasi itupun dapat dirasakan langsung oleh Anda lewat fitur mode berkendaranya. PCX Hybrid menyediakan dua riding mode yang terdiri dari Drive (D) mode dan Sport (S) mode. Agar bisa memanfaatkan keduanya, cukup mudah karena tinggal atur saja melalui tuas di area kiri setang.

Pengaturan mode berkendara Honda PCX Hybrid 2021 ada di setang sebelah kiri. 

Perlu diketahui bahwa Honda PCX Hybrid 2021 sudah dipasangi fitue Honda Selectable Torque Control (HSTC). Ya, pengatur kontrol traksi otomatis ini tak ditemui pada PCX versi lama. Dengan begitu, terjadinya slip pada roda belakang akan tereduksi. Sementara sistem keamanan berupa pengereman anti-lock braking system (ABS) tetap tersedia di roda depan.

Dengan kata lain, mesin dan HSTC itulah kebaruan yang disajikan Honda PCX Hybrid 2021. Selebihnya seperti kapasitas tangki bahan bakar serta fitur pengisi ulang daya gawai tipe USB padanya, sama seperti penerapan Honda PCX 160. Hanya saja harga Honda PCX Hybrid dipatok Rp 43,550 juta. Lebih mahal daripada PCX 160 CBS maupun PXC 160 ABS.

Hal Menarik dari Honda CBR150R 2021

Jika dirasa kurang ideal, tak ada salahnya mengarahkan pembelian kepada Honda CBR150R 2021. Terlebih kalau Anda memang punya minat terhadap tunggangan jenis sport. Dengan nominal Rp 40 jutaan tadi, opsi paling layak menurut kami tersedia di varian Honda CBR150R MotoGP Edition.

Honda CBR150R MotoGP Edition 2021 menjadi varian tertinggi.

Menurut kami, varian tertinggi ini juga punya daya tarik bagi penyuka motor sport. Tentu saja karena unit berbanderol Rp 40,8 juta menggunakan jubah ala tim Honda di ajang MotoGP. Tak benar-benar sama, livery demikian rasanya sudah cukup memberikan benang merah dari kekhasan motor balap mereka.

Apalagi, CBR150R 2021 sendiri punya perawakan lebih garang. Sosok bak Honda CBR250RR dituangkan dengan jelas pada muka CBR versi seperempat liter ini. Mulai dari bentuk cover muka, penerapan lampu ganda plus daytime running light (DRL) yang terintegrasi dengan lampu sein.

Ketinggian jok dan ground clearance Honda CBR150R 2021 berkurang.

Namun, terdapat perbedaan kala menilik ke bagian fairing. Kepunyaan CBR150R 2021 bukan saja berbeda dari Honda CBR150R lama. Tapi, secara desain lebih atraktif ketimbang CBR versi seperempat liter. Termasuk pula ihwal posisi berkendara. PT AHM menyebutkan terjadi perubahan demi mengoptimalkan pengendaraannya.

Hal itupun tampak jelas pada rancang bangunnya kini. Kombinasi ketinggian jok dan jarak terendah ke aspal Honda CBR150R 2021 kini 782 mm dan 160 mm. Jadi lebih rendah ketimbang CBR150R generasi empat yang punya setelan tinggi jok 787 mm dan ground clearance 166 mm. Dengan kata lain makin bersahabat untuk pengendara baru.

Tak ada perubahan pada racikan mesin Honda CBR150R 2021.

Menurut kami penetapan inilah yang bakal memudahkan pembeli kala mengendarainya di jalan raya. Lagi pula cuma terjadi optimasi saja pada air cleaner dan saluran buang. Sementara performa Honda CBR150R 2021 tidak satupun yang direvisi. Mesin DOHC berpendingin cairannya menorehkan tenaga maksimal 17,1 PS @9.000 rpm dan torsi puncak 14,4 Nm @7.000 rpm. Capaian itu ditranslasikan oleh transmisi enam percepatan ke roda belakang. 

Meski begitu, upaya memaksimalkan pengendalian tetap dilakukan pihak produsen. Pertama adalah aplikasi berupa fork depan model upside down (USD) 37 mm. Lagi-lagi perangkat ini tak Anda temui pada CBR150R pendahulu. Dengan penyematan fitur baru itu, jelas menjanjikan stabilitas optimal terhadap pengendara. 

Fork up-side down 37 mm menjadi perbekalan anyar Honda CBR150R 2021.

Sedangkan yang kedua, Assist & Slipper Clutch. Ya, pada perangkat girboksnya itu sudah terpasang pendukung guna menghindari si pemilik motor mengalami kejadian roda belakang terkunci. Utamanya dari efek engine brake, ketika melakukan downshift cepat jelang masuk tikungan. Selain itu, tugasnya juga untuk meningkatkan kenyamanan kala melakukan perpindahan transmisi - pengoperasian kopling ringan.

Kesimpulan

Melalui pemaparan di atas, Anda semestinya sudah bisa melihat ketertarikan dari masing-masing produk. Honda PCX Hybrid 2021 menawarkan kebaruan pada mesin eSP+ empat katup. Maka wajar jika terdapat lonjakan performanya signifikan ketimbang PCX Hybrid lawas. Selain itu, ada jua terapan fitur HSTC yang tak dimiliki model pendahulunya tersebut.

Sebaliknya, pengontrol traksi itu tak dipunyai Honda CBR150R 2021. Sekalipun pada varian paling atas yakni MotoGP Edition. Meski begitu, motor sport entry level ini punya pengereman ABS di kedua roda. Sementara PCX Hybrid hanya dibekali sensor pada roda depan saja. Hal baru pada CBR150R bisa terlihat dari penggunaan suspensi depan USD dan fitur Assist & Slipper Clutch. Berkat keduanya lah kini ia setara dengan Yamaha R15.

Pada akhirnya, keputusan tetaplah merujuk kepada seberapa besar minat Anda terhadap dua produk beda segmentasi ini. Termasuk, menimbang keterpautan harga antar keduanya yang mencapai Rp 2,750 juta.
 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CBR150R
Lihat